KTM Dikabarkan Garap Segmen Adventure 125cc & 250cc, Debut di 2020

by  in Mobil Baru
KTM Dikabarkan Garap Segmen Adventure 125cc & 250cc, Debut di 2020
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah kabar menarik hadir dari segmen roda dua, dimana kita tahu dalam beberapa tahun terakhir ini segmen roda dua bertumbuh dengan banyak tren yang menyasar ke kalangan niche atau hobbies. Contoh paling gampang, kini sudah ada cukup banyak motor kecil yang mengusung tema adventure, trail, enduro, cafe racer, hingga retro modern. Padahal, dahulu motor – motor dengan desain semacam itu hanya ada di kubikasi besar saja. Nah, kali ini kabar menarik hadir dari KTM, dimana pabrikan ini digosipkan akan berinovasi di segmen 125cc.

Ilustrasi : KTM 390 Adventure

Mengutip informasi via GaadiWaadi, kabarnya pihak KTM sedang mempersiapkan versi adventure dari motor 125cc mereka. Jika mengacu pada nomenklatur milik KTM, motor tersebut bisa kita panggil dengan nama KTM 125 Adventure. Jikalau diperkenalkan nanti, besar kemungkinan KTM 125 Adventure menggunakan basis dari KTM Duke 125, seperti halnya seri adventure lainnya yang selalu berbasis pada seri naked Duke. Sebelumnya, pihak KTM sudah memperkenalkan sosok KTM 390 Adventure yang juga mengambil basis dari KTM Duke 390. Sedangkan proyek lain yang tengah digarap adalah KTM 250 Adventure, yang lagi – lagi mengambil basis dari KTM Duke 250.

Ilustrasi : KTM 390 Adventure

Nah, mengutip dari sumber, dalam investor meeting yang dilakukan oleh KTM, ada bahasan terkait 3 kubikasi mesin untuk motor adventure masa depan dari pabrikan asal Austria ini. Nah, angka 125cc disebut dalam pertemuan tersebut, melengkapi isu mengenai KTM 250 Adventure yang memang sudah berhembus terlebih dahulu. Jikalau benar, maka nantinya pihak KTM akan memiliki motor fairing, motor naked, dan juga motor adventure hampir di setiap kelas kubikasi, dan ini merupakan kabar yang baik. FYI, untuk mesin 125cc milik KTM sendiri memiliki tenaga maksimal di angka 14,3 hp dan torsi 12 Nm. Sedangkan versi 250cc-nya bertenaga 31 hp dengan torsi 24 Nm.

Ilustrasi : KTM 790 Adventure

Secara desain, nampaknya antara KTM 125 Adventure dan KTM 250 Adventure bisa saja memiliki kesamaan, atau setidaknya mirip – mirip. Kiblat desainnya sendiri dipastikan tidak akan jauh dengan KTM 390 Adventure yang lebih dahulu hadir. Praktis, hanya kubikasi 200cc saja yang tidak memiliki varian adventure, jikalau kedua motor ini terealisasi. Untuk pasar Indonesia sendiri pihak KTM masih setia dengan dua produk mereka, yaitu Duke Series dan RC-Series. Dengan berkembangnya pasar adventure, maka tak menutup kemungkinan salah satu dari kedua motor tersebut akan mampir ke Indonesia.

Jadi, kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Read Prev:
Read Next: