Eurokars Siap Bangun Pusat Perakitan Mazda di Indonesia!

by  in  Berita & Mazda & Merek Mobil
Eurokars Siap Bangun Pusat Perakitan Mazda di Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mazda di Indonesia, akhirnya mengumumkan untuk mendirikan Pusat Perakitan di Indonesia. Pembangunan fasilitas ini menandakan babak baru dari kemitraan antara Mazda Motor Corporation (MC) dan PT EMI. Pembangunan fasilitas ini juga mencerminkan komitmen kedua perusahaan (MC dan PT EMI) untuk terus berkembang dan berinovasi di dalam negeri.

Situasi di Pabrik Mazda (ilustrasi)

Berlokasi di Jawa Barat

Pusat Perakitan Mazda di Indonesia rencananya berlokasi di Jawa Barat. Prediksi kami, plant ini akan dibangun di Cikarang atau Karawang. PT EMI memperkirakan compact crossover akan menjadi kategori segmen utama yang diproduksi di fasilitas ini. Apalagi kategori pada segmen ini merupakan salah satu yang terlaris Indonesia. Bisa jadi, Mazda akan memproduksi back bone penjualannya seperti Mazda CX-3 dan CX-5. Pasti harganya akan semakin worth it!

Latar belakang didirikannya Pusat Perakitan Mazda di Indonesia didasari oleh pemahaman positif Mazda Corp. terhadap potensi pasar otomotif Indonesia. Untuk menandai komitmennya menjadi perpanjangan tangan Mazda Corp. yang andal, PT EMI mengalokasikan sekitar Rp 400 miliar untuk persiapan proyek secara keseluruhan. Mazda juga berupaya untuk menjadi pemain kunci dalam menggerakkan industri otomotif dan perekonomian di Indonesia.

Tonggak Sejarah Signifikan

Ricky Thio selaku Managing Director, PT Eurokars Produksi Pratama (EPP) mengatakan “Kami merasa terhormat karena telah diberikan kepercayaan oleh Mazda Motor Corporation, untuk membangun Pusat Perakitan di Indonesia. Pembangunan fasilitas ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi kami, dalam memenuhi permintaan pelanggan Mazda di Indonesia, dengan lebih efisien dan efektif. Kami berkomitmen untuk dapat mempertahankan standar kualitas kendaraan Mazda yang dirakit secara lokal bagi pelanggan di Indonesia, agar hadir dengan kualitas yang setara dengan kendaraan yang dirakit sepenuhnya di Jepang (Completely Built Up).

Sebelumnya, Mazda juga pernah merakit mobil-mobilnya secara CKD pada 1990-an dengan PT. National Motors dibawah naungan Indomobil. Adapun mobil-mobil yang dirakit adalah Mazda Vantrend, Mazda Familia, Mazda MR 90, Mazda E2000, dan lain-lain.

Read Prev:
Read Next: