Inden Suzuki Jimny di Jepang Sampai 2 Tahun, Suplai Ke Indonesia Aman!

Inden Suzuki Jimny di Jepang Sampai 2 Tahun, Suplai Ke Indonesia Aman!
0  komentar

AutonetMagz.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM dari Suzuki di tanah air telah meluncurkan sosok Suzuki Jimny di Indonesia pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 kemarin. Nah, publik tanah air sendiri terbilang cukup beruntung karena bisa mendapatkan unit Suzuki Jimny, walau jumlahnya tidaklah banyak. Karena, di Jepang saja, bagi para peminat Suzuki Jimny harus menunggu antara 1,5 tahun hingga 2 tahun untuk mendapatkan unit dari SUV kompak legendaris ini.

Mengutip informasi via Best Car Web, masa penantian para calon pemilik Suzuki Jimny di Jepang nyatanya masih cukup panjang walaupun mobil ini sudah berusia 1 tahun. Untuk unit Suzuki Jimny yang masuk di segmen kei car, ada waktu tunggu selama 8 bulan hingga 1 tahun. Sedangkan untuk unit Suzuki Jimny Sierra yang notabene merupakan unit yang dijual di Indonesia, waktu indennya mencapai 1,5 hingga 2 tahun. Sumber menyebutkan bahwa Suzuki Jimny Sierra yang dijual untuk pasar ekspor saja kini sudah terpesan sebanyak 15.000 unit banyaknya. Angka tersebut jauh diatas kapasitas produksi yang dimiliki oleh Suzuki.

Mengacu pada data produksi Suzuki Jimny Sierra pada tahun 2018 silam, Suzuki hanya memproduksi sebanyak 3669 unit Suzuki Jimny Sierra dalam tempo waktu 6 bulan (Juli 2018 hingga Desember 2018). Jika dirata – rata, per bulannya Suzuki Jimny Sierra diproduksi sebanyak 612 unit saja. Bandingkan dengan Suzuki Jimny bermesin kecil yang mampu diproduksi sebanyak 14.444 unit di periode yang sama. Nah, untuk tahun 2019 ini, pihak Suzuki sudah meningkatkan produksi untuk Suzuki Jimny, baik versi kei car maupun Sierra. Dari 7 bulan pertama tahun 2019 ini, Suzuki Jimny sudah diproduksi sebanyak 18.956 unit, sedangkan versi Sierra sebanyak 7..095 unit.

Rata – rata produksi dari Suzuki Jimny Sierra pun naik menjadi 1.013 unit per bulannya. Lantas, bagaimana dengan pasar Indonesia? Bagaimana dengan antusiasme tinggi dari publik Tanah air pada sosok Suzuki Jimny? Tenang saja, walau di batch pertama seluruh unit Suzuki Jimny sudah habis (Kurang lebih 55 unit), namun sumber internal kami memastikan bahwa pasokan untuk Suzuki Jimny Indonesia masih akan terus berjalan. Kabarnya, ada sebanyak 50 unit Suzuki Jimny yang disediakan khusus untuk pasar Indonesia per bulannya. Memang, angkanya tergolong kecil, namun bisa dipastikan pasokan dan unitnya akan terus ada jikalau kalian ingin meminangnya.

Sejauh ini belum ada informasi resmi mengenai lama inden dari Suzuki Jimny di Indonesia. Suzuki di Jepang juga sedang berusaha untuk mempersingkat masa inden disana pada akhir 2019 ini. Jadi, semoga nantinya unit di Indonesia juga bisa tersuplai dengan baik. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: