Mau Nyetir Irit Bensin, Bagaimana caranya?

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Mau Nyetir Irit Bensin, Bagaimana caranya?
0  komentar

AutonetMagz.com – Di acara Suzuki Ertiga Smart Hybrid Media test Drive minggu lalu, kami mendapatkan kesempatan untuk menggunakan sebuah Suzuki Ertiga Hybrid bertransmisi Manual yang dapat kami eksplor selama 2 hari perjalanan. Dari perjalanan tersebut, kami dapat mencatatkan beberapa poin yang dapat membantu menghemat bensin di tengah mahalnya bahan bakar di Indonesia, dan tips ini berlaku untuk kedua transmisi manual maupun automatic. Bagaimana caranya? Ikuti artikel ini sampai habis.

Jaga Putaran Mesin Serendah Mungkin

Di mobil manual, langkah ini lebih mudah dilakukan karena kita bisa langsung mengoper gigi Ketika putaran mesin mulai meninggi. Namun bagaimana jika di mobil bertransmisi otomatis? Tenang, kita bisa melakukan ini dengan cara menekan gas sehalus mungkin sampai mobil bergulir, dan usahakan ketika mobil sudah bergulir, jaga momentum mobil dengan menekan pedal gas secara konstan. Jadi, melatih kaki adalah hal wajib dalam hal ini.

Kurangi Penggunaan Rem

Kurangi pemakaian rem, bukan, bukan maksudnya tidak boleh mengerem, namun maksudnya adalah jaga momentum mobil sebaik mungkin agar pergerakan mobil kontinu dan hindari berhenti mendadak yang kasar. Mengapa? Karena begitu mobil dalam keadaan berhenti total, maka energi yang dibutuhkan untuk melajukannya Kembali akan lebih besar. Dan ingatlah, melakukan deselerasi pada dasarnya sama saja dengan membuang energi, kecuali kalau mobil kalian punya renegerative braking seperti di mobil yang kami gunakan.

Maksimalkan Fitur Yang Ada

Manfaatkan fitur berkendara di mobil adalah hal yang harus kalian lakukan. Contohnya, di Suzuki Ertiga Hybrid yang kami coba, sewaktu menyetir di tol, kami menggunakan cruise control untuk menjaga kecepatan (menaikan dan menurunkan), karena Cruise control tentunya akan lebih halus dalam membuka gas, sehingga konsumsi bensin akan lebih terjaga di dalam kondisi cruising seperti di tol. Belum lagi adanya fitur seperti idling start stop di mobil ini serta beberapa mobil di segmen low saat ini. Lumayan untuk membantu menghemat bahan bakar saat idle.

Maksimalkan Teknologi Elektrifikasi

Usahakan Motor Listrik bekerja terus. Untuk mobil Mild Hybrid seperti Ertiga Smart Hybrid, usahakan ISG bekerja membantu akselerasi mobil, dengan cara sewaktu menanjak atau berakselerasi, kondisikan mobil seakan-akan mengalami kesulitan. Saat itu, system akan mengaktifkan ISG untuk membantu mesin berakselerasi. Dengan assist seperti ini, konsumsi bahan bakar akan lebih efisien, karena ISG akan berkontribusi beberapa persen untuk membantu akselerasi. Kasarnya, dengan target kecepatan akselerasi yang sama, maka tenaga yang harus digunakan mesin bensin akan lebih minim.

Oktan BBM Yang Sesuai

Gunakan oktan yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan, karena dengan oktan yang sesuai maka tenaga yang dikeluarkan oleh mesin akan lebih optimum. Dan dengan tenaga yang optimum, figur Tenaga vs Bobot mobil (Power to weight ratio) akan lebih baik dan sekaligus membuat berkendara jadi lebih efisien.

Demikian beberapa tips untuk menghemat bahan bakar yang dapat kita lakukan sehari-hari, namun tentu saja, kemampuan kita untuk melakukan Eco-Driving seperti ini akan amat bergantung pada kondisi lalu lintas, jadi manajemen waktu kita berkendara dan rute berkendara juga diperlukan untuk memaksimalkan konsumsi bahan bakar harian. Jadi, bagaimana menurut kalian? Siap mempraktekkan?

Read Prev:
Read Next: