Lamborghini Huracan Kini Ada Versi RWD-nya, Bagaimana Jika Dibandingkan Dengan Versi AWD?

Lamborghini Huracan Kini Ada Versi RWD-nya, Bagaimana Jika Dibandingkan Dengan Versi AWD?
0  komentar
lamborghini huracan lp580-2 rwd

AutonetMagz.com – Lamborghini menepati janjinya. Jika dulu Gallardo standar punya 2 versi, yakni LP 560-4 yang AWD dan LP 550-2 yang RWD, maka kini Huracan juga harus punya, mengingat ia adalah penerus Gallardo. Setelah meluncurkan Huracan LP 610-4 yang berpenggerak AWD, ini waktunya versi RWD menunjukkan dirinya. Ya, Huracan baru berpenggerak roda belakang ini sekarang berlabel LP 580-2.

Cukup mudah membaca arti-arti dari kode LP 580-2, jauh lebih mudah daripada membaca arti kode lawan jenis. Angka 580 artinya ia punya tenaga 580 PS, dan angka 2 berarti penggerak 2 roda. Tenaganya memang mengecil dibanding Huracan AWD yang 610 PS, apalagi mesinnya masih sama-sama 5.200 cc V10. Tidak masalah sih, karena dengan RWD, Huracan ini bakal terasa lebih gampang diajak nakal sedikit dibanding yang AWD.

lamborghini huracan lp580-2 side

Figur performanya sebenarnya tidak sebaik yang AWD, karena jika yang AWD bisa menuntaskan 0-100 km/jam dalam 3,2 detik, Huracan RWD sedikit lebih lambat dengan 3,4 detik. Top speed 320 km/jam pun artinya versi RWD lebih pelan 5 km/jam dari yang AWD. Sisi baiknya, karena Huracan RWD lebih ringan 33 kg dari yang AWD, power to weight ratio-nya membaik, dari 2,33 kg/hp di versi AWD menjadi 2,4 kg/hp di versi RWD.

Sama seperti Huracan AWD, Huracan RWD punya cylinder deactivation system yang bisa mematikan 5 dari 10 silindernya saat kondisi berkendaranya tidak membutuhkan tenaga yang super dahsyat. Oh ya, karena tidak lagi berpenggerak AWD, maka engineer Lamborghini – atau mungkin Audi – harus menyetel ulang sistem stability control dan traction control-nya. Suspensinya juga dibuat lebih keras dan karakter setirnya direvisi.

lamborghini huracan lp580-2 interior

Ada pula sensor LPI (Lamborghini Piattforma Inerziale) yang letaknya tepat di pusat titik gravitasi yang membaca semua pergerakan mobil dan memberikan informasi kepada MRS (Magneto Rheological Suspension), setir dan stability control-nya. Lamborghini tergolong total dalam membuat Huracan RWD ini, bahkan ban Pirelli PZero-nya dibuat khusus hanya untuk model ini.

Lamborghini mengklaim konsumsi BBM Huracan terbaru ini mencapai 11,9 liter per 100 km, alias 8,4 kilometer per liter. Bisa saja sih, kan ada teknologi cylinder deactivation system tadi yang mampu membuat konsumsi BBM lebih irit, meski rasanya kalau sudah bisa beli Lamborghini, bakal aneh kalau masih suka komplain bahwa mobilnya boros. Soal penampilan, Huracan RWD punya muka yang sedikit berbeda dibanding versi AWD, tujuannya untuk aerodinamika yang lebih mulus, terutama di bagian depan.

lamborghini huracan lp580-2 rear

Harga Huracan LP 580-2 ini sekitar 150.000 Euro (2,18 M Rupiah), dan baru dikirim awal tahun depan ke konsumen. Akankah datang ke Indonesia? Pasti datang sih, mengingat konsumen loyal Lamborghini juga sangat antusias. Berarti sekarang tinggal menunggu penerus Gallardo Superleggera dari sang Huracan. Akankah pakai nama Huracan Superleggera? Kalau menurutmu bagaimana? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • pescarolo

    Bentuk bodi sama peleknya kerenan yg RWD sh ini.. Tp AWD ttep 4 better life sih

  • Aldio Fahrezi

    Wort it banget 2 miliaran udah dapet lambo yang hemat plus gak mudah overheat karena ada cylinder deactivation plusnya lagi modelnya juga modern baik di eksterior maupun di interior plus plus plusnya lagi perawatannya sama pajaknya lebih murah.☺