KTM dan CFMoto Resmi Bekerjasama, Segera Made in China

by  in Berita&International&KTM
KTM dan CFMoto Resmi Bekerjasama, Segera Made in China
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah menjadi rahasia umum jikalau motor – motor KTM kini diproduksi di dua pabrik mereka yang ada di Austria dan juga di India. Untuk pabrik di India sendiri bertugas untuk memproduksi motor KTM berkubikasi kecil, sedangkan pabrik di Austria lebih berfokus untuk motor berkubikasi besar. Masih ada juga pabrik di Indonesia yang sampai detik ini belum jelas juntrungannya. Namun baru – baru ini pihak KTM telah resmi menambah 1 fasilitas produksi baru lagi, dan kini justru ada di China.

Nah, kalau sebelumnya KTM diproduksi di India, alasannya cukup jelas karena Bajaj memiliki saham di dalam kudu KTM. Sedangkan untuk pabrik perakitan di China, KTM sendiri membangun sebuah kongsian alias joint venture bersama dengan pabrikan lokal, CFMoto. FYI, bagi kalian yang masih asing dengan nama CFMoto, pabrikan asal Tiongkok ini didirikan di tahun 1989 silam, dan memang berfokus untuk memproduksi kendaraan roda dua dan juga ATV serta side by side ATV. Beberapa motor CFMoto juga punya desain yang khas, seperti CFMoto 150NK, CFMoto 250NK, serta CFMoto 650 GT. Yap, CFMoto tidak cuma memproduksi mocil saja, tapi ada mogenya.

CFMoto 650NK

Pabrik perakitan yang didirikan oleh JV antara KTM dan CFMoto sendiri berlokasi di Hangzhou, China yang berjarak sekitar 200 km dari Shanghai. Nah, pabrik perakitan ini akan memiliki kapasitas produksi sebanyak 50.000 unit per tahunnya, dimana angka tersebut masih bisa ditingkatkan menjadi 100.000 unit di masa depan. Kedua belah pihak telah memulai pembangunan pabrik prakitan ini di bulan Maret 2018 silam, dan akan selesai di tahun 2020 mendatang, tepatnya bulan Juni 2020. Untuk produksi, perusahaan JV ini akan mulai merakit motor KTM pada bulan September 2020 mendatang, jika sesuai rencana.

CFMoto 650GT

Lantas produk apa yang akan diproduksi di pabrik KTM di China ini? Jawabannya adalah KTM 790 Adventure dan juga KTM 790 Duke. Jadi, kedua motor yang awalnya diproduksi di Austria tersebut akan dialihkan ke pabrik di China. Artinya, pabrik KTM di Austria akan lebih fokus untuk menggarap produk KTM di kelas flagship seperti KTM 1290 Super Adventure ataupun KTM 1290 Super Duke GT dan Super Duke R. Lantas, pemilihan CFMoto sebagai mitra strategis dari KTM sendiri bukannya tanpa alasan. Sejak 2011 silam CFMoto telah menjadi supplier untuk KTM di China, dimana pabrikan lokal ini mengimpor dan melakukan CKD untuk merk KTM di China.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: