Aprilia Shiver 900, Untuk Bersenang-Senang!

by  in Aprilia&Motor Baru
Aprilia Shiver 900, Untuk Bersenang-Senang!
0  komentar

Autonetmagz.com – Mungkin kalian mengenal pabrikan motor Italia ini dari kiprahnya pada balap motor paling bergengsi di Dunia, yaitu MotoGP. Atau kamu sudah mengenal pabrikan ini dari model-modelnya yang terkenal seperti RSV4 atau Shiver? Jika anda mengenal Aprilia lewat cara yang kedua, berarti berita ini membawa kabar baik untukmu. Pada Jum’at (11/10) lalu, PT Piaggio Indonesia selaku ATPM dari Aprilia di Tanah Air, resmi memperkenalkan naked-bike teranyar mereka yaitu Aprilia Shiver 900. Menjadi model yang masuksecara resmi menemani RSV4, apa yang membuat motor ini spesial?

Pertama dari desainnya yang memang menguatkan kesan naked-bike tanpa menghilangkan sisi sporti Aprilia. Bagian depannya memang tidak terlalu mencolok, lampu yang simpel, suspensi Kayaba upside down yang berkelir hitam, dan double disc brake yang kaliper-nya bukan Brembo seperti RSV4. Namun jika melihat dari samping, aura Aprilia makin kuat dengan ciri khas nama Aprilia terpampang jelas pada bagian tangki bensin. Sasis kombinasi tubular baja dengan pelat alumunium yang diklaim lebih ringan namun rigiditas tetap dipertahankan, juga terlihat jelas karena menggunakan kombinasi warna abu-abu dan juga merah.

Jika kalian bingung kenapa suspensi monoshock belakang ditempatkan di sisi kanan bukan di tengah bawah jok pengendara, itu karena sistem exhaust yang masih mempertahankan gaya undertail sehingga piping-nya berada tepat di bawah pengendara Shiver 900 ini. Omong-omong soal exhaust, bagian tersebut bisa dibilang unik karena exhaust tips-nya seakan tertutup plat layaknya klep mesin.

Usut punya usut, Yudi Riswanto selaku Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia mengatakan bahwa desain knalpot tersebut memiliki fungsi agar buangan emisi dari motor tidak mengganggu pengendara di belakangnya karena memiliki posisi yang tinggi. Benar saja, buangan emisinya ternyata diarahkan ke samping dan dipecah sehingga tidak mengganggu pengendara lain disampingnya. Namun sayang suaranya jadi kurang gahar euy! Sekadar informasi, Aprilia yang satu ini masih enak untuk dibawa oleh seseorang yang memiliki postur 168 cm ke atas.

Berlanjut ke teknologi yang tersemat pada Shiver 900 ini, ada layar TFT full-colour berukuran 4,3-inci yang dapat menunjukkan sistem navigasi, rev counter, speedometer, temperatur pendingin dan temperatur udara. Seperti halnya Vespa GTS SuperTech 300, Shiver 900 juga sudah diberikan fitur APRILIA MIA via V4-MP app yang cara kerja serta fiturnya persis Vespa MIA.

Pembaruan fitur keselamatan juga meningkat berkat two-channel ABS. Untuk mesin 900cc-nya yang berkonfigurasi V-twin ini dilengkapi dengan empat valve timing, dual overhead cam, liquid cooling, dan jarak sudut silinder sebesar 90 derajat. Di atas kertas, mesinnya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 95 hp dengan torsi 90 Nm.

Melihat model serta spesifikasi yang tidak main-main, apakah anda mulai tertarik untuk meminang motor ini? Jika iya, maka siapkan dana sebesar Rp 560 juta untuk menebus motor ini secara on the road. Reasonable memang untuk performa serta teknologi yang ditawarkan pada motor ini, terlebih dengan harga segitu kita mendapatkan ragam aksesoris seperti Akrapovic exhaust orisinil, frame slider, hingga spion aluminium pun bisa langsung didapatkan.

Sayang untuk saat ini warna yang tersedia masih challenging red saja, untuk innovation dark dan hi tech silver masih harus inden langsung dari Italia. Jadi bagaimana menurutmu naked-bike Aprilia Shiver 900 asli Italia ini? Berikan opini kalian pada kolom komentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: