Mazda MX-5 RF Coba Pikat Konsumen Dengan Gaya Targa Roof!

Mazda MX-5 RF Coba Pikat Konsumen Dengan Gaya Targa Roof!
0  komentar
mazda mx5 rf

AutonetMagz.com – Sekarang sedang berlangsung New York International Auto Show 2016, dan di sana banyak mobil-mobil baru yang diluncurkan. Kalau dari area pameran Mazda, seluruh mata dan kamera terpusat pada peluncuran MX-5 baru, Namanya MX-5 RF. RF sendiri singkatan dari Retractable Fastback, dan Mazda kali ini berani agak beda sedikit, mereka tidak mau ikutan gaya retractable hardtop seperti di MX-5 NC lawas.

mazda mx5 rf roof closed

Mazda mau bergaya ala Porsche 911 Targa, maka dari itulah saat atapnya dilipat, hanya atap bagian atasnya saja yang terbuka, sementara dari pilar B ke belakang tetap utuh, tidak ikutan terlipat. Enaknya punya konstruksi seperti ini adalah kapasitas bagasi belakang tidak akan jadi tumbal saat atapnya dilipat, karena atapnya hanya “ngumpet” di balik kanopi belakang kabin. Kalau di MX-5 NC lawas, atap yang dilipat adalah kabar buruk bagi bagasi.

mazda mx5 rf roof operation

Tapi jangan tertipu, jika melihat bagian atapnya yang mengkilap, itu bukan atap kaca atau panoramic lho. Itu hanya warna piano black biasa, sebuah opsi yang ditawarkan Mazda jika ada konsumen yang tidak ingin atapnya dicat sewarna bodi. Di MX-5 RF ini, Mazda memperkenalkan lagi warna Machine Grey, warna yang sama yang bisa kita lihat di Mazda CX-9 baru bermesin SkyActiv Turbo. Ehm, tumben bukan Soul Red yang khas tapi harus nambah 3 juta Rupiah.

mazda mx5 rf no roof back

Jujur saja, kalau yang namanya convertible, roadster, spider, cabriolet atau targa pasti paling cakep pas atapnya dibuka, dan MX-5 RF ini bukan pengecualian. Panel kanopi di belakang sama sekali tidak mengurangi pesona MX-5, dan saat atapnya ditutup pun tidak ada masalah, tetap cakep. Karena atapnya berbahan pelat, harusnya kekedapan dan kenyamanan bisa lebih baik daripada atap kanvas, tapi apa beratnya bertambah? Mazda tidak bilang apa-apa soal ini, tapi kami harap sih tidak.

mazda mx5 rf side

Jangan harapkan ubahan apapun dari mesin SkyActiv 2.000 cc 155 hp-nya, karena memang belum butuh peningkatan performa, apalagi dari transmisinya. Pemesanan untuk MX-5 RF di Amerika akan dibuka pada pertengahan tahun ini, sekitar musim panas. Indonesia dapat tidak ya? Ah, entahlah, MX-5 yang soft top saja belum datang-datang di sini, apalagi yang ini. Apa opinimu mengenai MX-5 RF ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: