Melalui Visi Keberlanjutan 50:30, Bluebird dapat Mengurangi 27.000 Emisi Karbon

by  in  Berita & Nasional
Melalui Visi Keberlanjutan 50:30, Bluebird dapat Mengurangi 27.000 Emisi Karbon
0  komentar

AutonetMagz.com – Bluebird baru saja memperkenalkan program Visi Keberlanjutan 50:30. Dalam upaya mencapai visi tersebut, Bluebird melakukan berbagai inisiatif melalui tiga pilar utama, yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps. BlueSky merupakan komitmen terhadap lingkungan, BlueLife merupakan komitmen terhadap kesejahteraan sosial, dan BlueCorps yang merupakan komitmen dalam menjalankan tata kelola perusahaan.

Detail Pilar

Untuk pilar BlueSky, Bluebird mengoperasikan lebih dari 200 taksi listrik, 3.200 armada berbahan bakar CNG, serta menggunakan panel surya. Hasilnya, selama 2023 penggunaan armada listrik berhasil mengurangi hingga 2.600 ton emisi karbon, armada CNG mengurangi hingga 24.800 ton emisi karbon, dan panel surya mengurangi hingga 48,3 ton emisi karbon. Bluebird juga menerapkan program 3R (reduce, reuse, recycle), dimana pengemudi dan karyawan wajib menggunakan botol minum isi ulang. Hal itu dapat mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai hingga 1 juta ton selama tahun 2023.

Untuk pilar BlueLife, Bluebird membantu meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada anak pengemudi berprestasi dan memberdayakan istri dan putri pengemudi melalui program Kartini Bluebird. Program tersebut terdiri dari kelas memasak, menjahit, dan make up yang bertujuan memberikan kemampuan tambahan untuk membantu kesejahteraan keluarga pengemudi. Bluebird juga meningkatkan rasio pengemudi dan karyawati hingga lebih dari 500 orang, serta menggandeng pengusaha taksi lokal di Bandung dan Yogyakarta dengan mengoperasikan lebih dari 100 armada agar bisa bangkit dan tumbuh.

Sementara untuk pilar BlueCorps, Bluebird selalu meningkatkan kualitas pengelolaan bengkel hingga mendapatkan sertifikasi kelas A. Komitmen Bluebird tersebut mendapatkan pengakuan publik melalui penghargaan yang diterima dari berbagai organisasi terpercaya. Di tahun 2023, Bluebird meraih banyak penghargaan seperti perusahaan dengan transformasi bisnis terbaik, perusahaan yang mengembangkan dan mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik, serta perusahaan yang memiliki ekosistem dan inovasi digital. 

Sudah Dijalankan Jauh Sebelum Itu

Meskipun baru diluncurkan tahun 2022, Bluebird telah menjalankan inisiatif keberlanjutan jauh sebelum itu. Direktur Utama PT Bluebird Tbk, Adrianto Djokosoetono, mengatakan “Sejak didirikan tahun 1972, Bluebird telah memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial. Nilai ini yang melandasi kami meluncurkan Visi Keberlanjutan 50:30 dua tahun lalu. Sudah banyak program dan kegiatan yang kami lakukan untuk mendukung tercapainya visi tersebut. Bluebird telah mencatatkan capaian positif dalam perbaikan lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, maupun tata kelola perusahaan.”

Read Prev:
Read Next: