Mazda CX-80 Segera Hadir di Jepang, Mazda CX-8 Bakal Discontinue?

by  in  Berita & International & Mazda
Mazda CX-80 Segera Hadir di Jepang, Mazda CX-8 Bakal Discontinue?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau melihat keluarga SUV MAzda dengan angka 1 digit, maka anggota paling muda diantara seluruh Mazda CX Series adalah Mazda CX-8. Mobil ini merupakan versi LWB dari Mazda CX-5 yang mampu memuat 6 hingga 7 penumpang. Sayangnya, ada rumor kurang menyenangkan mengenai Mazda CX-8 yang beredar beberapa waktu terakhir. Muncul kabar bahwa kehadiran Mazda CX-80 akan menggantikan posisi dari Mazda CX-8 yang sudah eksis terlebih dahulu. Apakah benar? Mari kita bahas lebih lanjut.

Ilustrasi Mazda CX-60

CX-8 Digantikan CX-80?

Mengutip informasi via Creative311, kabarnya Mazda akan mempersiapkan Mazda CX-80 untuk diperkenalkan di Jepang pada musim gugur tahun ini. Yap, artinya bisa jadi mobil ini bakal meluncur di kuartal-kuartal akhir tahun 2023 ini. Dan hadirnya Mazda CX-80 membuat posisi dari Mazda CX-8 nampaknya agak ‘terganggu’. FYI, Mazda CX-80 bakal memiliki format 3 baris seperti halnya Mazda CX-8, namun nampaknya dengan sejumlah update teknologi terbaru yang membuatnya berbeda dengan Mazda CX-8. Sumber menyatakan bahwa Mazda CX-8 bisa saja disuntik mati di sekitar bulan Agustus tahun ini, yang mana hanya berjarak kurang dari 2 bulan ke depan.

Apakah benar Mazda CX-8 akan disuntik mati? Kami belum mendapatkan informasi pasti mengenai hal ini. Hanya saja, berkaca pada saudara-saudaranya, sebenarnya masih ada kemungkinan Mazda CX-8 akan bertahan. Contohnya, Mazda CX-5 dan Mazda CX-60 sebenarnya memiliki bodysize yang mirip sehingga berada di segmen yang sama. Namun, keduanya punya perbedaan mendasar yaitu sistem geraknya. Mazda CX-5 merupakan FWD, sedangkan Mazda CX-60 adalah RWD. Berhubung Mazda CX-80 ditengarai bakal menjadi versi LWB dari Mazda CX-60, maka kemungkinan Mazda CX-8 untuk bertahan juga masih ada. Toh, Mazda CX-5 juga tidak akan disuntik mati, malahan kabarnya bakal mendapat next gen di masa depan.

Perjalanan Mazda CX-8 di Indonesia

Di Indonesia sendiri, nama Mazda CX-8 memang cukup dikenal para pecinta Mazda di Tanah Air. Mazda CX-8 pertama kali dirilis di Indonesia pada akhir tahun 2019 silam, dimana kala itu harganya masih sekitar 600 jutaan Rupiah. Setelah itu, Mazda juga memberikan penyegaran pada Mazda CX-8 pada pertengahan tahun 2022 silam. Kini, Mazda CX-8 adalah opsi SUV 3 baris terlaris yang dimiliki Mazda Indonesia, sekaligus SUV ketiga paling laris dari line up SUV Eurokars Motor Indonesia (EMI). Mazda CX-8 di Indonesia sendiri didatangkan utuh secara CBU dari Malaysia, dimana Mazda juga memproduksi Mazda CX-8 untuk pasar ASEAN di Negeri Jiran tersebut.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: