Kualitas Honda HR-V Indonesia Dikeluhkan Banyak Pengguna di Internet

by  in Honda&Mobil Baru
Kualitas Honda HR-V Indonesia Dikeluhkan Banyak Pengguna di Internet
0  komentar
Honda-HR-V-Indonesia-100-First-Unit

Jakarta, AutonetMagz – Salah satu tujuan dari membeli mobil baru adalah untuk mendapatkan rasa worry-free karena kita tidak perlu repot-repot lagi ke bengkel jika adanya kerusakan yang diakibatkan oleh usia kendaraan. Namun bagaimana jika mobil baru yang kita beli ternyata memiliki banyak permasalahan yang tidak wajar? Rupanya hal ini dialami oleh banyak pengguna Honda HRV yang belum genap 1 tahun.

Diawali dari sebuah surat suara pembaca di forum terbesar se-Indonesia, Kaskus. Rudi, pemilik Honda HR-V 1.8 2015 dari Jember mengutarakan pengalamannya bersama Honda HR-V yang terus dirundung masalah berkali-kali pada komponen yang berbeda beda.

Honda-HR-V-Prestige-Interior-Dashboard
Tercatat, HR-V milik Rudi yang baru menginjak 8.200 kilometer sudah memiliki masalah bunyi-bunyian di suspensi depan, belakang hingga dashboard, serta bunyi “Deg” yang cukup keras ketika mobil stop and go. Tidak hanya bunyi-bunyian, komponen lain seperti fog lamp yang mati, door trim bergetar, karet pintu putus dan wiper depan bunyi turut menambah penderitaan pemilik Honda HR-V tersebut, padahal mobil digunakan secara normal.

Untungnya dealer tempat ia membeli kendaraan sangat tanggap dan professional, tercatat Rudi sudah mendapatkan penggantian unit Electronic Power Steering, Rear Axle, Lower Arm, Drive Shaft, karet pintu dan lain-lain tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Hanya saja akibat pemeriksaan dan penggantian komponen oleh dealer, Rudi harus rela bolak-balik bengkel belasan kali dan menginapkan mobil dengan total lebih dari 14 hari.

Lihat cerita lebih lengkapnya di Kaskus

[su_custom_gallery source=”media: 37375,37376″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Berkat postingan Rudi di Surat Pembaca Kaskus yang menjadi viral, pengguna Honda HR-V lain juga ikut mengutarakan pengalamannya bersama Honda HR-V mereka yang bermasalah, dan umumnya masalah yang terjadi juga sama seperti yang dialami oleh Rudi di artikel yang sudah dibaca lebih dari 230.000 kali dan di share lebih dari 15.000 kali oleh netizen hingga tulisan ini diterbitkan.

Salah satunya adalah Andreas dengan ID kaskus dLiCiouss, pengguna HRV 1.5 E CVT 2015 yang mengalami kejadian serupa, padahal mobil tersebut baru menempuh jarak 1.000 kilometer. Ia mengutarakan dalam komentar bahwa mobilnya sudah mengalami 6 masalah mulai dari bunyi pada saat stop and go, bunyi-bunyian pada kaki-kaki depan, belakang, rem, getaran pada door trim dan kaca luar yang mudah berembun. Anehnya Andreas tidak langsung mendapatkan penggantian komponen untuk perbaikan dari dealer dengan alasan kilometer yang ditempuh baru 1.000 kilometer. Jika masalah tersebut masih berlanjut, bengkel resmi memintanya untuk membawanya kembali ke bengkel dan menunggu komponen pengganti secara gratis.

Baca Juga : First Impression Review Honda BR-V

Honda-HRV-Prestige-Engine-Bay

Keluhan-keluhan yang mencuat setelah adanya pengguna HR-V yang mencurahkan pengalamannya di Kaskus rupanya juga banyak dialami oleh pengguna HR-V yang tergabung dalam komunitas HR-V Devotee Indonesia. Namun ternyata tidak semua member Honda HR-V mengalami masalah serupa, banyak juga pengguna yang tidak mengalami masalah dengan mobil mereka.

Di Amerika dan Eropa, Honda dikenal sebagai salah satu pabrikan paling reliable karena memiliki daya tahan dan spare part yang mudah serta murah. Tetapi belakangan ini memang Honda sedang diterpa isu kualitas terhadap mobil-mobil baru mereka seperti Honda Jazz terbaru di Jepang yang berkali-kali di recall sehingga mengakibatkan gaji para eksekutif Honda terpaksa dipotong hingga 20%. Untungnya Honda Jazz versi Indonesia bukan buatan Jepang, melainkan CKD di Indonesia sehingga bebas recall.

Lihat Juga : Review Honda HR-V

Kabar terakhir, berdasarkan berita dari Otodriver, Honda Prospect Motor sudah menghubungi Rudi selaku pemilik Honda HRV 1.8 dan menurunkan tim investigasi untuk masalah ini, namun ketika AutonetMagz menghubungi Rudi, ia mengaku belum dihubungi pihak HPM. Umumnya jika pihak ATPM sudah melakukan investigasi mendalam, jika ditemukan kesalahan dalam proses desain atau produksi kendaraan, ATPM akan melakukan recall untuk seluruh unit yang memiliki model dan masa pembuatan yang sama dengan temuan unit yang bermasalah.

Semoga saja masalah yang menimpa unit Honda HR-V di Indonesia cepat tuntas agar pengguna Honda HR-V bisa menikmati mobil kesayangan mereka.

Read Prev:
Read Next: