Ducati MG-20 : Folding Bike Listrik Seharga 27 Juta Rupiah!

Ducati MG-20 : Folding Bike Listrik Seharga 27 Juta Rupiah!
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa yang tak tahu Ducati? yap semua orang pasti familiar dengan produsen motor besar tersebut. Namun siapa yang tahu kalau Ducati juga memproduksi sepeda? sama seperti pabrikan mobil senegaranya, Ferrari dan Fiat yang juga memproduksi sepeda. Nah, dalam rangka menambah jajaran sepeda listrik lipat (e-bikes), produsen motor besar dari Borgo, Panigale tersebut telah meluncurkan Ducati MG-20 untuk melengkapi Scrambler Ducati SCR-E dan SCR-E Sport. Model-model tersebut diperkenalkan untuk menggantikan Ducati Urban-E.

Berbeda dengan model yang digantikannya, Ducati MG-20 memiliki rangka dan forks yang terbuat dari magnesium, tampilannya juga ditunjang dengan velg palang enam terbuat dari die-cast magnesium. Kemudian, sepeda ini menggunakan ukuran roda khas sepeda lipat, yaitu dengan ukuran 20″ x 2.125″ atau 406 dalam ISO, membuat MG-20 cocok untuk penggunaan di perkotaan.

Torsinya 10,8 Nm!

Pada bagian hub roda belakang, terdapat motor bertenaga 36-Volt 250 Watt, yang dapat menghasilkan torsi 10,8 Nm. Daya tersebut berasal dari baterai Samsung 36-Volt, 378 Watt-jam dengan nilai 10,5 AH. Selain itu, motor tersebut telah terverifikasi ISO IP54 yang mana perangkat tersebut tahan terhadap debu ringan dan percikan air. Sayangnya motor tersebut tidak sepenuhnya tahan air, sehingga tidak bisa digunakan dikala hujan.

Baterai yang digunakan terintegrasi ke dalam frame sepeda dan dapat dilepas untuk pengisian daya eksternal. Pengisian penuh memungkinkan untuk menempuh jarak hingga 50 km dengan kecepatan maksimum 25 km/jam, sesuai dengan peraturan yang ditetapkan European Commission. Bantuan daya mengayuh dari motor bergantung pada kondisi jalan, sudut tanjakan dan gaya atau kekuatan dalam mengayuh. Kendali fungsi bantuan motor dapat dilakukan melalui layar LCD MG-20, memungkinkan tiga tingkat bantuan dari 12 km/jam hingga 25 km/jam.

Berapa Harganya?

Untuk urusan harga, Ducati MG-20 dibanderol 1.599 euro (Rp 27 jutaan) dan akan tersedia mulai Juli 2021 di dealer Ducati di Eropa dan Toko Online setempat. Kalau model sebelumnya yaitu Ducati Urban-e dijual dengan harga Rp 70 Jutaan untuk pasar Indonesia. Tampaknya model yang menggantikannya ini akan dibanderol tidak jauh dari kisaran tersebut. Ingat, ini barang hobi jadi jangan bandingkan dengan kendaraan lain berharga serupa seperti motor >250cc atau mobil seken lawas. Bagaimana pendapat kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: