NJKB Mazda CX-60 Terdeteksi, Ada Versi Mild Hybrid & AWD Lho!

by  in  Berita & Mazda & Merek Mobil
NJKB Mazda CX-60 Terdeteksi, Ada Versi Mild Hybrid & AWD Lho!
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada pepatah yang menyebutkan bahwa ‘Jangan menjadi domba untuk mengikuti orang banyak, jadilah singa betina untuk mengikuti kata hatimu‘ yang merujuk bahwa dalam bisnis, kita harus memiliki value diri, dan tidak bisa terus mengikuti tren yang ada. Dan hal ini cocok kalau kita membahas mengenai produk Mazda. Kok bisa? Kami akan singgung di akhir artikel ini. Namun, yang jelas kami menemukan fakta bahwa nama Mazda CX-60 sudah terdaftar di data Samsat Jakarta. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Ada 3 Varian, 2 Mesin, 2 Sistem Gerak

Merujuk pada data pajak kendaraan bermotor di provinsi DKI Jakarta, ada nama Mazda CX-60 yang sudah terdaftar dan terlihat jelas berapa NJKB-nya. Kalau kalian amati, ada 3 tipe Mazda CX-60 yang telah terdaftar yaitu varian 4×2 (RWD) AT, AWD AT, dan MHEV AWD AT. Oke, kita breakdown lebih dalam apa maksudnya. Kami menduga Mazda CX-60 akan masuk ke Indonesia dalam 2 tipe mesin, yaitu mesin 2.500cc SkyActiv-G 4 silinder segaris dan mesin 3.300cc e-SkyActiv G Turbo dengan konfigurasi inline 6 cyl dan teknologi mild hybrid. Jadi, Mazda CX-60 4×2 AT dan AWD AT akan merujuk pada varian bermesin 2.500cc, sedangkan Mazda CX-60 MHEV AWD AT akan merujuk pada versi mesin 3.300cc Turbo Mild Hybrid.

Kalau diamati, NJKB dari Mazda CX-60 bermesin 2.500cc tidak terlalu jauh dengan Mazda CX-5 AWD versi 6th anniversary EMI. Mazda CX-60 versi 4×2 AT memiliki NJKB 432 juta Rupiah, sedangkan versi AWD AT NJKB-nya 436 juta Rupiah. Sebagai gambaran, NJKB dari Mazda CX-5 AWD ada di angka 439 juta Rupiah. Jadi, kalaupun skema pajak dan emisinya kita anggap sama, maka harga Mazda CX-60 akan ada di bawah 700 jutaan atau mepet 700 jutaan. Mengingat NJKB versi 4×2 dan AWD hanya selisih 4 jutaan saja dan harga OTR Mazda CX-5 AWD di angka 705,5 jutaan Rupiah. Ini sangat menarik dan membuat harga Mazda CX-60 versi 2.5 terutama AWD akan sangat bersaing.

Versi 3.300cc Turbo Inline 6 Pasti Masuk!

Lantas, bagaimana dengan versi 3.300cc MHEV Turbo-nya? NJKB Mazda CX-60 MHEV Turbo ada di angka 526 juta Rupiah atau sedikit di bawah NJKB Mazda CX-9 yang ada di 530 juta Rupiah. Artinya, harga jual Mazda CX-60 MHEV Turbo AWD bisa saja mirip dengan Mazda CX-9, atau mungkin sedikit di atasnya. Sebagai gambaran, Mazda CX-9 saat ini dipasarkan dengan banderol 897.7 jutaan Rupiah. Jadi, Mazda CX-60 MHEV AWD Turbo bisa saja mepet di 900 jutaan Rupiah. Tapi, semua ini baru prediksi saja ya. Jangan dibawa perasaan. Lantas, apa hubungannya dengan pepatah yang kami singgung di awal artikel ini? Pepatah tersebut menggambarkan kondisi Mazda saat ini.

Saat pabrikan lain mulai meninggalkan format RWD dan melakukan downsizing, Mazda malah melawan arus. Mereka memasarkan Mazda CX-60 dengan format RWD, bahkan menggunakan mesin 3.300cc Turbo inline 6. Jelas ini adalah strategi yang mungkin tidak akan diperhitungkan oleh brand mainstream. Namun, mengingat value Jinba Ittai yang ditanamkan kuat oleh Mazda, maka keputusan Mazda jelas sangat tepat. Dengan menggunakan format RWD, bahkan mesin inline 6 Turbo, maka sensasi jinba ittai di Mazda CX-60 akan bisa dibawa lebih dekat ke penggunanya. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: