Lanjutkan Langkah Kemitraan, Proton Berniat Rebadge Suzuki Ertiga di Malaysia

Lanjutkan Langkah Kemitraan, Proton Berniat Rebadge Suzuki Ertiga di Malaysia
0  komentar

Proton rebadge ErtigaAutonetMagz.com – Andaikan anda benar-benar cuek atau masa bodoh dengan pabrikan yang satu ini, biar kami ingatkan saja kalau Proton dan Suzuki sudah jadi partner terhitung bulan Juni 2015 kemarin. Artinya, Proton maupun Suzuki punya akses untuk menjamah, mempelajari dan memakai teknologi serta platform satu sama lain untuk mengembangkan mobil mereka masing-masing, dan rupanya bab 1 kerja sama mereka akan ditulis sebentar lagi.

Berdasarkan info dari Kompas, Proton bersiap untuk memasarkan Suzuki Ertiga di Malaysia, tapi bukan memakai logo Suzuki melainkan Proton. Kenapa tidak pakai logo Suzuki saja? Soalnya, menurut sebuah media Jepang, Suzuki akan menghentikan penjualan mereka di Malaysia bulan Juni nanti, dan mobil-mobil Suzuki nanti bisa diservis di dealer Proton Edar juga. Jika Ertiga masuk saat Suzuki sudah hengkang, minimal masih ada yang mau mengurus.

Kembaran Suzuki Ertiga akan dibuat oleh Proton MPV

Sumber Ertiga yang akan dipasarkan di sana bukan dari Maruti Suzuki India, melainkan dari pabrik Suzuki Indonesia di Cikarang. Mulai bulan Mei nanti, akan ada 1.500 unit yang diekspor dari Indonesia ke Malaysia per bulannya, dan diharapkan target 18.000 mobil per tahun bisa tercapai. Soal kapan peluncurannya dan apa saja spesifikasinya dibanding versi Indonesia, Proton masih menyimpannya rapat-rapat.

Kalau kita-kita di sini, mungkin sudah tidak kaget mendengar Ertiga mau dijual pakai logo lain. Bagaimana tidak, di sini kan Ertiga sudah dijual oleh Mazda sebagai Mazda VX-1 yang penjualannya mengenaskan, bahkan bisa dibilang contoh mobil gagal. Awalnya, VX-1 dibuat untuk tahu respons konsumen, bagaimana kalau Mazda ikut main Low MPV, dan hasilnya? Jangankan soal penjualan, saat ditanya ke orang lain saja mungkin bakal ada yang bertanya,”Beneran Ertiga ada versi Mazdanya?” alias sedikit orang yang ngeh.

Mazda VX-1

Jika memang serius, mungkin Proton juga akan mengubah nama Ertiga, seperti saat mereka mengubah nama Mitsubishi Lancer EX menjadi Proton Inspira. Ngomong-ngomong, apa Proton tertarik ya untuk memasarkan mobil mewah masa gitu… Maaf, maksudnya masa kini dari Suzuki (baca : Ertiga Dreza) di sana? Atau tidak, kalau sampai Ertiga spek Malaysia sudah punya ABS di semua tipe di Indonesia, ucapan rumput tetangga lebih hijau tidak akan bisa ditampik oleh Suzuki Indonesia.

Apa pendapatmu mengenai rencana Proton dan Suzuki tersebut? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Yuda48

    apa gak bakal makan exora nih?….
    padahal exora lumayan, berturbo pula..
    cuma ya transmisi campro itu buset deh….

    • ekkyfir

      keliatan nya ga deh, exora keliatan nya lebih bongsor dr ertiga
      nah setuju tuh, exora lumayan lari nya tp transmisi nya itu…

  • Indra

    Ertiga diekspor dari indonesia secara terurai alias CKD, jadi ga impor bulat2 dari sini, dan kemungkinan beberapa aksesoris kayak gril dan bumper bisa berubah seperti model proton lainnya.

    Disana ia jadi lawannya Perodua Alza yg rebadge daihatsu boon luminas (alza adalah mpv terlaris disana) dan jadi adiknya exora.

    Yang diekspor adalah Ertiga standar tanpa Dreza yang mulutnya kayak bibir badut, dan sudah dilengkapi ABS dan airbags (karena disana standar fitu safety mobil sana lebih tinggi dan fitur safety proton memang banyak dibanding mobil jepang disana)

  • Aryo Wicaksono

    ya, selain memang menambah devisa negara, memang desain keseluruhan ertiga pre-facelift bagus kok, jadi tidak malu-maluin dan sangat menguntungkan indonesia.

  • ekkyfir

    “rumput tetangga lebih hijau” itu udh pasti, apa lg yg rebadge proton

  • rs

    Proton kenapa mau jual ertiga?? Padahal sudah ada exora kan…nanti gak jelas pasarnya apalagi kalau misalnya ertiga yang jadi proton dimasukkin ke indonesia, bakal semakin banyak ertiga rebadge selain mazda….atau apakah ertiga yang jadi proton akan menjadi penerus exora??

    • Indra

      Proton ertiga ga akan dijual selain malaysia, hanya untuk konsumsi negara sana, kalo diekspor lagi ya nasibnya kayak mobil cina.

      Btw, suzuki di malaysia seperti chevrolet di indonesia, “merek mewah” yang penjualannya ga sebanyak di thailand (karena celerio dan swift di thai laris) apalgi indonesia, jadi keputusan menutup apm suzuki malaysia bisa jadi tepat utk menghindari kanibalisasi dengan proton, dan salah satunya dealer dan bengkel suzuki akan berubah menjadi proton, lagipula proton malaysia dan apm suzuki sama sama satu grup dibawah drb hicom malaysia

  • Indra

    Proton sebenarnya oleh drb hicom sedang rajin mencari partner pabrikan mobil dunia utk efisiensi produk dan transfer teknologi serta rebadge produk utk konsumsi malaysia, contoh saat proton dulu yg rebadge mitsubishi lancer, eterna, dll kemudian dilanjutkan lagi dengan inspira yg rebadge lancer EX, kemudian honda dengan accord generasi lama yg di rebadge jadi proton perdana yg beda gril tapi hanya untuk mobil dinas pemerintah malaysia (sampai perdana menteri malaysia juga pakai mobil ini tapi versi lobg wheelbase) dan terakhir ya suzuki ini.

    Tapi sebenarnya proton jg punya rencana untuk mengembangkan mesin mesin GDI turbo, menggunakan mesin buatan petronas untuk proton perdana all new (bukan rebadge accord lagi) dan investasi besar besaran dalam R&D teknologi terutama safety

    • Aryo Wicaksono

      analisis yang bagus. memang salah satu cara mencuri desain perusahaan lain ya seperti itu. coba aja indonesia punya merk mobil nasional, aku udah punya daftar desain yang mau dicuri untuk indonesia, nih. 😀

      • farid

        Ya…betul,perusahaan otomotif yg baru berdiri memang kadang gak bisa langsung mengembangkan mobil sendiri,jadi harus transfer teknologi dan rebadge merek dari produk mobil pabrikan yg udah besar biar hemat biaya.ingat buat mengembangkan satu model mobil baru dari sketsa gambar sampai siap diproduksi massal itu anggarannya besar bro…jadi transfer teknologi dan rebadge alias menjiplak adalah suatu hal efektif buat pabrikan kalau mau bikin model mobil baru

  • Always35

    Bakalan jadi lawan sengit nih perodua alza & ertiga “ala proton”~ Exora? Mungkin bakal di repositioning lagi sama proton cmiiw

  • Suzuki lovers

    ganteng banget ya ertiga 1st gen, yg grill nya masih item kayak foto diatas

    • Aryo Wicaksono

      desain masih asli Jepang, Gan, bukan hasil corat-coret perancang dari India atau Indonesia, jadi masih paling bagus dan proporsional.

    • farid

      Ertiga sampai saat ini masih 1st gen bro,yg terlihat berbeda dgn ertiga sekarang yg banyak chrome itu adalah faceliftnya

  • dhie

    FYI suzuki kurang laku di malay, selain harga tinggi dan pajak masuk yang mahal karena hampir semua mobil suzuki di malay adalah CBU even swift dari thailand dan suzuki s-cross diboyong dari hungaria langsung…. suzuki memang sudah berencana untuk bekerja sma dengan proton yg mampu membuat mobil nasional dengan kualitas lumayan tapi dengan pajak dan harga yang murah ada bbrp model yg berncana dijadikan mobil rebadge termasuk alto..sebelumnya proton bekerja sama dengan honda yang me rebadge honda accord (model 2008) menjadi proton perdana baru alias (accordana).. bukan cuma disitu kok, proton sejak awal sudah menggandeng mitsubishi dari awal pembangunannya, sebut sja proton saga model awal 1980-1990 adalah rebadge dari mitsuishi lancer fiore, proton wira adalah rebadge dari mitsubishi lancer 1993, proton satria adlah rebadge dari proton mirage 1993, proton putra adalah rebadge dari mitsu lancer coupe dan yang terakhir ada proton insipra yg betul2 rebadge dari mitsu lancer ex 2010, hanya exora, iriz, waja, persona, dan savvy lah yg betul2 model original proton, even sape sekarag proton masih belajar dari teknologi mitsubishi untuk pembuatan mesin mereka, so kita lihat saja perkembangan kerjasama proton dan suzuki ini, btw ertiga akan berhadapan langsung dengan perodua alza (rebadge daihatsu boon loominas) yang mejadi LMPV 7 seater terlaris di malay ) karena basicnya dan mesin yg serupa perodua myvi (daihastu sirion).

    • Indra

      Ralat : swift malaysia CBU dari jepang, bumpernya beda dengan swift thailand

  • reyhan apriathama

    Di Malaysia rebadge mobil pertama kali itu pas galant lama jd Proton Perdana pake mesin galant 2.0 v6 abis itu inspira dan satu lagi Proton Perdana yang baru pake sasis accord yang lama persis

    • farid

      Salah ente,malah mobil pertama proton ketika mulai produksi massal pada tahun 1985 yaitu proton saga gen1 adalah rebadge dari mitsubishi lancer fiore.tapi saat ini proton lebih mandiri dalam mengembangkan mobil sendiri,contoh mobil asli rancangan proton tanpa rebadge dari mobil pabrikan lain adalah exora,preve,suprima s,dan iriz