Margin Keuntungan BMW Kini Dikalahkan Suzuki!

by  in BMW&International&Suzuki
Margin Keuntungan BMW Kini Dikalahkan Suzuki!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan rahasia bahwa BMW adalah salah satu merek mobil dengan margin keuntungan yang besar dibandingkan. Sebagai salah satu pabrikan besar, BMW kerap kali menorehkan margin keuntungan tertinggi di antara merek lain, dan menempatkannya sebagai merek yang diperhitungkan. Akan tetapi, bagaimana kalau margin keuntungan BMW kini kalah bukan oleh rival sesama Jerman atau Eropa, tapi oleh pabrikan Jepang?

Ya, menurut studi terbaru yang disusun oleh perusahaan Ernst & Young, margin keuntungan BMW yang 11,4 persen kini sudah dikalahkan oleh… Suzuki! Ya, sementara BMW punya margin keuntungan sebesar 11,4 persen, Suzuki lebih besar dengan 11,8 persen. BMW pun nampaknya tidak terima kalau margin profit mereka harus dikalahkan oleh pabrikan Jepang yang biasanya bikin mobil untuk kelas menengah ke bawah di level non-premium. Eh iya, Suzuki kan tidak hanya bikin mobil doang.

Menurut laporan Manager Magazin dari Jerman, pada semester pertama tahun 2018 BMW maish mendapatkan angka margin keuntungan yang lebih besar daripada Suzuki, berarti pergeserannya belum lama terjadi. Diperkirakan, salah satu penyebabnya adalah banyaknya tantangan di sisi manufaktur yang menurunkan angka tersebut. Itu pun belum termasuk dampak perang dagang dan perang tarif antara Amerika Serikat melawan negara-negara lain.

Prediksi lain adalah karena Suzuki Jimny begitu menggebrak dan keren, hingga penjualannya laris manis tanjung kipul. Mungkin saja hasil penjualan Suzuki Jimny saking bagusnya sampai-sampai keuntungan yang diperoleh begitu besar. Apakah ini berarti Suzuki jadi merek dengan margin keuntungan terbesar di dunia? Sayangnya, hal itu belum tentu mutlak. Ada beberapa hal yang bisa mengganjal dugaan tersebut.

Misalnya, pihak Ernst & Young hanya mencatat 16 merek besar di dunia. Jumlah yang sangat sedikit, sebab kami yakin kalau merek-merek eksotis macam Ferrari atau Porsche masuk, pasti ceritanya bakal lain. Belum lagi kalau ada grup-grup besar seperti Toyota, VW atau Hyundai yang mungkin bisa membalap margin keuntungan Suzuki. Yah, tapi menarik juga ya kalau angka keuntungan BMW bisa dikalahkan oleh Suzuki.

Read Prev:
Read Next: