Bluebird Dukung Ekosistem Mobilitas Ramah Lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

by  in  Berita & Nasional
Bluebird Dukung Ekosistem Mobilitas Ramah Lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN)
0  komentar

AutonetMagz.com – Bluebird Group secara resmi memberitahukan roadmap untuk mobilitas ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu dilakukan melalui pengadaan armada taksi listrik dan bus listrik berikut infrastruktur pendukungnya dengan investasi awal sebesar Rp250 miliar. Seremoni peresmian investasi Bluebird ini dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono di IKN pada Kamis (21/12) kemarin.

Terdiri dari Ratusan Unit

Kontribusi Bluebird akan digunakan untuk pengembangan sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan. Meliputi pengadaan bus rapid transit bertenaga listrik (layanan bus perkotaan), taksi listrik, mobil rental listrik, dan bus listrik jurusan IKN–Balikpapan. Begitu juga dengan sarana pendukung lainnya, seperti halte, park and ride, transfer point, depo, dan charging point yang semuanya akan dikelola secara terintegrasi.

Nantinya, mobilitas penduduk IKN akan didukung oleh Bluebird dengan investasi 100 unit taksi listrik, 50 unit mobil rental listrik, 10 unit bus jurusan IKN-Balikpapan, charging point, dan depo. Sedangkan untuk kontribusinya terhadap sarana pendukung lainnya meliputi 40 unit bus perkotaan listrik, 53 titik halte, 1 transfer point (bus interchange station), dan 2 park and ride. Kedepannya, jumlah dari fasilitas ini akan terus bertambah.

Solusi Mobilitas Berkelanjutan

Menurut Adrianto Djokosoetono, investasi ini adalah bagian dari upaya Blue Bird untuk menghadirkan solusi mobilitas yang berkelanjutan. “Bluebird Group memiliki Visi Keberlanjutan 50:30 yang bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Hal ini sejalan dengan konsep pembangunan IKN sebagai smart forest city. Semangat yang sama inilah yang mendorong kami berkomitmen untuk berkontribusi secara nyata terhadap pembangunan IKN melalui pengembangan sistem, sarana, dan prasarana transportasi yang ramah lingkungan. Dengan investasi ini kami ingin menjadi pelopor dalam pengembangan transportasi publik berbasis listrik di IKN,”

Sebagaimana yang kita ketahui, IKN hanya memperbolehkan mobil bebas emisi untuk bisa melintas disana. Untuk memudahkan mobilitas para warganya, kedepannya pasti akan lebih banyak lagi perusahaan penyedia transportasi yang berinvestasi disana. Tunggu saja tanggal mainnya!

Read Prev:
Read Next: