Maserati Umumkan Mesin V6 Twin Turbo demi Gantikan V8

Maserati Umumkan Mesin V6 Twin Turbo demi Gantikan V8
0  komentar

AutonetMagz.com – Selama bertahun-tahun Maserati selalu hadir di bawah bayangan Ferrari, selangkah demi selangkah mereka mulai mencari diferensiasi sendiri supaya tidak dianggap versi pahe dari kuda jingkrak Italia. Melalui pembuatan supercar baru Maserati MC20, Trisula ini ingin bangkit. Maserati jarang bicara banyak soal MC20, nampaknya supaya semuanya disetel dengan tepat sembari tipis-tipis diperlihatkan prototipenya ke publik.

Maserati sendiri sempat bilang kalau MC20 bukanlah penerus mantan flagship Maserati, MC12 Stradale. Untuk posisi itu, Maserati nanti punya model sendiri yang dikaitkan dengan Stirling Moss meski basisnya tetap pakai MC20, sehingga MC20 biasa akan jadi supercar reguler. Nah, hal terbaru yang bocor dari Automotive News adalah bahwa Maserati akan memakai mesin 3.000 cc V6 twin turbo bertenaga 550 PS untuk menggantikan mesin V8 eks Ferrari yang selama ini mereka pakai.

Karena Maserati sudah tidak mau pakai mesin Ferrari lagi, mesin V6 twin turbo ini nampaknya merupakan mesin buatan Maserati sendiri. Selain Maserati MC20 yang siap pakai mesin V6 twin turbo ini, nampaknya Maserati lain seperti GranTurismo dan GranCabrio versi baru juga bakal menggunakannya. Jangan lupa juga soal sedan besar Maserati Quattroporte dan SUV Maserati Levante, konon mereka juga akan pakai mesin V6 tadi dengan tenaga masing-masing 530 PS dan 580 PS.

Beranjak ke model lain, Maserati juga tengah membangun sebuah SUV kecil yang akan dibangun berdampingan dengan Alfa Romeo Stelvio dengan tenaga 530 PS. Belum diketahui apakah Maserati juga minat bikin SUV yang lebih kecil lagi berbasis Alfa Romeo Tonale, tapi kita lihat saja nanti. Selain mesin V6 twin turbo baru, Maserati juga ingin mengembangkan Ghibli dengan teknologi hybrid. Betul, Ghibli akan jadi Maserati pertama yang berteknologi hybrid.

Mesin hybrid macam apa yang mau dipakai Maserati Ghibli? Well, konon katanya adalah mesin 2.000 cc turbo plus motor listrik, dan mesin 2.000 cc-nya adalah mesin dari famili FCA seperti Alfa Romeo dan Jeep. Oh ya, Maserati Indonesia juga akan meluncurkan SUV super mereka, yakni Maserati Levante Trofeo pada akhir bulan ini. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: