Membandingkan Fitur & Spesifikasi All New Toyota Fortuner 2016 Indonesia vs Thailand

by  in Komparasi&Toyota
Membandingkan Fitur & Spesifikasi All New Toyota Fortuner 2016 Indonesia vs Thailand
0  komentar
toyota-all-new-fortuner-2016-4x2-vrz-front

Jakarta, AutonetMagz – Membandingkan mobil keluaran Thailand dan Indonesia selalu menjadi bahasan menarik, karena kedua negara ini memiliki kemiripan yang sangat erat di segmen otomotif. Nah, kali ini kita akan membandingkan antara Fortuner versi Indonesia dan versi Thailand dari Fitur dan Spesifikasi yang ditawarkan, kiranya mana yang lebih oke?

Pertama mari kita bahas dari segi model yang ditawarkan. Jika di Indonesia ditawarkan dalam varian G MT/AT, VRZ AT 2WD dan 4WD, G MT 4×4 dan SRZ Bensin yang menggenapkan model Toyota Fortuner menjadi 6 varian, di Thailand justru lebih simpel dengan 5 varian saja mulai dari 2.4 G M/T, 2.4 V AT, 2.8 V AT, 2.8 V AT 4×4 dan 2.7 V A/T (Bensin). Thailand lebih beruntung karena mendapatkan varian mesin 2.800 cc diesel yang memiliki tenaga hingga 177 PS dan torsi 450 Nm, sedangkan Indonesia harus puas dengan mesin diesel milik Innova.

fortuner 2016 thailand

Dari segi fitur, mari kita membandingkan varian diesel G AT dan VRZ AT dengan 2.4 V dan 2.8 V, karena melihat dari harga dan positioningnya, kedua mobil ini cukup identik. Tapi jika kita melihat harga keduanya harap dimaklumkan jika di Thailand memiliki harga banderol yang lebih mahal karena harga SUV disana dikenakan pajak lebih mahal, di Indonesia justru aneh, yang dikenakan pajak kendaraan lebih mahal justru malah sedan, makanya di Thailand penjualan sedan berbanding terbalik dari Indonesia.

Mari kita bahas lebih lanjut, bicara fitur dan spesifikasi, bisa kita lihat bahwa Toyota Thailand melihat bahwa fitur keamanan adalah fitur pokok yang harus disematkan di mobil masa kini, bisa kita lihat, mulai dari tipe 2.4 V, All New Fortuner sudah dilengkapi dengan seperangkat alat keamanan aktif dibayar tunai, contohnya Traction Control, Stability Control, Trailer Sway Control, Hill Start Assist dan 7 buah airbags sudah menjadi standar, bahkan di tipe G manual saja perlengkapan tersebut sudah tersedia hanya minus airbag menjadi 3 buah saja.

Fitur dan interior kabin Toyota All New Fortuner baru 2016 versi Indonesia

Indonesia? Mungkin Toyota Indonesia masih berpikir masyarakat Indonesia masih belum begitu memperhatikan fitur-fitur tersebut, sehingga kita harus puas dengan ABS, EBD dan tiga buah airbag saja, sedangkan jika ingin lengkap seperti milik Thailand, kita harus mengambil varian 4×4 yang memiliki harga lebih dari 600 juta Rupiah. Selain fitur keselamatan, fitur-fitur seperti spion belakang automatic anti glare (electrochromatic mirror), electric tailgate, leather seat, electric driver seat dan LED interior lamp yang ada di VRZ, sudah menjadi standar di tipe 2.4 V, namun untuk cruise control hanya tersedia di varian 2.800 cc.

Meskipun milik Thailand terlihat lebih superior, sebenarnya varian Indonesia juga memiliki nilai plus yang tidak dimiliki varian Thailand, contoh sederhana seperti sensor parkir dan roof monitor yang sulit untuk ditutup itu tidak ada di varian Fortuner Thailand. Masih ada plusnya juga kan?

Lihat Juga : Intip Yuk Fitur Toyota Fortuner 2016 Terbaru Tiap Tipe

Nah, kurang lebih itulah perbedaan varian Fortuner Indonesia vs Thailand, mungkin jika pajak SUV besar seperti ini dibuat murah di Thailand, harga Fortuner Thailand bisa semurah varian Indonesia, Perbandingan mudahnya, lihat harga Toyota Corolla Altis Sedan di Thailand yang mulai dari 700 hingga 900 Baht di Thailand, dimana untuk varian yang memiliki harga 900.000 Baht, jika dikurskan ke Rupiah hanya sebesar 377 Juta Rupiah saja. Indonesia? Toyota Corolla Altis varian tertinggi dibanderol dengan harga 441 Juta Rupiah, sedikit lagi dapet Fortuner tuh, Hehehe….

Perbandingan-Fitur-dan-Spesifikasi-All-New-Fortuner-Indonesia-dengan-Thailand
Read Prev:
Read Next: