SIS : Peluang Rakit Lokal Jimny Masih Terbuka

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
SIS : Peluang Rakit Lokal Jimny Masih Terbuka
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2020 ini mendandai 1 tahun sudah eksistensi dari Suzuki Jimny generasi terbaru di Indonesia. Walaupun begitu, cerita lama mengenai SUV ladder frame ini masih terus menghantui dari waktu ke waktu. Yap, inden menahun bak menjadi nama tengah dari Suzuki Jimny. Dan jelas saja, solusinya adalah menambah lokasi produksi untuk Suzuki Jimny. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Masih adakah peluang Suzuki Indonesia melokalkan Suzuki Jimny?

Sebenarnya, di GIIAS 2019 silam sudah berhembus gosip mengenai peluang Suzuki Jimny dirakit lokal. Salah satu alasannya karena Suzuki Jimny merupakan komoditas yang dicintai publik global, dan sudah terbukti dengan tingginya permintaan global akan SUV ini. Melokalkan Suzuki Jimny akan memberikan 2 keuntungan bagi Suzuki Indonesia. Pertama, permintaan akan Suzuki Jimny di Indonesia bisa terpenuhi tanpa perlu mengandalkan impor terbatas dari Jepang. Kedua, Suzuki Indonesia memiliki komoditas baru untuk dijual di pasar ekspor, dan jelas bisa menambah devisa negara. Walaupun begitu, Suzuki Indomobil Motor (SIM) tidak bisa begitu saja memproduksi Suzuki Jimny, tentu perlu ada lampu hijau dari prinsipal.

Mengutip informasi via CNN Indonesia,Marketing Director dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS – Agen Pemegang Merk Suzuki di Indonesia), Donny Saputra menyatakan bahwa pihak Suzuki Indomobil Motor (SIM – Produsen Mobil Suzuki di Indonesia) sudah berniat untuk memproduksi lokal Suzuki Jimny. Bahkan, beliau menyebutkan bahwa pengajuan ijin produksi ke prinsipal Suzuki di Jepang sudah disampaikan sejak 2 tahun lalu, alias sejak sebelum kehadiran New Suzuki Jimny di Indonesia. Hanya saja, Donny enggan menjelaskan mengenai status pengajuan produksi tersebut saat ini. Pihak SIS sendiri menyatakan bahwa sudah menghentikan keran inden Suzuki Jimny per September 2019 silam.

Praktis, Suzuki Jimny hanya dijual secara resmi dalam tempo 2 bulan saja sejak peluncurannya. Dan hingga detik ini, masih ada antrian panjang peminatnya di Indonesia. Yang menarik, saat Suzuki Indonesia masih menunggu kepastian peluang mereka memproduksi Suzuki Jimny, Maruti Suzuki malah sudah mencoba memproduksinya. Patut kalian garis bawahi, Maruti Suzuki belum memproduksi Suzuki Jimny, masih sebatas uji coba saja. Namun, jikalau sudah ada uji coba, maka tentu sudah ada arah yang jelas. Sebenarnya, peluang Suzuki Jimny diproduksi lokal di Indonesia lumayan tinggi menurut kami. Satu komponen penting mobil ini yaitu mesin K15B diproduksi lokal di Indonesia.

Bahkan, Suzuki juga mengekspor mesin K15B untuk digunakan oleh Maruti Suzuki pada Suzuki Ertiga versi India. Jadi, kita nantikan saja kelanjutannya. Yang jelas, kami berharap Suzuki Jimny bisa dirakit lokal. Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: