Lexus NX450h+ : Mulai Garap Segmen Plug-in Hybrid

by  in Berita&International&Lexus
Lexus NX450h+ : Mulai Garap Segmen Plug-in Hybrid
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara mobil ramah lingkungan, sebenarnya ada sangat banyak teknologi yang berkembang saat ini. Mulai dari teknologi mild hybrid, hybrid, fuel cell, plug-in hybrid hingga BEV. Nah, salah satu yang paling menarik dan realistis saat ini adalah plug-in hybrid alias PHEV. Mengapa? Karena PHEV persis berada di tengah – tengah antara mobil ICE dan mobil BEV. Isi bensin iya, namun charging pun iya. Sehingga, mulai mengubah habit pengguna dari sekedar isi bensin menjadi ikut mengisi daya.

Dan pihak Lexus pun nampaknya menyadari hal ini, serta bersiap untuk mulai menggarap segmen plug-in hybrid. Hal ini dibuktikan dengan munculnya paten nama produk baru Lexus untuk pasar Eropa. Produk tersebut bernama Lexus NX450h+. Nah, kalau kalian hafal nomenklatur dari Lexus, maka kalian tentu tahu bahwa huruf di belakang nomor seri sebuah model menunjukkan teknologi yang diusung. Untuk huruf ‘h’ menggambarkan penggunaan teknologi Hybrid, lantas bagaimana dengan huruf ‘h+’? Kecurigaan kami merujuk pada teknologi plug-in hybrid. Selain itu, nampaknya Lexus NX450h+ juga baru akan muncul di generasi terbaru dari Lexus NX.

Kalau mengacu pada roadmap produk baru Lexus yang bocor bulan lalu, maka harusnya generasi terbaru dari Lexus NX akan hadir di tahun 2021 mendatang. Dalam bocoran tersebut, disebutkan bahwa Lexus NX generasi terbaru akan dibangun dengan basis TNGA-K. Artinya, Lexus NX masih akan tetap sebasis dengan Toyota RAV4 dan Toyota Camry seperti versi yang ada saat ini. Dalam bocoran tersebut, Lexus NX generasi terbaru kabarnya juga akan memiliki 5 opsi mesin yang berbeda, dimana bisa saja salah satunya adalah mesin berteknologi plug-in hybrid. Lantas, teknologi PHEV seperti apa yang akan digunakan di mobil ini?

Sebenarnya cukup mudah menebaknya, karena Lexus NX450h+ akan menggunakan TNGA-K, maka kita tinggal melihat produk dengan basis yang sama dan sudah menerapkan teknologi PHEV. Dan produk yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah Toyota RAV4 Prime. Kalau mengacu pada spesifikasi Toyota RAV4 Prime, maka konfigurasi mesinnya adalah 2.500cc Atkinson Cycle 4 silinder dengan 2 buah motor listrik dan baterai lithium ion serta transmisi e-CVT. Perpaduan ini menghasilkan tenaga maksimal mencapai 302 hp, angka yang sudah sangat mumpuni untuk Lexus NX series kan? Btw, kalau diperhatikan, sebenarnya angka 450 tergolong ‘angka besar’ untuk Lexus NX.

Saat ini, angka terbesar dari seri Lexus NX adalah 300. Oiya, selain Lexus NX450h+, ada juga beberapa paten lain seperti Lexus NX350h untuk versi hybrid dan Lexus NX350 serta Lexus NX250. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: