Mazda Indonesia : Rumor Discontinue CX-8 di Jepang Tak Berpengaruh ke Indonesia

by  in  Berita & Mazda & Merek Mobil
Mazda Indonesia : Rumor Discontinue CX-8 di Jepang Tak Berpengaruh ke Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya, kami telah mengabarkan mengenai munculnya rumor mengenai Mazda CX-8 yang bakal discontinue seiring bakal hadirnya Mazda CX-80 dalam waktu dekat ini. Rumor tersebut berhembus di Jepang beberapa waktu lalu. Nah, berhubung Mazda CX-8 adalah salah satu komoditas yang dijual oleh Mazda Indonesia, kami pun melakukan crosscheck dan meminta pendapat dari Mazda Indonesia mengenai hal ini. Dan ternyata, rumor tersebut tidak berpengaruh pada penjualan Mazda CX-8 di Tanah Air. Kok bisa? Yuk kita bahas.

Mazda CX-8 Akan Terus Dijual di Indonesia

Jadi, kami mengirimkan pertanyaan resmi pada pihak Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku APM Mazda di Indonesia. Pihak EMI pun merespon dan menjabarkan mengapa penjualan Mazda CX-8 tidak terpengaruh rumor discontinue di Jepang, walaupun jikalau nantinya rumor tersebut jadi kenyataan. “Unit Mazda CX-8 yang dijual di Indonesia sendiri merupakan unit yang diproduksi dari Malaysia. Maka dari itu, rumor mengenai discontinue Mazda CX-8 di Jepang tidak berpengeruh terhadap penjualan di Indonesia”, kutip kami dari peryataan resmi pihak EMI. Jadi, clear, Mazda CX-8 akan tetap dijual di Indonesia selama SUV bongsor tersebut dirakit di Malaysia.

Mazda CX-8 sendiri memang dirakit di sejumlah negara yaitu di Jepang (Ujina Plant 2), Malaysia (Inokom), China (Changan Mazda), dan Vietnam (Thaco Auto). Hadirnya Mazda CX-8 kala itu merupakan solusi bagi pecinta Mazda yang butuh mobil 7 penumpang pasca dihentikannya penjualan MPV Mazda seperti Mazda Biante dan Mazda Premacy. Terutama untuk pasar Jepang yang tidak mendapatkan model Mazda CX-9. Hadirnya Mazda CX-8 di Jepang sendiri mendapatkan respon yang positif kala itu. Tak kurang dari 12 ribu SPK pun langsung didapatkan oleh Mazda hanya dalam hitungan minggu sejak Mazda CX-8 diperkenalkan. Penjualannya sempat menyentuh angka 23 ribuan unit di Jepang pada tahun 2019 silam.

Model Ketiga Terlaris Mazda Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Mazda CX-8 juga memainkan peran yang penting terhadap penjualan Mazda di bawah naungan EMI. Mazda CX-8 Menjadi produk Mazda terlaris nomor 3 di Indonesia, dimana sumbangsihnya tentu cukup krusial. Terakhir kali, Mazda CX-8 juga mendapatkan improvement di pertengahan tahun 2022 kemarin. Tim AutonetMagz bahkan sempat mencoba langsung mobil ini dari Surabaya menuju ke Jakarta dan sebaliknya. SUV ini memiliki karakter yang lebih comfort ketimbang kebanyakan SUV Mazda lainnya yang lebih sharp. Namun, hal tersebut terbayarkan dengan kursi baris kedua yang nyaman dan juga memanjakan penumpangnya.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: