LCGC Suzuki Wagon R Telah di Ekspor ke Pakistan

LCGC Suzuki Wagon R Telah di Ekspor ke Pakistan
0  komentar

Ekspor Suzuki Indonesia Karimun Wagon R ke Pakistan#Jakarta, #AutonetMagz – Suzuki Karimun Wagon R telah lahir sebagai ‘mobi murah terjangkau’ berkat adanya kebijakan pemerintah tahun 2013 lalu mengenai Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi & Harga Terjangkau (KBH2) atau Low Cost Green Car (LCGC). Berkat adanya kebijakan tersebut tanpa disadari telah membawa dampak positif bagi industri otomotif nasional sehingga kini produk kendaraan kian variatif dan kompetitif yang dapat disesuaikan dengan kemampuan daya beli masyarakat Indonesia.

Selain dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri, ternyata produk-produk mobil LCGC ini telah ikut menyumbang pemasukan negara karena sudah berhasil di ekspor ke luar negeri. Setelah sebelumnya PT. Toyota Astra Motor yang pada awal tahun 2014 ini mengekspor Toyota Agya ke Filipina dengan nama Toyota Wigo, kini giliran PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) secara resmi melepas ekspor perdana Suzuki LCGC, Karimun Wagon R dengan tujuan negara Pakistan.

Menteri Perindustrian RI Mohamad S Hidayat melepas ekspor mobil LCGC Suzuki Karimun Wagon R ke Pakistan

Sebanyak 1.200 unit Karimun Wagon R telah dikirim ke Pakistan dalam keadaan terurai (Full CKD/Completely Knocked-Down) pada pertengahan minggu ini, tepatnya Kamis (5/6) lalu. Acara “Suzuki LCGC Export to Pakistan” di Pabrik Suzuki Roda Empat, Tambun 2 Plant – Bekasi, Jawa Barat ini selain dihadiri oleh Presiden Direktur Suzuki Mr. Shuji Oishi dan jajaran petinggi Suzuki lainnya, turut hadir pula Menteri Perindustrian RI, bapak Mohamad S. Hidayat dan perwakilan kedutaan Jepang dalam bidang ekonomi yang ikut melepas Wagon R ke Pakistan. Total target ekspor Karimun Wagon R ini sebanyak 20.000 unit per tahun.

Suzuki Karimun Wagon R yang pertama kali diluncurkan pada bulan November 2013 lalu oleh PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), sampai bulan Mei 2014 ini telah terjual sebanyak 13.702 unit di seluruh Indonesia.

Suzuki Karimun Wagon R MPV

Sebagai mobil LCGC, Karimun Wagon R menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor, yakni dalam hal keluasan kabin. Maka tak heran jika produk baru Suzuki Indonesia ini telah berhasil meraih “Best LCGC 2014” dari Tabloid Otomotif.

Produk Karimun sendiri telah hadir di Indonesia sejak tahun 1999 dengan Karimun ‘kotak’ yang telah diakui keunggulannya di pasar dalam negeri. Dengan bekal tersebut, maka Suzuki yakin produknya ini akan diterima baik pula di pasar internasional. Oleh karena itu, dengan dibukanya pasar ekspor dengan negara tujuan awal Pakistan, Karimun Wagon R dapat menjadi produk andalan Suzuki Indonesia yang berkualitas internasional.

Read Prev:
Read Next: