Apa Saja Mobil Baru di Tahun 2017? [Part 1]

by  in Chrysler&Honda&Mitsubishi
Apa Saja Mobil Baru di Tahun 2017? [Part 1]
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Tidak terasa tahun 2017 tinggal satu bulan lagi, tahun 2017 pastinya akan menjadi momen penting bagi otomotif Indonesia karena akan ada banyak mobil baru yang masuk ke Indonesia. Hmm, menarik bukan? Mari kita bahas satu persatu mobil apa yang akan masuk ke Indonesia tahun depan.

1. Honda Mobilio Facelift

Foto-Terbaru-Honda-Mobilio-Facelift
Honda yang baru saja memberikan dashlift, atau penggantian dashboard pada Honda Mobilio mereka menjadi sama persis dengan dashboard Honda BR-V. Dibandingkan dengan model sebelumnya, Honda Mobilio Facelift konon akan memiliki gaya seperti sebuah crossover, bentuknya akan dibuat lebih tough dan tangguh, tapi tentu saja tidak setangguh Honda BR-V.

Honda akan menyematkan bebeerapa fitur baru di mobil ini yang membuatnya lebih value. Menurut beberapa sumber, Honda Mobilio facelift akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2017 mendatang. Jadi kalau kamu mau membeli Honda Mobilio saat ini, sebaiknya sabar dulu ya guys.

2. Mitsubishi XM

Mitsubishi XM Concept
Mitsubishi juga tidak mau ketinggalan manisnya kue pasar MPV terjangkau meskipun pasarnya sedang menurun karena harganya sudah diatas 200 jutaan dan kehadiran duet Calya dan Sigra tentunya menggerus pasar mobil ini. Setelah model konsepnya melanglang buana di Indonesia, Mitsubishi akan meluncurkan mobil ini di tahun 2017 mendatang, tepatnya di semester 2 nanti.

Mitsubishi XM nantinya akan menggunakan mesin 1.500 cc yang belum tahu apakah menggunakan mesin baru, atau mesin lama yang cukup dikenal ketangguhannya. Pasalnya Mitsubishi memiliki mesin 4G15 DOHC 1.500 cc GDI bertenaga 110 Ps merupakan mesin yang sudah lama sekali dan sudah tidak digunakan lagi pada mobil Mitsubishi kekinian. Tercatat, Mitsubishi menggunakan mesin 4G15 DOHC pada Mitsubishi Mirage lawas dan Mitsubishi Colt. Ada juga varian turbocharged berkode 4G15T bertenaga 164 Hp hingga 197 Hp yang digunakan pada Mitsubishi Colt CZT dan Colt R, tapi tentu tidak mungkin mesin 4G15 akan disematkan di Mitsubishi XM mengingat harganya pasti akan menanjak.

Lain cerita soal mesin 4G15 SOHC yang masih digunakan oleh Mitsubishi Colt T120SS atau Mitsubishi Maven. Mesin tersebut merupakan mesin lawas berteknologi injeksi bertenaga 86 Ps saja. Tapi kalau ditanya soal durability, mesin ini sangat luar biasa. Tapi tidak mungkin XM concept akan menggunakan mesin ini mengingat tenaganya tidak seberapa. Jadi baiknya kita tunggu saja seperti apa nanti mesin yang diusung oleh Mitsubishi XM Concept.

3. Mazda CX-3

mazda-cx-3-rear
Setelah lama Mazda melakukan PHP terhadap calon pembelinya, akhirnya kita bisa membeli Mazda CX-3 di tahun 2017 mendatang, dan ini sudah pasti karena tahun depan Eurokars selaku ATPM baru sudah mempersiapkan peluncurannya. Mobil yang nantinya akan bersaing dengan Honda HR-V dan Mitsubishi Outlander Sport ini akan dibekali mesin 2.000 cc yang sama dengan Mazda CX-5. Mobil ini juga akan terbagi menjadi 3 buah tipe mulai dari Touring, GT dan GT-S.

Rencananya mobil ini akan memiliki harga berkisar mulai dari 300 jutaan dan varian tertingginya tidak sampai 400 juta. Cukup mahal sih, tapi memang teknologinya jauh diatas kompetitor dikelasnya. Tunggu yah di awal tahun ini!

4. Nissan X-Trail Facelift

nissan-x-trail-facelift-2017-rear-end
Nissan X-Trail atau Nissan Rouge ang sudah beredar sejak tahun 2014 silam akan mendapatkan facelift di tahun depan. Kurang lebih facelift yang diberikan akan sama seperti Nissan Rogue yang ada di Amerika beberapa minggu lalu. Semoga saja Nissan X-Trail facelift ini tidak hanya berubah secara desain eksterior saja, namun fiturnya juga ikut berbenah.

5. Honda CR-V Turbo

honda-cr-v-2017
Honda CR-V generasi terbaru pasti akan menggunakan nama Honda CR-V Turbo mengingat kesuksesan Civic Turbo di Indonesia. Mobil yang baru saja diluncurkan di Amerika Serikat ini memiliki konfigurasi kursi 3 baris seperti X-Trail dan dibekali dengan mesin 1.500 cc turbo milik Civic dan tentu saja menggunakan transmisi CVT. Mobil yang menjadi SUV terlaris di Amerika Serikat ini memegang peranan penting bagi Honda yang dulu pernah berjaya dengan CR-V generasi ketiga di Indonesia. Akankah Honda CR-V generasi kelima ini sesukses Honda CR-V sebelumnya dengan 3 baris kursi? Kita lihat saja!

6. Mitsubishi Pajero Sport CKD

Mitsubishi-Pajero-Sport-Rear-End-Signature-Lamp-Photos
Setelah pabrik baru Mitsubishi diresmikan, produk pertama yang akan dibuat disana bukanlah Mitsubishi XM, melainkan Mitsubishi Pajero Sport terbaru yang sebelumnya diimpor dari Thailand secara CBU. Menurut salah satu petinggi KTB, Mitsubishi Pajero Sport CKD nantinya akan hadir di pertengahan tahun 2017 mendatang. Dengan dirakitnya Pajero Sport secara lokal, Mitsubishi masih belum berbicara soal spesifikasi dan harga, karena pilihannya ada dua, antara harga turun, atau fitur yang bertambah. Hmm…

7. Suzuki Vitara Brezza

suzuki-vitara-brezza-2016-side
Mobil yang sudah pernah bertengger di GIIAS 2016 ini sempat menyedot perhatian pengunjung GIIAS. Mobil yang nantinya akan diimpor dari India ini menurut salah satu sumber internal Suzuki yang enggan disebutkan namanya memang sedang di riset dan jika hasilnya memungkinkan, Suzuki akan mengimpor mobil ini langsung dari India untuk pasar Indonesia agar harganya terjangkau. Jika dibanderol dengan harga lebih rendah dari Honda HR-V, apakah mobil ini bisa mengisi celah pasar crossover yang sedang panas?

Read Prev:
Read Next: