Manisnya Pajak Baru : Sedan Toyota Turun Harga Ratusan Juta Rupiah!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Manisnya Pajak Baru : Sedan Toyota Turun Harga Ratusan Juta Rupiah!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai orang yang hidup di Indonesia, kira – kira apa stigma paling umum yang sering muncul di benak kalian saat kami menyebut ‘Sedan’? Pendek, sempit, sporty? Mungkin iya, tapi ada sebuah stigma yang sudah dibangun untuk segmen sedan sejak puluhan tahun lalu, yaitu ‘Mahal’. Bukan karena mobilnya lebih mahal dari model lain, namun karena Pemerintah Indonesia yang melabelinya sebagai barang mewah sehingga pajaknya dibuat berbeda. Dan hadirnya PP no 73 tahun 2019 membuat posisi sedan kembali sebagaimana mestinya. Dan hasilnya, harga jual sedan – sedan di Indonesia langsung terkoreksi, termasuk sedan – sedan dari Toyota. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Vios Belum Diupdate, Altis Turun Puluhan Juta!

Jadi, per tanggal 16 Oktober 2021 kemarin, Pemerintah Indonesia resmi memberlakukan skema pajak PPnBM baru untuk mobil yang dijual di Indonesia. Dan kini, skema PPnBM tidak didasarkan bodytipe ataupun sistem gerak, melainkan dari emisi gas buang, dan efisiensi bahan bakar. Nah, Toyota sendiri merupakan brand Jepang yang konsisten menjual sedan – sedan mereka hingga detik ini, sama halnya seperti Honda dan Mazda. Di kubu Toyota, ada 4 model sedan yang cukup kita kenal. Pertama ada Toyota Corolla Altis, lalu ada Toyota Vios, Toyota Camry, dan mobil sport mereka, Toyota GR Supra. Dengan skema pajak baru, keempat mobil ini mendapatkan koreksi harga yang tidak tanggung tanggung, mulai puluhan bahkan ratusan juta Rupiah. Oke, kita akan kupas satu per satu, dimulai dari model yang paling terjangkau oleh orang banyak. Yap, Toyota Limo Vios.

Toyota Vios sendiri pada tahun ini sudah mendapatkan banyak keistimewaan karena menjadi satu – satunya model sedan sub-kompak yang mendapatkan relaksasi PPnBM 100%. Dan karena PPnBM mobil ini besar, maka angka relaksasinya pun cukup besar. Lalu, berapa harga baru dari Toyota Vios? Eits, ternyata belum berubah. Nampaknya ada beberapa turunan peraturan terkait LCGC dan mobil terdaftar program relaksasi PPnBM yang belum selesai. Alhasil, harga Toyota Vios tidak berubah di pricelist terbaru Toyota. Produk berikutnya adalah Toyota Corolla Altis. Sedan kompak ini sebelumnya dipasarkan dengan harga mulai 495,95 jutaan Rupiah. Kini, harganya terkoreksi dan dipasarkan mulai 438,3 jutaan Rupiah. Terkoreksi 60 jutaan lebih, dan berlaku untuk varian G dan V. Khusus untuk varian Hybrid mendapatkan penurunan pajak yang lebih besar, sehingga harga yang awalnya ada di 595,6 jutaan Rupiah terkoreksi sebesar 89 jutaan Rupiah menjadi 506,3 jutaan Rupiah. Menarique kan? Nampaknya ini adalah saat yang baik untuk membeli sedan (lagi).

Camry & Supra Turun Ratusan Juta!

Belum selesai sampai disana, sedan medium Toyota yaitu Toyota Camry juga tidak ketinggalan. Mobil yang lekat dengan status sebagai kendaraan dinas pejabat ini sebelumnya dipasarkan mulai 649,2 jutaan Rupiah. Kini, dengan adanya skema baru, harga Toyota Camry dimulai dari 594,6 jutaan Rupiah, alias turun hampir 55 jutaan rupiah. Penurunan itu berlaku untuk varian G dan V saja. Sedangkan penurunan varian Hybrid juga tidak kalah signifikan dibandingkan Toyota Corolla Altis. Toyota Camry Hybrid sebelumnya dibanderol 849,5 jutaan Rupiah, dan kini turun siginifikan ke angka 720,8 jutaan Rupiah. Yap, turun hampir 129 jutaan Rupiah. Sebuah angka yang setara dengan membeli sebuah mobil seken. Tentunya ini kabar gembira untuk para pejabat yang ingin mengganti kendaraan dinas mereka, kalau ‘rusak’. Dan yang paling super datang dari koreksi harga Toyota GR Supra. Mobil yang telah diluncurkan 2 tahun lalu ini sebenarnya dibanderol 2,211 Milyar Rupiah minggu lalu. Namun, kini harga jual Toyota GR Supra turun ke angka 2 Milyar lebih 13 juta Rupiah saja. Turun 198 jutaan Rupiah!

Sebenarnya, masih ada 1 model sedan lain yang dimiliki oleh Toyota, yaitu Toyota 86. Namun, kalau kami perhatikan, harga jualn mobil ini tetap bertahan di 830 jutaan Rupiah, tidak terkoreksi sama sekali. Kami akan mencoba mencari informasi mengenai hal ini ke pihak Toyota Astra Motor. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: