Kenapa Mesin K14B SuzukI Ertiga Facelift 2015 Tenaganya Turun? Ini Penjelasannya!

by  in Mobil Baru&Nasional&Suzuki
Kenapa Mesin K14B SuzukI Ertiga Facelift 2015 Tenaganya Turun? Ini Penjelasannya!
0  komentar

Mesin-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Jakarta, AutonetMagz – Mungkin anda kecewa berat ketika mengetahui bahwa mesin Suzuki Ertiga Facelift terbaru akan mengalami penurunan tenaga dari 95 Ps menjadi 92 Ps. Lucunya lagi, kedua mesin ini mendapatkan torsi yang sama dan tenaga puncak di Rpm yang sama dibandingkan dengan model sebelumnya. Lantas kenapa harus diturunkan?

Kami juga menanyakan hal yang sama terhadap penurunan tenaga tersebut, pasalanya, Mesin K14B Suzuki Ertiga sebenarnya tanpa ubahan apapun sudah sangat memuaskan berdasarkan hasil tes kami. Mesin K14B merupakan mesin yang memiliki performa bagus, irit, minim getaran dan sangat hening, bahkan kami terkadang tidak sadar bahwa mesin sudah dinyalakan ketika berada di dalam kabin.

Lantas penggunaan mesin yang K14B yang sudah sangat bagus tersebut rasanya sudah lebih dari cukup untuk kelas LMPV dibandingkan dengan mungkin rivalnya yang 1.500 cc ataupun Toyota Avanza yang memiliki tenaga lebih kecil di 92 Ps pada saat itu (kini Avanza baru sudah menjadi 96.5 PS untuk varian 1.300 cc). Mungkin karena mesin kompetitor yang lebih baik seperti Ertiga atau Mobilio, Toyota terpaksa harus mengganti mesin Toyota Avanza saat ini dengan mesin baru agar bisa disejajarkan.

Baca juga : First Impression Review Suzuki Ertiga Facelift 2015

Setir-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Okay, kembali ke persoalan mengapa tenaganya berkurang? Tentu saja ini karena penggunaan mesin K14B generasi terbaru yang disematkan pada Suzuki Ertiga Facelift terbaru yang sudah digunakan pada Suzuki Ciaz di India sebelumnya. Di India, Ciaz merupakan mobil Suzuki Pertama yang menggunakan K14B generasi terbaru yang memiliki perbedaan pada desain cylinder head dan piston baru, serta tuning yang berbeda pada teknologi VVT K14B.

Penggunaan desain dan komponen terbaru tersebut memiliki dampak pada 2 aspek, pertama adalah konsumsi bahan bakar yang lebih irit, kedua mengurangi friksi (gesekan) antara piston dan ruang silinder, sehingga getaran dan suara mesin menjadi lebih halus dibandingkan dengan mesin sebelumnya (lah, yang lama aja sudah halus banget padahal?).

Lebih irit? Kurang lebih seperti itu, penggunaan piston dan cylinder head baru menyebabkan kompresi mesin bertambah dari 1:10 menjadi 1:11. Asiknya, meskipun kompresinya bertambah, menurut beberapa website otomotif India terpercaya, mesin ini masih bisa menggunakan bahan bakar dengan kualitas standar dengan nilai oktan 91, karena di India, nilai oktan paling rendah memiliki nilai oktan 91 saja. Hal ini mengingatkan kita akan teknologi SkyActiv yang dimiliki Mazda, dimana mereka mencoba menaikan kompresi menjadi 1:14 (khusus Indonesia menjadi 1:13), namun masih bisa menggunakan BBM dengan oktan 90 saja.

Kap-Mesin-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015
Secara teori, semakin tinggi kompresi seharusnya menyebabkan tenaga mesin bertambah, namun Suzuki mengambil langkah lain dengan menurunkan tenaga mesin dan menambah kompresi saja, tenaga dan torsi puncaknya juga tidak didapatkan di Rpm yang lebih rendah seperti cara produsen lain membuat mesin baru mereka lebih irit.

Menurut Maruti Suzuki India, mesin baru ini bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit hingga 20.73 kilometer perliter untuk varian manual, dan 19,12 kilometer perliter untuk varian automatic. Irit? Tentu saja, karena sebelumnya mesin K14B hanya mampu menorehkan catatan konsumsi bahan bakar sebesar 16.02 kilometer perliter untuk varian manual, atau lebih irit hampir 30% dibandingkan dengan model sebelumnya.

New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Soal performa, menurut beberapa website India, Mesin K14B yang ada pada Suzuki Ciaz terasa cukup responsif dan tenaganya linear meskipun dibawah 2.000 Rpm terasa kurang, sehingga menurut hasil pengetesan mereka mobil tersebut dapat menyelesaikan 0 ke 100 kilometer perjam dalam 11 detik saja. Nah, Suzuki Ertiga memiliki bobot lebih berat sekitar 150 kilogram dibandingkan dengan Ciaz, mungkin performanya akan lebih pelan sedikit dibandingkan dengan Ciaz.

Dengan improvement yang dilakukan Suzuki terhadap Suzuki Ertiga terbaru ini mungkin saja mereka ingin melakukan campaign dengan menunjukan konsumsi bahan bakar yang lebih baik, namun secara marketing, umumnya masyarakat akan lebih mementingkan tenaga mesin dibandingkan claim konsumsi bahan bakar. Apalagi tenaga mesin yang berkurang akan menjadi pukulan telak bagi para sales kompetitor yang akan mengatakan bahwa tenaga mesin mobil ini lebih rendah 5 PS dibandingkan dengan kompetitor yang lebih kecil 100 cc. Tapi tetap saja sih torsi Ertiga lebih besar 10 Nm. Seperti ibarat kata pepatah “Horsepower win the sales, Torque win the race”, mungkin dengan hadirnya Ertiga Facelift ini, Suzuki harus bekerja lebih keras lagi untuk meyakinkan calon pembeli bahwa produknya lebih bagus dari kompetitor.

Read Prev:
Read Next:
  • kalau ada AC digital mgkn lbh bisa bersaing

    • andhikalady

      ac digital pindah ke suzuki ciaz

  • RF48

    Artikel berkualitas ini kenapa gua udh setia 2 tahun baca autonetmagz

  • pescarolo

    Percaya apa ngga, rata2 konsumen d negara kita ga ngeh dan ga peduli sama angka2 d brosur (kecuali kapasitas mesin) termasuk horsepower dan torsi. Mereka lebih peduli sm harga, diskon/promo, purna jual, rasa berkendara (waktu test drive) yg dikombinasiin sm kondisi lingkungan dan lintasan yg mereka lalui sehari2, fitur, terakhir konsumsi bbm.

    • Luthfi Muamar

      setuju gan… ditambah harga jual kembalinya hehe…

    • petrolhead

      sebagian konsumen akan seperti itu, tapi sekarang semakin tumbuh konsumen yang well educated, kritis dan value for money minded. konsumen tipe ini yg perlu penjelasan lebih detail sperti artikel diatas.
      autonetmagz makin manteb dehh

      • pescarolo

        Sebetulnya bukan masalah well-educated apa ngga, tp lbh k kondisi perekonomian d Indonesia, dan target market lmpv sndiri memang value-oriented yg bikin urutannya kaya gt. Dan bagian value for money itu sangat tricky. Poin2 yg saya sebutin d atas itu value2 yg diperhitungkan waktu milih mobil. Power dan torsi jg termasuk, tp ga akan jd prioritas kalo waktu test drive ga ada keluhan dan purna jual yg oke. Tinggal pinter2nya sales suzuki aja buat framing k customer buat ajak test drive dulu sblm ngomongin spesifikasi teknis. Kalo fitur2, waktu test drive bakal ketauan kok aktualnya customer butuh apa ngga.

      • pescarolo

        Sebetulnya bukan masalah well-educated apa ngga, tp lbh k kondisi perekonomian d Indonesia, dan target market lmpv sndiri memang value-oriented yg bikin urutannya kaya gt. Dan bagian value for money itu sangat tricky. Poin2 yg saya sebutin d atas itu value2 yg diperhitungkan waktu milih mobil. Power dan torsi jg termasuk, tp ga akan jd prioritas kalo waktu test drive ga ada keluhan dan purna jual yg oke. Tinggal pinter2nya sales suzuki aja buat framing k customer buat ajak test drive dulu sblm ngomongin spesifikasi teknis. Kalo fitur2, waktu test drive bakal ketauan kok aktualnya customer butuh apa ngga.

    • tim

      Kalo saya mau beli mbl ngga liat data diatas kertas doang, tpi hrs TD juga.. karena kadang data diatas kertas beda dgn kondisi real di jalan raya..

      • Luthfi Muamar

        betul gan tim, terkadang spesifikasi teknis diatas kertas berbeda dengan kenyataan di lapangan hehe…

  • Hari Susatyo

    secara logika kalo diameter x langkah nggak berubah dan kompresi ditingkatkan akan menghasilkan hp yg lebih tinggi….. hmmm,…. berarti ada yg lain lagi nih yg diubah….

    • betul, tapi kalau fuel supplynya di batasin sama injeksinya (dicekek) ya sama gitu deh….

      • Hari Susatyo

        Itu yg saya maksud. mudah2an sudah diperhitungkan dengan menggunakan bensin ron 88 di Indonesia karena mayoritas pengguna masih menggunakan premium 88. Di India minimum RON 91.

        • Indonesiabaik

          Pake pertalite lah gan, jangan pake premium, itu bensin jaman pemerintahan yg lawas

          • Andy

            Masalahnya di daerah blm ada gan..

          • Firmansyah Mulyana

            masalahnya buat mucat macet kaga worthed pake pertalite apalagi pertamax

          • Indonesiabaik

            Ya pake pertamax aja klo gt

    • petrolhead

      pistonnya dibikin lebih jenong, gan..:-)
      tapi begimane caranya kompresi makin naik tapi tetep ramah ama RON rendah? anti knock sensor buat maju-mundurin pengapian? jadinya emang gak ngelitik sih, tapi gak dapet juga powernya…

      • ju

        belajar dari sky akti, f kompresi sampe 14 gan, kalo teori harusnya pake oktan 95 gan

    • Andhika Rachmat

      Kuncinya ada di penerapan “Atkinson-cycle” mas. Kompresi tinggi disini digunakan buat ngejar efisiensi, bukan ngejar power. Monggo dipelajari konsep kerjanya πŸ™‚

      Kalo dipaksa nelen Premium pun masih gapapa, kan ada knocking sensor… tinggal timing pengapian mundur, asal ga overheat mah gapapa.

  • Tulus Budi

    Nice Artikel…… Nampaknya BC Ga Kuat Nanjak akan dikumandangkan lagi…., sang sales suzuki harus makin kerja keras karena hal ini, salah satunya dengan menawarkan ke konsumen “Monggo Test Drve, dan Rasakan Ertiga lalu silahkan mampir ke diler Honda, Toyota dan Daihatsu….”

  • Sarjono Touring

    udah jelas makin irit nih ertiga krn tenaganya mengecil,yang lama aja tenaganya(performanya) gak sekencang rival nya apalagi yg baru ini tapi kalo soal kons.bbm ertiga bisa diadu lah ama rival yg lain ,seandainya pake cvt kayak celerio pasti lebih irit lagi,vote for ertiga cvt

    • Indonesiabaik

      Malah ga bisa lari ntar klo pake cvt

      • Sarjono Touring

        ini mobil udah terlanjur menjadi mobil passenger oriented bukan driver oriented jadi gapapa kalo pake cvt,beda dgn mobilio dan livina yg driver oriented yg seharusnya gak pake cvt

        • ekkyfir

          Nah bener, kalau kata kang bobby si tukang poles, teu aya ngajenghak na

  • Rocky Qautsar

    Bakal jadi jualannya sales toy ama dai

  • andhikalady

    seharusnya mesin 1400cc tembus 107ps (seperti kia rio) tapi ertiga 1400cc cuma 92ps dg embel2 ngejar torsi + irit .. tengok avanza 1300 cc tembus 96.5ps .. maluin aja .. ahaha

    • Andy

      Sy rasa perbedaan sekitar 4,5PS ga begitu kerasa di praktek sehari-harinya. Torsi yang lebih berguna.
      Lgpula ga semua orang suka kebut-kebutan pakai MPV.
      Dan pada akhirnya pemilik akan bangga dengan konsumsi bbm kendaraannya. Jujur saja.

      • andhikalady

        mosok beda 4,5Ps kagak berasa? naekin tenaga 2Ps dari sblmnya udah berasa dan mahal banged, butuh 1-2jutaan..

        bukannya torsi yg dulu, udah cukup .. emang gedhein torsi buat ngangkut barang.. ahaha

      • ekkyfir

        Kalau menurut ane sih berasa, avanza yg naik 4,5-5 ps dgn bobot nya yg ringan drpd ertiga, skrg ertiga turun tenaga nya dan bobot nya yg berat dr avanza, pasti agak terasa underpower

  • loki

    oiya mazda vx1 apakabar nih? ikut facelift juga?

    • ekkyfir

      Oiya bener ertiga ada “kembaran” mya

  • kabe kabe

    Hp d kecilin. Torsi di gedein. Emang buat ngangkut apaan.. kata si rocky qautsar kmrn itu sih buat ngangkut orang bukan barang hahaha.. biar kuat kuat nanjak jg kali ya torsi digedein hehe.. mungkin lho ya..

  • tim

    Yaelah cm beda 4.5 HP aja ribut bener.. adu lari lgsg dah.. drpd bnyk congor tu sales atoyot sana daihasu.. kalo mobiliyong dan ANGL bole dah ngomong karena emg kenyataan lebih kenceng..

    • kabe kabe

      gak melulu yg bela suatu mobil itu sales Cong..
      Congor ma otak lw aja dulu benerin sana..
      Kalo gk suka mobil lw disindir2 jgn buka situs ini.. dr pada stress lw ntar wkwkwk.. orang mau komentar apa aja bole donk..

      • tim

        Mbl gw ANGL, tny ap88.. makanya gw bilang, adu lari aja langsung.. drpd cm bisa bnyk congor komen bilang tenaga turun ga bisa lari.. karena bisa lari atau ngganya mbl bkn diliat dari HP nya doang.. bnyk faktor yg mempengaruhi kemampuan lari sebuah mbl..

        • ap88

          gue yakin 1NR dan 2NR masih lebih unggul dari k14 krn kedua mesin tsb ubah grafik karakter torsi yg bisa diraih diputaran lebih rendah beda dgn k14 yg tidak mengubah grafik karakter torsinya,yg bagus dari k14 adalah dia mengubah rasio gir yg lebih kasar yg membuatnya lebih perkasa ditanjakan minimal udah bisa imbangi duo kembar ditanjakan sehingga me minimalisir black campaign sales ecek2

          kalo livina(ama mobilio juga) mah gak usah diragukan lagi kalo soal performa,gue sebagai pemakai kedua mobil tsb udah senang bgt ama performa dari kedua mobil tsb,kalah jauh dah ertiga dan duo kembar di track lurus,kalo performa tanjakan sih bagusan mobilio daripada livina,grafik torsinya yg diraih diputaran yg terlalu tinggi membuat livina gak sekuat mobilio di tanjakan

          yang membuat sekarang takjub dan suka ama avanza tuh fiturnya yg udah lengkap banget

          • asd

            err, tapi grand livina yg cvt masalahnya pas stop n go, itu ga enak banget, ngeden” gmn gtu. Gegara mesinnya juga sih yang kategori nya high rev, enakan diajak ngebut kalo buat nanjak sihh, errr, naik sih tapi ngeden banget kalo stop n go,wkwk .

          • asp

            Btul, gw prnah naek gl 1.5 manual isi 3 org, ditanjakan mesin mati krn tlat oper ke gigi 1, kt yg punya emang sering bgtu. Gw prnah jg latihan lari sama gl n livina xgear, gw bawa veloz manual, diajak nyalip2 truk gde ktinggalan jauh diblakang.

          • ap88

            gue juga pernah gitu,gara2 terlalu pelan ditanjakan jadinya mesin nya mati dah,intinya kalo naik livina ditanjakan harus gigi 1 dan gas yg dalam2 kalo nggak nyawa anda terancam,tapi kalo di tol mantap dah livina

          • ap88

            memang kalo tanjakan gue akuin livina lemot banget bahkan yg manual sekalipun,apalagi kalo kita gak ngambil ancang2 ditanjakan pasti mundur tuh livina di tajakan

      • panggil saja mawar

        bapak kabe kabe betulin motornya dulu gih
        belum pantes bapak ngomentar di forum mobil
        nanti kalo udah beli mobil, baru komen lagi ya?
        cmiwww

        • kabe kabe

          Wkwkwkwk suka2 saya dong bu mawar.. anda dulu sana blajar apa yg disebut forum. Hahahaha.

    • Gunawan Susanto

      diatas kertas memang mobilio lebih besar hp nya, tp dijalan tidak begitu, sama sama matik nya, saya pake avanza 1.3 at, track lurus sedikit menanjak, tanpa traffic, ana saya menempel ketat dibelakang mobilio persis (karena memang dia sudah didepan saya) ana saya pun ga bisa mendahului, mobilio nya juga ga bisa meninggalkan ana saya

      • tim

        Apa anda tau pengendara mobilio tsb memang ingin jalan santai atau model berangasan? Karena kalo mau model berangasan, saya jamin avanza anda sdh ketinggalan jauh.. dan perlu diketahui, brp besar effort yg mobil anda butuhkan utk menempel mobilio tsb? Dan apa anda tau effort yg dibutuhkan mobilio utk tetap didepan mbl anda? Saya rasa anda hrs mencoba sendiri kedua mbl tsb, karena saya sdh prnh merasakan menyetir kedua mbl tsb maka saya berani bilang kalo mobilio lebih kencang drpd avanza..

        • Gunawan Susanto

          sebenarnya ada cerita kenapa saya bisa ngejar tuh mobilio, saya yakin tuh orang berangasan, dan juga ga punya etika dalam mengemudi, tidak memperhatikan keselamatan sendiri dan orang lain, sebenarnya saya sudah tidak akan mengejar tuh mobil tapi ketika lihat emblem nya tercantum cvt saya pun injak gas.

          • andhikalady

            mobilio cvt dari pabriknya punya limiter kecepatan diangka 145kpj .. klo limiter kecepatan dilepas, bisa jadi anda tak bakalan mepet ..

          • tim

            Nah utk mencapai kecepatan tsb mbl anda butuh effort brp besar? Spt yg saya bilang tadi.. avanza mgkn butuh 4000 RPMutk mencapai kecepatan tsb sementara mgkn mobilio tidak sampai 4000.. tpi kemungkinan bisa jg itu mobilio sampe 5000 RPM mengingat mesinnya honda itu tenaga ngumpul diatas semua.. dibawah mah loyo, emg kalah kalo sama avanza… tpi kalo udh maen putaran atas mah bye” avanza hehe..

      • ap88

        yaelah malah malah BC rwd ditanjakan,memang avanza jelas menang di track tanjakan,beberapa derajat pun kemiringannya krn torsi kuat di putaran rendah ditambah rasio gir yg kasar membuat dia perkasa saat ditanjakan,tapi coba adu di jagorawai atau cipali yg hampir 100% lurus pasti nyahok tuh avanza disalip jauh ama livina dan mobilio

        • asep

          Ini pngalaman gw bawa veloz nyalip livina n mibilio, gw perhatikan tarikan livina rada lemot terbukti ktinggaln jauh diblakang veloz, ngejar trus tp gak bisa buntutin aplg nyalip veloz. Kl mobilio lumayan nglawan tp gak bisa buntutin, ktinggalan diblakang veloz gak terlalu jauh, tp stelah jarak +-60km tetep gak bisa nyalip veloz gw. Itu bukti diatas aspal veloz lbh kencang n responsif drpd livina n mobilio.

          • tim

            Itu pertanda yg punya livina dan mobilio males ngeladenin kaleng sok ngebut kaya elu itu… kalo mau nyari mah mbl yg paling serig ngebut ya emg kaleng satu ini.. kalo sama gw mah kalo emg udh keterlaluan gw buat mainan aja, toh jg nyalip dikit napas udh abis.. apalagi yg matic haha..

          • asep

            Ngejar sampe jarak +- 60 km gak ngladenin gmn boy, itu bukti hp lbh gde gak jaminan lbh kenceng, gw bkn sok kbut dijalanan apalg ugal2an gw tetep hargai pngendara lain, tp kadang gw hrs cpet sampe tujuan. Sama aj boy mobilio jg kaleng harga sgtu ap yg mau dibanggain. Malu boy hp lbh gde diasepin sama yg hp lbh kecil.

          • ap88

            tapi veloz manual vs ertiga manual masih menang veloz loh,veloz memang mobil yg kencang tapi bukan mobil paling kencang dikelasnya,masih ada yg lebih kencang

          • Luthfi Muamar

            veloz horsepower sama cc nya lebih tinggi bro hehe…

          • sao

            Terkadang emang aneh juga ya, avanza yg safety nya pas”an malah bawanya kebanyakan semprul banget, kenceng” pula -_-

          • Luthfi Muamar

            avanza mobilnya ringan jadi klo di tol pengennya ngebut hehe…

          • tim

            Sekalian terbang lgsg ke jalur lawan ya bang hehe..

          • Elwood o’neill

            man, i agree with you!

          • ap88

            masa sih?kalo veloz vs ertiga sih gue percaya veloz ngalahin ertiga,tapi kalo veloz vs livina dan mobilio jauh dah veloz di belakang livina dan mobilio

            gue memang akuin veloz tuh mobil yg kencang,bahkan gue lebih megang veloz daripada innova bensin kalo diadu sprint dan gue juga udah adu dgn ertiga dan veloz menang,tapi kalo lawan livina dan mobilio,spin serta freed,avanza belum bisa nyaingin keempat mobil tsb

          • asep

            Gini aj bro tinggal diitung power to weight ratio mobil2 itu trs dibandingin, hasilnya pwr veloz 1 dk vs 10,48 kg, mobilio 1dk vs 10,59 kg yg lain itung sndiri tp angkany dibawah itu, angka td berbanding lurus diatas aspal makany veloz bisa lbh kenceng n responsif drpd mobilio aplg dibandingin dg yg laen, coba aj sendiri adu sprin.

      • Blackjack

        Jangan salah, cvt mobilio itu bisa kenceng ditanjakan… Meskipun kelihatan lelet, tapi ada CARANYA

        • ekkyfir

          Bener, walaupun cvt tp masih bisa ngebut jg di tanjakan, ane pake freed pernah kejar2an sm mobilio di jalan yg agak nanjak, mobilio bisa nempelin ane (ya walaupun beda berat)

      • asep

        Kl ente bawa veloz udah pasti bisa nyalip mobilio, pengalaman ane bawa veloz ngejar n nyalip mobilio itu gampang, hp yg katany plg besar cm diatas kertas, diatas aspal veloz lbh kencang n responsif.

        • ap88

          tapi coba veloz vs mobilio di jagorawi atau cipali,pasti nyahok tuh veloz

          • asep

            Udh prnah liat di youtube veloz lari 180 kpj di tol, mobilio plg kenceng 145 kpj. Ad gak di youtube mobilio lari 180 kpj? Gak ad. Itu bukti veloz lbh kenceng dr mobilio, gw kasih tau boy kl di tol sbrapa kenceng tergantung nyali, gw prnah bawa sampe 155 kpj, bkn di tol, balapan sama inova. Hp lbh gde bkn jaminan lbh kenceng, tp skill n nyali.

          • Blackjack

            Kayaknya anda belum pernah pake mobilio ya? Kalo anda sudah pernah pake saya yakin anda tidak berkata demikian… Ada CARA utk nyalip, CVT emang lelet d posisi D, tapi sangat responsif ngasepin veloz jika d pindah ke POSISI S saya sudah coba d jagorawi… Anda bsa blng nyalip mobilio krn orng trsebut memakai D, saya sarankan utk belajar posisi S dan L pada sistem CVT

          • asep

            Kl mobilio yg sekarang gw gak mau bro, dasborny bikin sakit mata, jokny bikin sakit pantat, ntar kl interiorny udh diganti hpm gw mau coba yg manual. Ditempat gw cvt ngos2an ngladenin manual.

          • ap88

            itu krn mobilio ada limiternya di 150kmh,tapi kalo soal akselerasi mobilio menang jauh dah

          • asep

            PWR veloz 1dk vs 10,48 kg, mobilio 1dk vs 10,59 kg, akselerasi jlas gw pgang veloz.

          • sao

            180 kpj? with avanza? Oh man, udah bosen idup itu orang yak. Bawa avanza 100 aja menurut gw udh limbung dan mentul” -_-

          • Sedan

            betul bro sao, gw pernah bawa avanza 1.3 manual, pas gw tancepin sampe 100 aja udah goyang goyang dombret gitu, dan kalo pengalaman mobilio udh pernah bawa sampe 110, gausah ditanya lagi, stabil banget kaya
            Maserati sm jaguar

          • Luthfi Muamar

            pengalaman ane bawa avanza 1,3 dengan bagasi penuh (mobil ampe drop) masih terasa limbungnya hehe… mending ati2 aja dah hehe…

          • sao

            mobilio ada limiter di 145 kpj yang matic

          • Elwood o’neill

            Oh really?

          • Luthfi Muamar

            klo veloz yang versi manual pasti kenceng bro, avanza 1,3 manual jg udah kenceng hehe… tapi klo tranmisi matic mungkin agak lebih lelet hehe…

        • Luthfi Muamar

          mungkin penumpangnya sedang kosong bro, coba isi 5 penumpang ditambah isi bagasi mungkin akan berbeda hehe…

      • Elwood o’neill

        Are you sales?

    • asep

      Ya udah yuk adu lari 500 m, veloz, mobilio, gl, ertiga, gw jamin veloz paling kencang n responsif. Udh terbukti diatas aspal

      • tim

        Ayo lawan livina lah.. veloz mbl kaya gitu mau lu ajak lari.. 100 udh meayang semua wkwkw.. mobilio max emg 145 karena dikasi limiter, dan pertanda honda masih tau diri, sadar mblnya kayakaleng kagak boleh ngebut”.. kalo toyota?

        • asep

          Bro lu hrs bawa gl 1.8 kl latihan lari sama veloz manual, kl livina 1.5 mnrt gw kurang tenaga, udh pasti ktinggalan diblakang. Mobilio gw akui kencang, pwr bda tipis dg veloz, lbh stabil n aman tp dasbor n jokny yg bikin gw ilfil.

          • tim

            Elu ngomong livina 1.5 krg trnaga ke org yg ud make livina 1.5 4 thn lbh.. dan gw jg prnh bawa pilus pinjeman om gw dari semarang – magelang (dan gw jg prn bawa livina gw trntunya di jalur yg sama).

            Pilus gw akuin menang di putaran bawah, emg karakternya avanza kek gitu, gw tau karena dulu prnh pny sinia 1.3 yg model lama.. tpi, begitu nyetuh 3.000RPM keatas.. ngacir livina ninggalin pilus.. mana pilus bawaannya melayang, setir geter semua diatas 100 km/j, bawa di tol semarang – bawen kalo masuk tikungan cepet dikit udh rasanya mau kebalik aja.. beda kalo bawa livina.. lebih nyaman, enak, empuk, stabil.. dan gw masih lebih milih lio drps pilus biarpun bawaan jg kaya gerobak, setidaknya handling dan power lio masih lebih bagus dibanding pilus.. kecuali utk pemakaian dalkot jkt yg macet”, pilus cocok itu.. tenaga bawahny enak.. mana radius puternya kecil, gmpng manuver.. tpi kalo ke lukot? No way..

          • Elwood o’neill

            It looks look you are nissan fanboy

          • Pradana Gilang

            Bahasa inggris ente parah cing..

        • Bang Jack

          Sudah..sudah.. jangan berteman.. wkwk..

      • Zaki

        Avanza 80km/j udah melayang dibilang kenceng?? Mobilio terbukti kencang dan stabil saat kecepatan tinggi!!! Ni sales toyota ngeyel banget keliatannya!!

        • xxx

          koplak semuanya. malah adu kecepatan bukanya adu keselamatan berkendara

        • Siapa ayo

          woi udah kek !!! jangan adu siapa lebih cepat LMPV itu buat bawa keluarga bukan buat kebut kebutan udah lah jangan rebutan terus oke

        • asep

          Ah dasar elu jg sales honda, gw akui mobilio lbh stabil n aman tp kl kencang gw pgang veloz.

          • Zaki

            Woi ad yg ngaku sales Otoy dsini ?…! Ngakak denger bahasa lu cep ?

    • Elwood o’neill

      Man, what the fuck? Slow down nigga

  • sebut saja mawar

    saya ambil garis lurus dari temen-temen komentator,

    “PADA BELUM PERNAH NYOBAIN ERTIGA”

    ingat dikertas dengan di lapangan beda loh^^
    mungkin mata bisa berbeda, alias relatif. tergantung orang menilai.
    tapi kalo rasa berkendara, saya rasa semuanya sama.

    Feel it.. ertiga asik bro berkendaranya, dan coba sentuh interiornya,
    juga perhatikan detail dari ertiga ini.

    sebetulnya kalo dibandingkan dengan gran new avanza sendiri justru sekarang semakin menarik,
    kalo berbicara cost reduction jelas, ertiga lebih besar mengalami penurunan harga,
    tapi kalo berbicara penurunan kualitas???
    tidak, ertiga memiliki kualitas yg jauh lebih baik,
    itu menurut pengalaman saya, orang yang sering menggunakan ertiga dan avanza.

  • Gunawan Susanto

    kompresi jadi 11:1? pertamax saja tidak mampu membuat mesin nya bebas ngelitik mesti yg plus baru bebas ngelitik seperti duo kembar itu (yg matik ya) saya aja nyesel….pengen beli yg kompresi nya 10:1 atau 10,5:1 aja biar cukup pertamax saja

    • tim

      Beliin aja aditif macem CRC.. kalo mslh ngelitik psti ada penyelesaiannya jg kok… kaya ANGL, Ngelitik mulu kerjaannya tu mesin.. tpi bisa dihilangkan dgn cara menambah AFM+air filter aftermarket (ferrox/k&n).. klo udh pake dua barang tsb minum RON 88 mah lancar jaya..

      • Gunawan Susanto

        AFM itu apaan ya? di bengkel resminya juga ga bisa benerin ngelitik nya tuh, sampe rasanya mau saya jual aja tuh mobil

        • tim

          Air Flow manipulation.. hasil riset KLiK..BeRes emg ga bisa ngasi solusi, kali servis ke BeRes ya paling cm sekedar biar ga ilang garansi aja, tpi kalo mau cari tau hal” lain lebih baik main ke forum mbl tsb.. karena biasanya bnyk sekali “racun”nya..

  • wowkeren

    ya bisa aja performanya dan efisiensinya samaan sama avanza 1.3 facelift ya… tinggal nunggu kapan ertiga facelift meluncur ke sini

  • ju

    tulisan bagus
    cuma semakin banyak pembacanya, semakin beragam pula latar belakang dan knowledge-nya, semakin banyak fansboy dan hater yang asal bunyi πŸ™‚

    autonetmaqz tetap jaya di udara. Merdeka !!!

  • Bang Jack

    Bukan’a irit skrng jd tren marketing yak? Hehe.. honda monyong aja ngadain lomba irit sampe nyentuh rekor yg 1:21 kpl .. menurut gw sih malah jd strategi yg bagus buat suzuki.. positioning ertiga kan nyaman mewah irit, bukan performance car .. jadi menurut gw suzuki ga akan kehilangan pasar .. buktinya sepanjang 2014 – 2015 monyong & papanja penjualan’a naik turun ga stabil, ertiga tetep stabil d angka 3rb – 4rb unit per bulan .. CMIIW πŸ™‚

    • tim

      Mobiliyong 1:21 kondisi jalan 60 km/j ac audio mati semua hehe.. ttep yg paling irit itu spindies, itu baru namanya uirit..

      • ap88

        paling irit livina ama ertiga bung tim(livina 12kml,ertiga11,7kml),justru spin yg paling boros ane cuma dpt 9,4kml(avanza 1.3 aja 10kml),kalo mobilio 11kml(lumayan lah),bohong tuh lomba irit2an nya honda

        semua yg saya tes merupakan transmisi manual,dalam kota rata2 kecepatan 40-50kmh gas saya injak dgn sangat halus dan ac nyala

        spin yang saya tes merupakan spin 1.5

        • pescarolo

          Lomba irit mobilio valid kok, emg beneran ada yg nyentuh 1:21 bahkan 1:24. Tp memang ada jg peserta yg ga nyentuh 1:15. Saya punya temen yg pernah jd anggota tim penilai acara itu soalnya. Dan peserta yg menang umumnya pake transmisi cvt d kecepatan antara 60 dan 80 km/jam konstan, sendirian, dan matiin AC. Sedangkan yg bawa keluarga dan nyalain AC paling irit 1:19.

          Tp yg jelas sh, performa sm konsumsi bbm mobil itu variabelnya banyak. Kadang merek sama, mobil sama, mesin sama, transmisi sama, bawaan sama, sampe lintasan dan pengemudi sama bisa beda hasilnya. Namanya jg mass-production

          • ap88

            ohh gitu ya,ane kirain fiktif,tapi ane paling irit 13kml kalo yg cvt ac nyala rata2 kecepatan 40-50kmh,kalo manual cuma 11kml

          • pescarolo

            Coba naikin kecepatannya jd 60-80 kpj secara konstan om. Kecepatan rendah ga brarti irit. Kecepatan 40-50 kan biasanya buat rute dalkot. Pernah denger konsumsi bbm lukot lbh irit drpd dalkot kan? Kira2 kaya gitu.

        • tim

          Kan saya bilang spindies=spin diesel.. kalo spin1 .5 emg boros.. keberatan bodi dia..

          • ap88

            astaga pake singkatan segala bung tim,gue kan gak ngerti singkatan2 hahaha

        • Bang Jack

          Kalo mau irit mainin di torsi maksimal’a, kita harus paham di RPM berapa torsi maksimal mobil kita..

  • AD1

    waduh kompresi mazda skyactive 1:14 naikin 4 point lg jadi mesin diesel
    1:14 berisik gk tuh suara mesin.

    • tim

      Disini diturunin jd 1:13 bang.. soal berisik menurut gw sih normal” aja, tetangga ada pake cx5 udh mau 3 thn tiap dengerin dia nyalain mblnya gw bandingin sama xtrail gw ga beda jauh suaranya.. cm kalo baru pertama kali start tu suaranya keras.. tpi ya semua mbl emg begitu ya..

  • Vilenta Handoko

    yaelah gan,,jangan pada ribut…pengen hp gede torsi gede bagasi luas jok lega,,,beli bis scania aja 12000 cc, 360hp mantap jaya tu,,,hehehe becanda

  • Enrile Indro Prasetyo

    Penurunan tenaga tapi rasio kompresi naik sepertinya bukan untuk irit-iritan, tetapi untuk mengurangi emisi. Idealnya rasio kompresi naik tenaga juga naik tapi harus pake BBM dengan oktan yang sesuai. Karena masih banyak pengguna kendaraan di Indonesia yang hobi pake BBM oktan rendah terpaksa tenaga diturunkan biar gak terlalu berat beban mesin (kalo enggak lama-lama jebol). Hal ini berlaku juga waktu Avanza 1.5 liter turun tenaganya dari 109 PS ke 104 PS. Kalo soal irit-iritan relatif tergantung kondisi jalan, muatan, dan juga cara masing-masing orang mengendarai kendaraannya.

  • Luki R Daniel

    Suzuki memang anti mainstream yah kayanya..tapi itu yang bikin gua suka sama produsen yang satu ini :))

  • Bang Jack

    Btw fitur ABS + EBD nya disunat lho.. wkwk..
    Kemaren liat ke dealer, ternyata modul ABS nya beneran ilang, & diganti 4 kabel kecil ga jelas buat apa .. wkwk.. ertiga.. oh ertiga..

  • Teddy Iskandar

    Ertiga lama ada ABS nya . Yg baru kok jadi hilang ya?

  • Jamill Kurniawan

    Min Kalau New Ertiga Di Pasangin Abs BIsa gak ya kalau bisa kira2 harganya berapa??. Emang jelas beda rasanya nyetir ertiga yang tanpa abs.