Mazda CX-9 Baru Gendong Mesin SkyActiv Turbo Baru, Tenaganya 250 HP!

Mazda CX-9 Baru Gendong Mesin SkyActiv Turbo Baru, Tenaganya 250 HP!
0  komentar
mazda cx9 2017

AutonetMagz.com – Di review Mazda 2, kami sempat bilang kalau mesin SkyActiv punya kompresi tinggi sehingga agak sulit untuk dipasang turbo. Rupanya engineer Mazda pun memikirkan hal yang sama, bagaimana caranya mesin SkyActiv ini bisa ditambah turbo biar performanya makin membaik. Akhirnya hasil pemikiran mereka membuahkan sesuatu, yakni mesin SkyActiv turbo yang pertama kali muncul dan langsung berdinas di ruang mesin Mazda CX-9 baru.

mazda cx9 2017 mesin skyactiv turbo

Basisnya adalah mesin SkyActiv-G 2.500 cc 4 silinder milik Mazda CX-5 dan Mazda 6, namun kini dengan sebongkah turbo. Turbo ini punya sistem piping khusus di mana ada lubang kecil yang menghasilkan tekanan gas buang tinggi untuk memutar turbo di rpm rendah. Di rpm tinggi, lubang yang lebih besar akan terbuka dan memutar kincir pada turbo. Sepertinya Mazda kena ucapan Om Mobi ya,”Kami suka turbo.”

mazda cx9 2017 side

Turbo milik mesin ini memiliki tekanan hingga 1,2 bar. Jika diberikan bensin oktan 93, mesin ini bisa menghasilkan 250 hp dan 420 Nm, tapi saat dicekoki oktan 87, tenaganya langsung turun jadi 227 hp. Oh ya, konfigurasi header mesin ini juga agak lain, karena bukan 4-2-1 atau 4-1, melainkan 4-3-1, di mana silinder ke-2 dan3 pipa headernya menyatu dulu sebelum bergabung dengan pipa header silinder ke-1 dan 4.

mazda cx9 2017 interior

Satu-satunya pilihan transmisi adalah otomatis 6 percepatan, tapi sayang belum ada figur akselerasinya. Harusnya sih lebih baik dari CX-9 yang kemarin, karena ia lebih enteng 90 kg (FWD) dan 130 kg (AWD) dari model yang digantikannya. Seabrek sistem keselamatan pembantu i-Activsense sudah pasti hadir, termasuk SCBS, Lane Departure Warning, Advanced Blind Spot Monitoring, Mazda Radar Cruise Control yang bakal aktif mulai 30 km/jam hingga 145 km/jam dan masih banyak lagi.

mazda cx9 2017 kabin

Soal ruang kabin, fasilitas premium sudah pasti menjadi satu paket dalam mobil ini. Ada sound system BOSE, MZD Connect, bluetooth, navigasi, telepon, Pandora atau Aha oleh Harman music streaming, dan lain-lain. Mazda bilang, akses ke bangku baris ketiganya “sangat mudah, bahkan anak-anak bisa melakukannya.” Yah, semoga memang benar-benar mudah, atau ini ada maksud tertentu yang mengungkapkan”hanya anak-anak yang bisa duduk di bangku baris ketiga”? Semoga tidak lah ya.

mazda cx9 2017 rear

Mazda CX-9 baru ini memiliki pilihan warna Soul Red, Snowflake White Pearl, Sonic Silver, Deep Crystal Blue, Jet Black, Titanium Flash dan satu warna baru berjudul Machine Grey. Penjualan akan dimulai tahun depan, tapi tidak semua warna akan dijual secara global. Kira-kira jika mesinnya sudah diberikan turbo begini, apa ini pertanda kalau beberapa tahun lagi Mazda CX-5, Mazda 2, Mazda 3 dan Mazda 6 siap memakai mesin SkyActiv Turbo? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    hmm…kami suka turbo :v
    kalau mobil ini masuk ke indonesia dgn tanpa penyunatan spek mesin yg berlebihan maka wajib pake pertamax plus (atau minimal pertamax) biar tenaga 250HP nya berasa

  • deathstalker

    Kalau liat kebiasaan mazda, pasti skyActiv turbo ini bakal dipake juga di kasta yg lebih rendah. Mazda gampang ya kasih nama, masih kurang skyActiv hybrid, skyActiv hydrogen, skyActiv electric

  • kabe kabe

    masuk sini tembus 1M kyknya

    • Thomas Bondan Tyas

      Yee… Mazda CX-9 current model aja harganya Rp 1 M. Apalagi yg baru ini

      • kabe kabe

        oke dee

  • Xxx

    Gak lah, yg versi ini ane yakin ga tembus 1m. Pasti lbh murah krn pajak ny. Yg skr cc ny kan >3000, yg baru 2500cc…

    • qoqo

      Turbo ga ngaruh ke pajak?

      • Ken

        ga ngaruh setahu saya

  • Ugyz

    sampai baris ketiga lega banget… kerennn…

  • Ken

    Keren! semoga di Indonesia udah mulai mengikuti trend downsizing turbo ini..

  • dr

    Torsinya 420Nm mantap, udah nyaingin dieselnya

  • Ronny Rasdyantoro

    gagah nih mobil. cakep!!!