Lanjutkan Langkah Kemitraan, Proton Berniat Rebadge Suzuki Ertiga di Malaysia

Lanjutkan Langkah Kemitraan, Proton Berniat Rebadge Suzuki Ertiga di Malaysia
0  komentar

Proton rebadge ErtigaAutonetMagz.com – Andaikan anda benar-benar cuek atau masa bodoh dengan pabrikan yang satu ini, biar kami ingatkan saja kalau Proton dan Suzuki sudah jadi partner terhitung bulan Juni 2015 kemarin. Artinya, Proton maupun Suzuki punya akses untuk menjamah, mempelajari dan memakai teknologi serta platform satu sama lain untuk mengembangkan mobil mereka masing-masing, dan rupanya bab 1 kerja sama mereka akan ditulis sebentar lagi.

Berdasarkan info dari Kompas, Proton bersiap untuk memasarkan Suzuki Ertiga di Malaysia, tapi bukan memakai logo Suzuki melainkan Proton. Kenapa tidak pakai logo Suzuki saja? Soalnya, menurut sebuah media Jepang, Suzuki akan menghentikan penjualan mereka di Malaysia bulan Juni nanti, dan mobil-mobil Suzuki nanti bisa diservis di dealer Proton Edar juga. Jika Ertiga masuk saat Suzuki sudah hengkang, minimal masih ada yang mau mengurus.

Kembaran Suzuki Ertiga akan dibuat oleh Proton MPV

Sumber Ertiga yang akan dipasarkan di sana bukan dari Maruti Suzuki India, melainkan dari pabrik Suzuki Indonesia di Cikarang. Mulai bulan Mei nanti, akan ada 1.500 unit yang diekspor dari Indonesia ke Malaysia per bulannya, dan diharapkan target 18.000 mobil per tahun bisa tercapai. Soal kapan peluncurannya dan apa saja spesifikasinya dibanding versi Indonesia, Proton masih menyimpannya rapat-rapat.

Kalau kita-kita di sini, mungkin sudah tidak kaget mendengar Ertiga mau dijual pakai logo lain. Bagaimana tidak, di sini kan Ertiga sudah dijual oleh Mazda sebagai Mazda VX-1 yang penjualannya mengenaskan, bahkan bisa dibilang contoh mobil gagal. Awalnya, VX-1 dibuat untuk tahu respons konsumen, bagaimana kalau Mazda ikut main Low MPV, dan hasilnya? Jangankan soal penjualan, saat ditanya ke orang lain saja mungkin bakal ada yang bertanya,”Beneran Ertiga ada versi Mazdanya?” alias sedikit orang yang ngeh.

Mazda VX-1

Jika memang serius, mungkin Proton juga akan mengubah nama Ertiga, seperti saat mereka mengubah nama Mitsubishi Lancer EX menjadi Proton Inspira. Ngomong-ngomong, apa Proton tertarik ya untuk memasarkan mobil mewah masa gitu… Maaf, maksudnya masa kini dari Suzuki (baca : Ertiga Dreza) di sana? Atau tidak, kalau sampai Ertiga spek Malaysia sudah punya ABS di semua tipe di Indonesia, ucapan rumput tetangga lebih hijau tidak akan bisa ditampik oleh Suzuki Indonesia.

Apa pendapatmu mengenai rencana Proton dan Suzuki tersebut? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: