Singkirkan 5-Series, Volvo XC60 Jawara Japan Car Of The Year 2017

by  in Alfa Romeo&Berita&BMW
Singkirkan 5-Series, Volvo XC60 Jawara Japan Car Of The Year 2017
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara merk Volvo, sebenarnya tak banyak masyarakat Indonesia jaman now yang paham dengan produk – produknya. Ya, karena memang Volvo sempat mati suri di Indonesia, dan baru tahun ini mereka kembali hidup dan membawa produk – produk mereka ke tanah air. Namun di luar sana, Volvo telah menorehkan prestasi yang baik, contohnya menjuarai Japan Car of The Year 2017.

Yap, sebenarnya agak menggelikan mengetahui bahwa jawara dari Japan Car of The Year bukan mobil asal Jepang. Toh Jepang juga sudah sangat maju dalam hal manufakturing otomotif, dan tak sedikit mobil mereka yang ciamik, bahkan sangat ciamik. Namun kenyataannya, merk asing-lah yang menjadi jawara di Negeri Matahari Terbit tersebut. Yap, Volvo dengan seri XC60 menjadi juara di Japan Car of The Year 2017 yang baru saja diumumkan. Dan kemenangan Volvo ini sendiri menjadi kemenangan produk asal dataran Eropa setelah tiga tahun berturut-turut didominasi oleh merk Jepang, seperti Subaru Impreza, Mazda MX-5, dan Mazda 2.

Merk Eropa terakhir yang memenangkan JCOTY adalah Volkswagen dengan Volkswagen Golf di tahun 2013 silam. Oke, lalu di JCOTY 2017 ini, siapa saja yang berhasil dikalahkan oleh Volvo XC60? Di posisi runner up ternyata masih ditempati oleh merk asing dari Eropa, yaitu BMW. BMW yang masuk ke nominasi kali ini adalah Seri 5 terbaru yang memang makin dewasa dan mirip seri 7. Jika Volvo XC60 mampu mengumpulkan nilai 294 poin, maka BMW Seri 5 berhasil mengumpulkan 242 Poin. Baru di posisi tiga dihuni oleh merk asal Jepang, yaitu Toyota dengan Toyota Camry yang berhasil meraih 232 poin.

Berikutnya adalah hatchback baru Suzuki yaitu Suzuki Swift yang meraih 210 poin dan kei car Honda yaitu Honda N-Box dengan 189 poin. Diluar peringkat lima besar juga masih didominasi oleh merk Eropa. Peringkat lima yaitu Lexus LC dengan 115 poin, berikutnya adalah Alfa Romeo Giulia dengan 89 poin, Mazda CX-5 dengan 83 point, Citroen C3 dengan 35 poin, dan terakhir adalah VW Tiguan dengan 11 poin saja. Selain Volvo XC60 yang menjadi jawara, juga ada beberapa mobil lain yang dinobatkan sesuai kategori, seperti Toyota Prius PHEV sebagai Best Innovation Award, dan Lexus LC sebagai Emotion Award Category. Toyota Prius sendiri juga mendapat penghargaan spesial yaitu Special Achievement Award karena sudah laku 10 juta unit dalam 20 tahun.

Namun ya memang Volvo XC60 memang layak juara, karena model terbaru dari XC60 ini akan menggantikan model generasi pertamanya yang sangat sukses, dimana selama 9 tahun, XC60 menjadi best selling premium compact SUV di Eropa dan terjual hampir satu juta unit di seluruh dunia. VOlvo XC60 mengandalkan platform Scalable Product Architechture (SPA) yang sama seperti XC90 dengan mesin T8 Twin Engine Plug In Hybrid dengan tenaga maksimal 407 hp dan torsi 640 Nm, edan. Jadi bagaimana menurut kalian? tertarik? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Sumber Gambar : PaulTan

Read Prev:
Read Next: