Membandingkan Fitur & Spesifikasi All New Toyota Fortuner 2016 Indonesia vs Thailand

by  in Komparasi&Toyota
Membandingkan Fitur & Spesifikasi All New Toyota Fortuner 2016 Indonesia vs Thailand
0  komentar
toyota-all-new-fortuner-2016-4x2-vrz-front

Jakarta, AutonetMagz – Membandingkan mobil keluaran Thailand dan Indonesia selalu menjadi bahasan menarik, karena kedua negara ini memiliki kemiripan yang sangat erat di segmen otomotif. Nah, kali ini kita akan membandingkan antara Fortuner versi Indonesia dan versi Thailand dari Fitur dan Spesifikasi yang ditawarkan, kiranya mana yang lebih oke?

Pertama mari kita bahas dari segi model yang ditawarkan. Jika di Indonesia ditawarkan dalam varian G MT/AT, VRZ AT 2WD dan 4WD, G MT 4×4 dan SRZ Bensin yang menggenapkan model Toyota Fortuner menjadi 6 varian, di Thailand justru lebih simpel dengan 5 varian saja mulai dari 2.4 G M/T, 2.4 V AT, 2.8 V AT, 2.8 V AT 4×4 dan 2.7 V A/T (Bensin). Thailand lebih beruntung karena mendapatkan varian mesin 2.800 cc diesel yang memiliki tenaga hingga 177 PS dan torsi 450 Nm, sedangkan Indonesia harus puas dengan mesin diesel milik Innova.

fortuner 2016 thailand

Dari segi fitur, mari kita membandingkan varian diesel G AT dan VRZ AT dengan 2.4 V dan 2.8 V, karena melihat dari harga dan positioningnya, kedua mobil ini cukup identik. Tapi jika kita melihat harga keduanya harap dimaklumkan jika di Thailand memiliki harga banderol yang lebih mahal karena harga SUV disana dikenakan pajak lebih mahal, di Indonesia justru aneh, yang dikenakan pajak kendaraan lebih mahal justru malah sedan, makanya di Thailand penjualan sedan berbanding terbalik dari Indonesia.

Mari kita bahas lebih lanjut, bicara fitur dan spesifikasi, bisa kita lihat bahwa Toyota Thailand melihat bahwa fitur keamanan adalah fitur pokok yang harus disematkan di mobil masa kini, bisa kita lihat, mulai dari tipe 2.4 V, All New Fortuner sudah dilengkapi dengan seperangkat alat keamanan aktif dibayar tunai, contohnya Traction Control, Stability Control, Trailer Sway Control, Hill Start Assist dan 7 buah airbags sudah menjadi standar, bahkan di tipe G manual saja perlengkapan tersebut sudah tersedia hanya minus airbag menjadi 3 buah saja.

Fitur dan interior kabin Toyota All New Fortuner baru 2016 versi Indonesia

Indonesia? Mungkin Toyota Indonesia masih berpikir masyarakat Indonesia masih belum begitu memperhatikan fitur-fitur tersebut, sehingga kita harus puas dengan ABS, EBD dan tiga buah airbag saja, sedangkan jika ingin lengkap seperti milik Thailand, kita harus mengambil varian 4×4 yang memiliki harga lebih dari 600 juta Rupiah. Selain fitur keselamatan, fitur-fitur seperti spion belakang automatic anti glare (electrochromatic mirror), electric tailgate, leather seat, electric driver seat dan LED interior lamp yang ada di VRZ, sudah menjadi standar di tipe 2.4 V, namun untuk cruise control hanya tersedia di varian 2.800 cc.

Meskipun milik Thailand terlihat lebih superior, sebenarnya varian Indonesia juga memiliki nilai plus yang tidak dimiliki varian Thailand, contoh sederhana seperti sensor parkir dan roof monitor yang sulit untuk ditutup itu tidak ada di varian Fortuner Thailand. Masih ada plusnya juga kan?

Lihat Juga : Intip Yuk Fitur Toyota Fortuner 2016 Terbaru Tiap Tipe

Nah, kurang lebih itulah perbedaan varian Fortuner Indonesia vs Thailand, mungkin jika pajak SUV besar seperti ini dibuat murah di Thailand, harga Fortuner Thailand bisa semurah varian Indonesia, Perbandingan mudahnya, lihat harga Toyota Corolla Altis Sedan di Thailand yang mulai dari 700 hingga 900 Baht di Thailand, dimana untuk varian yang memiliki harga 900.000 Baht, jika dikurskan ke Rupiah hanya sebesar 377 Juta Rupiah saja. Indonesia? Toyota Corolla Altis varian tertinggi dibanderol dengan harga 441 Juta Rupiah, sedikit lagi dapet Fortuner tuh, Hehehe….

Perbandingan-Fitur-dan-Spesifikasi-All-New-Fortuner-Indonesia-dengan-Thailand
Read Prev:
Read Next:
  • Mika

    Meskipun milik Thailand terlihat lebih superior, sebenarnya varian Indonesia juga memiliki nilai plus yang tidak dimiliki varian Thailand, contoh sederhana seperti sensor parkir dan roof monitor yang sulit untuk ditutup itu tidak ada di varian Fortuner Thailand. –> Sulit ditutup? seriusan? keponakan saya yang umur 4 thn aja bisa loh, 10x coba, 8-9 kali pasti berhasil. Udah pernah coba merek mobil apa aja? pernah coba yang Nissan Serena 🙂 ? Harusnya dicoba….

    • putra

      Liat video review si hillsat deh, entah emang longgar sampe susah ditutup atau emang si hilsatnya aja yang gabisa haha.

  • reyhan apriathama

    Pajak disana tinggi tapi hanya sekali bayar seumur hidup kalo ga salah… Tp skrg mereka lg mempertimbangkan pajak jalan… Dan harga mereka apakah sudah termasuk kenaikan harga besar2 an soalnya di thailand semua mobil kenaikannya mencapai 70 jt….

  • Indra

    Btw, roof monitornya all new fortuner kan sebenarnya sama aja kayak fortuner lama, yang bentuknya aftermarket dan bisa ditutup (mana ada roof monitor ga bisa ditutup, kalo ga nanti layarnya kotor kalo ga dipakai)

    Agak sayang juga sih kalo (at least) VRZ 4X2 belum dilengkapi 7 airbags, VSC, HAC, dll jadinya kebanting sama Pajero sport dakar 4×2 yg udah punya VSC dan HAC tapi masih 2 airbag, apalagi 4×4 belum ada harga pasti, katanya jualannya secara spot order, padahal rivalnya ga gitu amat2 jualannya.

    Tapi sunatan fitur di fortuner ga seamsyong pajero sport yang fiturnya disunat lebih banyak, kayak airbag, HDC, rem otomatis, dll karena di thailand sendiri fitur safety dan 4×4 fortuner baru ga selengkap pajero sport apalagi everest.

    • Mika

      Btw, roof monitornya all new fortuner kan sebenarnya sama aja kayak fortuner lama, yang bentuknya aftermarket dan bisa ditutup (mana ada roof monitor ga bisa ditutup, kalo ga nanti layarnya kotor kalo ga dipakai) —> HAHAHA, sulit katanya bukan gak bisa 🙂

      Itu dia, sunatannya Pajero lebih edan. Beneran harus peras otak, karena pasar exceed kayaknya 50-60% dari total volume penjualan Pasport. Hampir dalam semua aspek gak ada kelebihannya dibandingkan dengan ANF.

      • Indra

        Tapi kok kata KTB yg laku (atau yg akan paling laku) di pajero sport adalah tipe dakar?

        Setuju, yg tipe exceed emang ga ada kelebihan selain tampang depan yang ganteng dibanding fortuner. Mesin lama (136 dk), fitur biasa tapi dasbornya lebih enak dipandang dibanding dakar gara gara tidak ada panel kayu yg ga nyambung itu karena yg exceed pake piano black

      • paling gede dakar, bukan exceed, ada di data gaikindo kok

        • Zakwan Umarella

          kan ini banding2in aja, bukan ngomongin yg varian tertinggi:v

  • rs

    Soal artikel diatas yang”sebenarnya varian Indonesia juga memiliki nilai plus yang tidak dimiliki varian Thailand, contoh sederhana seperti sensor parkir dan roof monitor yang sulit untuk ditutup itu tidak ada di varian Fortuner Thailand” itu Memang benar roof monitornya fortuner sulit ditutup…kemarin sudah nyoba di pameran toyota….tapi memang hal hal simpel saja yang membedakan toyota indonesia dengan toyota thailand seperti grand new veloz indonesia yang unggul di sensor parkir sama chrome dekat foglamp sama vios dan yaris yang beda bodykit trd sportipu…eh maksudya trd sportivo

    • Aryo Wicaksono

      “sportipu”. XD ternyata agan punya selera humor tinggi, ya.

      • Levi

        Bawaan dr Om Mobi gan ??

    • Levi

      Setuju utk roof monitornya, jd ngilangin rasa mewahnya di Fortie baru

      • Zakwan Umarella

        tapi seenggaknya kalo jalan jauh misal kek dr jkt ke aceh apa sby gt dan bawa anak, anak ga bosen2 banget alias masi ada hiburan. #positivethinking??

        • Levi

          Betul gan

  • Hamid Rosyidi

    Tumben ga ada “bisa jadi” di tabelnya ?

    • Levi

      Besok mau diganti jadi “tidak tahu” atau “abstain” ?

  • kabe kabe

    Wkwwkwkwk “sulit ditutup” ,…

    • Mika

      😀

    • Levi

      Gw aja ngakak waktu direview bang Hilsat roof monitornya ditutup 3x gagal mlulu ?

  • Javaneshe

    Sempit edition ,fitur yg makin terasa

  • Levi

    Mungkin krn faktor sedan di Indonesia rata” msh CBU ya jadinya pajaknya mahal ?

    Utk roof monitornya Fortie, sbnrnya berharap itu diilangin aja lah, ganti sun roof atau apa kek ?

    • Rockmeo

      betul gan
      disana bank sedan ny una CKD malo di indo kan sedan yg CKD paling bisa dihitung jari per mer model sedan ap aj yg diproduksi disini

      • Levi

        Wait, emang sedan apa gan yg CKD disini ? Kalo Vios sih gw tau, tp slain itu gw kgk tau

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          Klo city CKD deh gan???

          • Levi

            Ehh ya ? Baru tau ane ?

          • wowkeren (new)

            iya bener, city masih CKD. civic juga deh, kan CR-V juga masih CKD. baru kalo accord cr-z odyssey CBU thailand atau jepang gue lupa

          • pescarolo

            City sm Civic masih CBU Thailand. Yg CKD itu Jazz, CR-V, Freed, sm mobil2 kacang gorengnya Honda.
            Vios CKD, tp Altis CBU Thailand.
            Sedan dikasih pajak mahal keliatannya karena kondisi jalan dan karakter masyarakat. Dengan sedan, tuntutan jalanan yg rata dan mulus makin besar dan itu jd beban pemerintah, plus kapasitas sedan yg umumnya 5 lebih sering dipake 4 orang berarti cukup.membebani kapasitas jalanan. Kalo SUV dan MPV, 2 faktor d atas lebih ketutup.

          • Levi

            Wah pantes Yaris lbh laku dr Vios ya gan, cm beda 11-12 tp lakunya 80 banding 20

        • Rockmeo

          selain vios jgn lupa merek jerman kyk mercy n btw ud ad c-class n serie 3 yg CKD indo

          • Levi

            Pengetahuan ane soal sedam msh sangat amat kurang ternyata ?

    • Zakwan Umarella

      bukan, di indo itukan untuk pajaknya kan beda beda kek pajak mpv, lcgc, sedan, jip (bukan jeep) itu kan beda beda berdasarkan bodystyle/karoseri

      • Levi

        Betul, pajak utk sedan dan jip lebih mahal dr lcgc dan mpv

  • Rockmeo

    sebenarnya roof monitor ny g bisa ketutup karena kebanyakan yg make n agak maksa buka nya biasa tipikal org indo mobil pameran bisa di apain aj
    punya fortie drumah kok gampang aj tuh nutupnya asal dengan perasaan dan hati
    hahaha
    gw sayang aj varian 2.8 g masuk sama kyk hilux byk banget yg dsunat fitur2nya
    but overall worth to buy deh fortuner baru n everest

    • sueb

      atpm jual apa yang laku aja gan, 2,8 udah dikonfirmasi sama mereka kalau survei konsumen lebih milih yg di bawahnya

      • Rockmeo

        tetap aja rasanya kurang g ada yg mesin 2.8 walaupun uda survei segala dan pernyataan toyota indo yg memikirkan pajak mesin diesel utk mesin diatas 2.500cc
        padahal ford everest aj berani all out ad yg 3.2 dan harganya sama dgn 2.4 VRZ4x4

  • Endefloor

    Min, denger denger ada kabar ford bakal hengkang dari indonesia tahun ini, gimana tuh? Kalah saing ford *syedih :'(

    • Aryo Wicaksono

      ya, kalau ford hengkang dari indonesia minimal kita masih bisa menikmati produk mazda yang notabene saudara jauh ford.

      • Endefloor

        Mazda lebih ke arah bmw from asia sekarang haha

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Say no to all new everest klo gitu… Gk jadi deh… Gw udh baca sebelah.. Tanggung jawabnya cuma sampe tahun ini doang, setelah ituk kyknya dilepas deh…

      • Endefloor

        Kabar buruk itu bagi pemilik line up ford, apalagi yg baru beli new everest

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    FMI pgn gulung tikar… Gk nafsu jdinya pgn beli mobil ford… Mending mazda/chevy dah klo gw. Klo menurut gw sih krn marketingnya yg kurang gencar. Liat aja di pameran di mall. Jarang, gk kyk merk jepang yg rajin pameran… Kerja sama leasingnya jg dikit bgt… Masa bisa2nya cuma 3 leasing doang. Merk sebelah bisa 8 leasing… Klo merasa produknya krg laku, buat diskon gede + pamerannnya bro. Harganya untuk everest jgn mahal2. CX-5 fitur banyak mentok di 490 jt-an. Klo masukin mobil tuh disesuaikan dgn pasar sini. Buat LCGC, LMPV, medium MPV

    • putra

      Si fordnya udh mengakui, gak ada fasilitas produksi lokal, dan gak ada lineup produk di pasar utama (lcgc , lmpv, medium mpv).

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Itu mah ATPMnya aja yg gampang nyerah. Kamu tau sejarah avanza dibuat. Itu dulu dibuat krn byk yg protes kijang itu kemahalan. Akhirnya johny nelpon toyota pusat buatin mobil dibawah kijang. Akhirnya dibuat dan pertana kali inden dpt brp?? 100 rb unit bro! Org2 jg rela antri inden, yg penting puas. Avanza dulu tuh bodynya menurut ane tebel… Semenjak 2012 lah mulai tipis… Saran gw sih pn rekrut org desainer produk mobil buat masuk ford. Gk masalah mahal yg penting bisa laku dipasaran. Dealer2nya dikirimin unitnya. Masa bisa2nya gk ada ranger wildtrack/everest baru, kan konyol. Toyota kan gk ada critanya gk ada unit fortuner. Honda jg pasti ada unit HRVnya… Ini mah dealer ford kosongan bgt disini. Cuma ada fiesta, ecosport, ranger SC. Udh itu aja, gk ada focus, everest, ranger DC. Ditanyain spek tiap tipe, salesnya gk ngeh(krg ngerti).

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Kan kasian yg dah beli mobil ford. Ini mah gk ada alesan klo resale valuenya kyk air terjun… Liat tuh rame, pada resah pemilik ford… Mending chevy yg cuma tutup pabrik. Kt fitra eri aja masalahnya tuh bukan pajak yg buat mobil2nya mahal dan gk laku, tpi krn bisnis. Krn FMI ngalamin rugi2 terus. Kan aneh org dagang rugi2 terus. Ini mah salahnya org dalemnya yg kongkalikong.

  • wowkeren (new)

    serius roof monitor susah ditutup? perasaan sama aja deh. masih baru kali ya, jadi mungkin masih agak berat buat nutup. ntar kalo udah biasa juga ga apa-apa kok

    • Jonas

      Pasti gara2 pameran banyak tangan kasar megangnya itu.

  • geox

    Jgn banding2kan thailand dgn indonesian lah..emng itu semua strategy masing2 lah..nanti pas fortuner lakukan facelift bakal dimasukin kok fitur2 yg hilang satu demi satu…disusul kenaikan harga ….

    Cuma perlu diakui utk negara luar yg namanya safety itu tdk ada kata tawar menawar..hrs 7 airbag ya 7..gak ada istilah 3 cukup..tp yg utma sih driving behaviour kita jg hrs ditingkatkan..mau 7 airbag kalau bw mobil tďk mematuhi rambu2 dsbnya jg sama aja boong kan..liat aja di tol kecepatan max 80 kita bisa 100 lebih..

    • Aryo Wicaksono

      itu di tol kecepatan maksimum 80 mph, kan? :v

      • Rockmeo

        tol dalkot maks 80 kph tol luar kota bisa 100kph-120kph tergantung lokasi dan sikon

        • Aryo Wicaksono

          Nah itu, kalau macet ngapain ngebut.

          • Rockmeo

            maksudnya gimana deh bang?
            ane gagal paham nih
            hehe

          • Aryo Wicaksono

            Ya kecepatan mengikuti kondisi lalu lintas, tapi jangan berlebihan juga.

    • Rockmeo

      lagipula kalaupun dikasi airbag 7 buah emang ny masyarakat kita pd ngerti?
      krn jika terjadi tabrakan agar ke 7 airbags itu mengembang seluruh penumpangnya harus menggunakan seatbelt kalo g y percuma aj
      contoh kasus tabrakan kereta dan vellfire yg ngembang cuman airbag depan aj karens hanya supir yg lake seatbelt sdgkn penumpangnya g

      • Rafi M. P.

        Ini yg paling bodoh lagi, temen ane punya mobil gak pake sabuk cuma karena ada airbags. “Gak usah pake seatbelt, kan ada airbag”. Gimana?

        • Rockmeo

          nah temen ente n mungkin konsumen2 di indo yg seperti temen ente harus kudu baca lagi mengenai cara kerja airbag
          airbag akan mengembang kalo seatbeltny terpakai nah tiap pengunci seatbelt itu ada sensor nya yg dikirim ke ecu airbag kalo ada penumpang dalam mobil
          nah misalkan airbag di rata2 mobil indo cumin dua depån aj y sensor cuman di seatbelt depan
          kalo kayak innova Q diesel itu sensor nya ad disemua baris
          jadi jika terjadi kecelakaan dan sensor membaca hanya pengemudi dan penumpang depån yg pake seatbelt maka cuman airbag pengemudi n penumpang aj yang berfungsi lainnya g
          gitu bro
          semoga bermanfaat

  • akthuro

    kenapa sih rem belakang mobil2 toyota selalu tromol?? memang toyota selalu terkenal pelit untuk urusan safety. Bahkan untuk mobil yang harganya nyaris 1/2 milyar. Nyawa rakyat Indonesia mungkin memang dinilai murah dimata orang2 jepang.

    • Rockmeo

      sebenarnya ada plus minus sendiri mengenai penggunaan rem tromol utk ban belakang mgkn bisa cari artikel terkait
      tapi utk safety kecil pengaruhnya dgn pengunaan rem tromol, mesti ny lebih diperbanyak fitur safety active n passive nya

    • AE86

      disc brake dan drum brake dipakai sesui dengan fungsi dari kendaraan tsb.

    • Rafi M. P.

      Don’t worry, produk aftermarket bakal hadir kok. Contohnya rear disc brake untuk Fortuner udah ada aftermarketnya

      • Aryo Wicaksono

        nah itu, kan bisa pake kaliper dan cakram AP Racing, kecuali memang lebih suka mobil standar dan malas modifikasi.

    • Gakkou gurashi

      Yg bener nyawa orang indo dipandang murah sama ASTRA gan, kan mereka punya fitur SUNAT TO THE MAX

  • Jonas

    Fortuner baru bnr2 mantap. Bentuknya lebih keren di banding rival sekelasnya yg dari belakang sprti nangis darah mata nya 🙂 . Utk harga fortuner masih terbilang mahal bagi saya hehe . Dari segi interior dan eksterior fortuner bnr2 top deh.

  • Wily ak

    Fortuner is the best dah .. Inter n ekste jempol. Body jg udah makin gagah skrng . N salut buat toyota audio nya ga aftermatket

  • Rafi M. P.

    Ada yg kurang Fortuner Indo, gak ada colokan listrik 220V untuk peralatan elektronik kayak di Thailand

    Yang plusnya selain sensor parkir, HU-nya 8 inch plus tombol lebih minimalis, konektivitas lengkap dan air gesture (di Thailand 7 inch dan tombolnya standar banget). AC Digital di semua tipe (di Thailand cuma tipe 2.4 G M/T pake AC puter2).

    Oh iya, ada nggak rear fog lamp di Fortuner Indonesia? Di Thailand udah ada. Letaknya di bawah bumper belakang

    • Aryo Wicaksono

      oh, versi luar dikasih inverter 220V? baru tahu. air gesture mah kurang kepakai, paling ntar bikin frustasi doang.

  • Nico

    Seengaknya tuh HSA, 7 airbags, traction control, dll tuh ada di var VRZ & SRZ. Yg namanya safety itu pntng gan gimna sih Toyota Indo :v. Kyak mzda fitur sm sftynya lngkp euyy mskpun spreprtnye agk mahal

    • Rafi M. P.

      Mungkin ntah org Indo gak ngerti atau org Indo yg terlalu hebat membawa mobil sampe matiin fitur keselamatan kayak ABS (contohnya mobil travel gitu) VSC dan TRAC (biar bisa bawa mobil seliar mungkin). Kadang budaya daerah tertentu justru memengaruhi skill mengemudi

  • Gakkou gurashi

    Siapa dulu dong, ASTRA. Jagonya sunat!!