Ducati Desmosedici Stradale Siap Hadapi Kawasaki Ninja H2

by  in Berita&Ducati&International
Ducati Desmosedici Stradale Siap Hadapi Kawasaki Ninja H2
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian penyuka kuda besi bertenaga besar? Jika iya, maka kalian pasti tak asing dengan Kawasaki Ninja H2. Ya, motor gede ini cukup fenomenal berkat penggunaan induksi paksa berupa supercharger  pada mesin berkubikasi 998cc miliknya. Namun kami tak akan membahas perkara Kawasaki kali ini, namun sebuah motor dengan mesin yang memiliki potensi setara dengan Kawasaki Ninja H2, dan motor ini hadir dari benua Eropa, yaitu dari brand Ducati.

Kalau kita bicara motor kencang dari merk Ducati, maka sebuah kata yang paling kita ingat adalah Panigale. Seri Ducati Panigale telah menjelman menjadi ikon untuk motor kencang Ducati. Namun seperti yang kita tahun, tahun 2017 ini adalah tahun terakhir dari mesin V-Twin Panigale, dan edisi pamungkas pun sempat kami beritakan beberapa bulan lalu. Nah, kini sang suksesor telah menunjukkan dirinya, meneruskan kesuksesan seri Panigale, inilah seri Ducati Desmosedici Stradale.

Ducati Desmosedici Stradale sendiri memiliki kapasitas 1.103cc dengan model tegak 90 derajat berkonfigurasi V4 yang tenaga maksimalnya diklaim mampu menembus angka 210 dk alias serupa dengan Kawasaki Ninja H2, wow. Namun torsi dari mesin ini masih di bawah Kawasaki Ninja H2, yaitu di angka 120 Nm, sedangkan kompetitor dari geng hijau memiliki torsi 140 Nm. Namun tentunya pengembangan mesin Ducati Desmosedici Stradale sendiri cukup menarik karena selain kencang, mesin ini pun juga ramah lingkungan dengan sudah lulusnya mesin ini pada standar Euro IV.

Lalu, motor apa yang akan menggunakan mesin Ducati Desmosedici Stradale ini? Jawabannya adalah Ducati Panigale V4 yang baru akan diperkenalkan pada EICMA di Milan pada 5 november 2017 mendatang. Latar belakang pengembangan Ducati Desmosedici Stradale ini sendiri merupakan turunan dari mesin DesmosediciGP yang digunakan oleh Andrea Dovisioso dan Jorge Lorenzo di MotoGP. Mesini ini pun diklaim cocok untuk digeber di trek balap, namun juga masuk jika digunakan di jalanan umum untuk keperluan harian. Karakter mesin dari Ducati Desmosedici Stradale sendiri lebih galak di putaran bawah hingga menengah.

Selain motor street legal, Ducati Desmosedici Stradale juga akan digunakan pada versi R dari Ducati Panigale V4, dimana motor ini hanya akan digunakan untuk kebutuhan trek saja. Mesin pada versi R ini sendiri juga akan digunakan sebagai mesin utama pada ajang WSBK pada tahun 2019 mendatang. Mesin ini pula menjadi kolaborasi awal dari divisi Ducati Corse dengan tim pengembangan motor untuk produksi massal yang sekaligus memberikan bukti bahwa instrumen balap dapat diaplikasikan pada motor produksi. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapatmu.

Read Prev:
Read Next: