Mazda CX-5 Akan Pakai Mesin Diesel 6 Silinder Segaris

by  in Berita&International&Mazda
Mazda CX-5 Akan Pakai Mesin Diesel 6 Silinder Segaris
0  komentar

AutonetMagz.com – Mazda menjadi salah satu pabrikan yang nampaknya tak pernah lelah memberikan kita kejutan dalam hal inovasi. Setelah beberapa tahun lalu memperkenalkan teknologi SkyActiv-nya yang diekspose oleh banyak media, Mazda terus mengembangkan teknologi lain untuk masa depan. Contohnya seperti SkyActiv-X dan mesin listrik di China yang sempat kita dengarkan kabarnya.

Nah, paling baru, pihak Mazda nampaknya juga masih memiliki kepercayaan pada mesin diesel, disaat banyak pabrikan dan juga negara yang mulai meninggalkan mesin tersebut. Demi mengimbangi mesin SkyActiv-X yang akan muncul di tahun 2019 mendatang, pihak Mazda juga mengembangkan mesin diesel mereka, atau yang kita kenal dengan nama SkyActiv-D untuk beberapa produk andalan mereka. Dan yang menarik, mesin SkyActiv-D yang akan mereka kembangkan ini memiliki konfigurasi mesin yang unik, yaitu mesin dengan enam silinder, yap, bukan empat tapi enam namun konfigurasinya bukan V namun segaris. Jadi mesin SkyActiv-D terbaru akan berkonfigurasi inline 6 silinder.

Konfigurasi mesin seperti ini sebenarnya bukanlah konfigurasi yang baru, karena BMW dengan seri mesin BMW M57 sudah hadir sejak akhir tahun 90-an. Selain itu, Nissan juga punya mesin serupa yang berkode RD yang digunakan oleh Nissan Safari Spirit alias Nissan Patrol di akhir 90-an. Jadi, secara konfigurasi sebenarnya mesin macam ini bukanlah mesin baru, namun tentunya kita menantikan kejutan lainnya dari mazda ketika mesin yang tak bisa dikatakan baru ini mendapatkan sentuhan SkyActiv. Lalu, dengan mesin yang punya konfigurasi yang lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya, kira – kira mobil apa yang akan mendapatkan mesin ini? Jawabannya sudah kalian lihat di judul diatas yaitu Mazda CX-5 generasi terbaru.

Mazda CX_5 Yang Dijual di Indonesia

Yap, Mazda akan menanamkan mesin berkonfigurasi 6 silinder segaris ini pada Mazda CX-5 terbaru nantinya. Bahkan tak hanya mengubah konfigurasi mesin dari Mazda CX-5 generasi terbaru, pihak Mazda juga akan memberikan ubahan pada sistem gerak Mazda CX-5 generasi terbaru ini. Jika di generasi sekarang Mazda CX-5 menggunakan sistem gerak roda depan atau malah sistem gerak empat roda, maka di generasi selanjutnya SUV yang cukup laris di Indonesia ini akan menggunakan sistem gerak roda belakang. Mazda CX-5 generasi terbaru dengan mesin enam silinder plus penggerak roda belakang ini sendiri baru akan menyapa kita di tahun 2020 nanti, alias setahun setelah SkyActiv-X meluncur secara global.

Tentunya kehadiran mesin baru dan penggerak baru di Mazda CX-5 ini nantinya akan menjadi pembeda SUV Mazda ini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Tertarik? Kita nantikan saja di tahun 2020 mendatang. Bagaimana menurut kalian kawan?

Read Prev:
Read Next: