Suzuki Torehkan Pencapaian Positif Selama 2022

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Suzuki Torehkan Pencapaian Positif Selama 2022
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2022 bisa dibilang sebagai tahun bangkitnya berbagai industri di Indonesia. Termasuk salah satunya industri otomotif yang mencatatkan banyaknya peningkatan positif pada mayoritas brand di Indonesia. Begitu juga dengan PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) yang mencatatkan hasil penjualan yang positif hingga berakhirnya tahun 2022. Dari catatan penjualan tersebut, Suzuki Carry, Ertiga, dan XL7 masih mendominasi penjualan.

Hasil Positif

Suzuki XL7 mencetak hasil penjualan yang positif dengan penjualan sebanyak 15.998 unit (retail). Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya maka ada peningkatan sebesar 9% selama tahun 2022. Sementara versi cepernya, Suzuki Ertiga mencatatkan angka penjualan sebanyak 11.169 unit (wholesales). yang turun 0,9% bila dibandingkan tahun sebelumnya di angka 11.410 unit (entah mengapa Suzuki tidak memberikan angka penjualan ritel untuk Suzuki Ertiga).

Suzuki Carry pick-up pada tahun 2022 berhasil menguasai 52% market share di kategori kendaraan niaga ringan jenis mini pick-up. Dimana total penjualannya mencetak angka 99.992 unit. Pada kategori kendaraan niaga berjenis pick-up secara keseluruhan, market share penjualan ritel Suzuki Carry juga berkontribusi sebagai yang terbesar yaitu 33% dari total penjualan ritel kendaraan niaga jenis pick-up sebanyak 156.271 unit.

Kontribusi Model CBU

Laporan penjualan mobil CBU (Completely Built Up) Suzuki juga menorehkan hasil yang juga positif selama tahun 2022. Suzuki berhasil menjual 5.785 unit CBU secara ritel di tahun 2022. Itu berarti bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya ada peningkatan sebanyak 4%. Suzuki S-Presso dan Suzuki Baleno menjadi kontributor utama terhadap peningkatan penjualan CBU Suzuki. Dengan angka wholesales sebanyak 2298 unit (S-Presso) dan Baleno 169 unit.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan secara ritel mengalami peningkatan untuk ketiga unit kebanggaan Suzuki tersebut. Bahkan, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya selama tahun 2022, di bulan Desember ini Carry berikan catatan penjualan tertinggi di tahun 2022. Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60%, kemudian disusul oleh XL7 yang berkontribusi sebesar 18% dan ketiga adalah Ertiga yang berkontribusi sebesar 12%. Dengan adanya pencapaian penjualan ini, kami ingin berterima kasih kepada pelanggan setia Suzuki yang mempercayakan mobil Suzuki untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” terang Randy R. Murdoko selaku Asst. to Dept. Head dari 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales.

Read Prev:
Read Next: