Master Rem Brembo Bermasalah, Pabrikan Moge Recall Massal

by  in Aprilia&Berita&Ducati
Master Rem Brembo Bermasalah, Pabrikan Moge Recall Massal
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian menggunakan sebuah moge yang sudah keren, dengan kaki – kaki gambot, maka salah satu bagian yang juga akan kalian permanis adalah bagian kaliper rem-nya. Menggunakan kaliper dari produsen terkenal seperti Brembo memang punya nilai ‘prestige’ tersendiri. Namun kali ini nampaknya menggunakan produk Brembo bisa membuat motor kalian di-recall.

Yap, jika di segmen roda empat ada Takata yang bermasalah sehingga menyebabkan cukup banyak merk mobil melakukan recall, maka di segmen roda dua kali ini ada Brembo yang bermasalah. Ya, walaupun tak sampai menyebabkan kematian seperti kasus takata, namun pada prakteknya, masalah pada komponen rem akan berakibat fatal, terlebih lagi yang menggunakan komponen ini adalah moge alias motor berkubikasi besar, yang sudah jelas punya tenaga dan torsi yang mengerikan. Kasus ini sendiri merupakah hasil temuan dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

NHTSA menemukan bahwa silinder master rem dari Brembo beserta dengan cover-nya untuk sisi pengereman depan memiliki masalah. piston dari silinder master rem depan produksi Brembo ini terbuat dari plastik dan memungkinkan untuk pecah dan rusak sesaat setelah motor melakukan hard-braking. Tentunya kondisi ini bisa sangat mengerikan saat motor berada di kecepatan yang tinggi. Oleh karena itu, pihak NHTSA menghimbau pabrikan untuk melakukan recall pada produk – produk yang terdampak. Sejauh ini, sudah ada dua pabrikan yang mengumumkan produk-nya menggunakan komponen tersebut dan harus di-recall.

Kedua pabrikan tersebut adalah Ducati dan Aprilia. Untuk motor yang terkena dampak sendiri sebenanrnya cukup banyak. Dari sisi Ducati ada beberap produk lansiran tahun 2015 hingga 2018, antara lain adalah Ducati 1299 Panigale, Ducati Panigale R, Ducati Monster 1200, Ducati Multistrada 1200, Ducati Multistrada 1260, Ducati XDiavel S, dan Ducati Scrambler 800 CafeRacer. Sedangkan dari pihak Aprilia ada Aprilia RSV4 lansiran tahun 2107 kemarin dan Aprilia Tuono 1100 lansiran tahun yang sama. Produk Brembo yang bermasalah ini merupakan model PR16 yang dipadukan dengan kaliper Brembo M50.

Masalah utamanya seperti yang kami katakan adalah karena penggunaan bahan plastik polyphenylene sulphide pada silinder master yang akan pecah dan rusak saat penggunaan yang berat, seperti saat melakukan balapan contohnya, atau saat sistem ABS dari rem terus terusan bekerja. Recall ini sendiri akan menganti komponen dengan bahan aluminium mulai 15 Februari 2018 mendatang. Walaupun begitu, sebenarnya produk Brembo tak hanya digunakan kedua merk ini saja, namun juga banyak pabrikan lain seperti KTM, Kawasaki, Triumph dan banyak pabrikan lainnya. Akankah pabrikan lain menyusul? Kita nantikan saja.

Read Prev:
Read Next: