Mazda 2 Minor Improvement Rilis di Jepang, Berubah Apanya?

Mazda 2 Minor Improvement Rilis di Jepang, Berubah Apanya?
0  komentar

Autonetmagz.com – Tidak terasa Mazda 2 generasi saat ini sudah berusia hampir 7 tahun, setelah diluncurkan pada 2014 lalu mengalami minor change pada 2017 dan facelift pada 2019. Agar produknya tidak ‘anyep‘ dan ‘dingin’, maka dari itu untuk model tahun produksi 2021, Mazda ‘menghangatkan’ produknya dengan tambahan improvement untuk Mazda 2 yang dijual di Jepang. Model hatchback ini mendapat banyak improvement pada fitur dan mesinnya, ditambah opsi warna khusus baru yang terinspirasi oleh “pancaran sinar matahari.”

Improvement Pada Mesin dan Fitur Baru

Pada beberapa varian, mesin bensin Skyactiv-G 1,5 liter dibuat lebih hemat bahan bakar dengan penggunaan teknologi Diagonal Vortex Combustion, yang meningkatkan kecepatan aliran campuran udara dan bahan bakar, sehingga memungkinkan pembakaran lebih cepat dan sempurna. Untuk memaksimalkan hal tersebut, rasio kompresi ditingkatkan dari semula 12:1 menjadi 14:1. Mazda mengklaim konsumsi bahan bakar lebih irit hingga 6,8% pada siklus Worldwide Harmonised Light Vehicles Test Procedure, dengan angka konsumsi bahan bakar kombinasi hingga 20,3 km per liter. Model yang dilengkapi dengan mesin baru ini JUGA mendapat pembebasan pajak di bawah peraturan fuel economy baru di Jepang. Program mesin juga telah disetel ulang menggunakan pengembangan pabrik Skyactiv-X, dengan meningkatkan respons throttle dan kemampuan kendali mesin.

Meskipun demikian, output tenaga yang dihasilkan tetaplah sama, yaitu 110 PS pada 6.000 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.500 rpm, disalurkan ke roda depan melalui gearbox manual maupun otomatis yang keduanya sama-sama memiliki enam tingkat percepatan. Seperti versi sebelumnya, penggerak All wheel drive tetap tersedia sebagai opsi tambahan. Selain itu, Mazda 2 kini telah dilengkapidengan kamera 360 sebagai standar, serta fitur baru yang mencakup wireless charging dan konektivitas wireless Apple CarPlay (fungsi Android Auto tetap ada, namun belum wireless). Model all-wheel-drive juga mendapatkan deicer jendela sebagai standar agar lebih mudah untuk membersihkan tumpukan salju di kaca depan.

Pilihan Warna Baru dan Varian Special Edition

Mazda juga menambahkan pilihan warna baru Platinum Quartz Metallic dan varian spesial Sunlit Citrus. Yang terakhir memberikan beberapa aksen kuning cerah pada lingkar ventilasi AC, list dasboard dan pada bagian tengah jok. Joknya sendiri menggunakan Grand Lux faux suede upholstery berwarna krem dan karpetnya juga berwarna krem. Bahkan cover kuncinya menggunakan warna krem dan hijau muda. Saat ini Mazda 2 baru sudah dijual dengan harga mulai dari 1.969.000 yen (Rp259 jutaan) hingga 2.442.000 yen (Rp 321 Jutaan).

Bagaimana dengan Model Barunya?

Dengan usia yang menginjak 7 tahun di tahun 2021 ini, kapan pihak Mazda akan memberikan generasi terbaru dari Mazda2? Bukankah produk lain dari Mazda rata – rata sudah mendapatkan generasi terbaru seperti Mazda3 dan Mazda CX-5? dikutip dari creativetrend, model generasi selanjutnya dirumorkan akan meluncur pada September 2021, sumber juga menyebutkan bahwa ubahan yang akan hadir di Mazda2 generasi terbaru akan cukup revolusioner. Ubahan ini akan menyentuh aspek desain, peforma, dan juga tentunya spesifikasi yang ditawarkan. Kita tunggu saja tanggal mainnya. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: