Next-Gen Mazda CX-5 Jadi Hybrid, Rilis Tahun 2025 & Pakai Hybrid Toyota?

by  in  Berita & International & Mazda
Next-Gen Mazda CX-5 Jadi Hybrid, Rilis Tahun 2025 & Pakai Hybrid Toyota?
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam tempo 1 dekade terakhir, kehadiran Mazda CX-5 memang memainkan peran yang sangat penting dan krusial bagi Mazda secara global. Mobil pertama Mazda dengan konsep Kodo Design dan teknologi SkyActiv ini telah berhasil menorehkan catatan manis hingga detik ini. Namun, selayaknya mobil yang sukses, selalu saja banyak pertanyaan mengenai generasi penerus dari Mazda CX-5. Apalagi, Mazda CX-5 gen 2 kini sudah berusia 6 tahun. Dan titik terang terkait next gen Mazda CX-5 kini mulai terlihat.

Pakai Teknologi Hybrid Toyota?

Banyak yang mengira bahwa Mazda CX-5 akan digantikan oleh Mazda CX-50 yang kebetulan memang mengusung nama yang mirip. Namun, pada kenyataannya memang Mazda CX-5 dan Mazda CX-50 memiliki pendekatan yang berbeda. Dan oleh karenanya, eksistensi Mazda CX-5 tetap akan berlanjut. Mengutip informasi dai Drive, Mazda CX-5 generasi terbaru diprediksi akan hadir di tahun 2025 mendatang dengan sejumlah ubahan yang krusial. Yang paling kentara menurut sumber adalah perihal mesin yang digunakan. Mazda CX-5 generasi ketiga nantinya akan menggunakan mesin hybrid yang membuatnya berbeda dengan generasi sekarang.

Sebenarnya, Mazda memang telah memulai langkah elektrifikasi mereka sejak mereka memperkenalkan Mazda MX-30 EV, Mazda CX-30 PHEV dan Mazda CX-60 PHEV. Selain itu, ada juga beberapa model lain yang menggunakan teknologi mild hybrid EV (MHEV). Namun, sebenarnya tidak ada opsi HEV di line up elektrifikasi Mazda. Tentunya, ada peluang bagi Mazda untuk mengembangkan teknologi HEV untuk Mazda CX-5, toh mereka juga sudah memasarkan kendaraan PHEV. Namun, ada juga peluang untuk menggunakan teknologi dari saudara senegara sekaligus rekan mereka, Toyota. Apalagi, Toyota memang dikenal handal mengembangkan teknologi HEV. Jadi, ada kemungkinan Mazda CX-5 gen 3 akan menggunakan teknologi HEV dari Toyota.

Hadir di Tahun 2025

Apalagi kalau kita lihat track record antara Toyota dan Mazda. Toyota memiliki 5% saham di Mazda, dan keduanya pun pernah bekerja sama mengembangkan Mazda3 Hybrid (Old Gen) dengan teknologi Hybrid Toyota. Walaupun model tersebut hanya bersifat JDM semata dan tidak dilanjutkan di generasi yang ada saat ini. Marketing Director Mazda Australia, Alastair Doak, menyatakan pada sumber, “Management senior telah mengkonfirmasi bahwa akan ada generasi berikutnya dari Mazda CX-5. Mobil ini adalah model yang paling laris secara global, jadi masuk akal (jika ada generasi berikutnya)”. Kabar ini juga tentunya selaras dengan rencana Mazda yang ingin memperkenalkan 3 model BEV, 5 PHEV, dan 5 HEV hingga tahun 2025 mendatang.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: