All New Mercedes-Benz GLA Diperkenalkan, Lebih SUV!

All New Mercedes-Benz GLA Diperkenalkan, Lebih SUV!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kami sudah sempat membahas bahwa pihak Mercedes-Benz akan memperkenalkan sosok All New Mercedes-Benz GLA dalam waktu dekat. Dan sosok crossover berbasis Mercedes-Benz A-Class tersebut akhirnya sudah diumbar ke publik. Lantas, apa saja yang berubah pada sosok Mercedes-Benz GLA generasi terbaru ini? Mari kita kupas lebih jauh

Desain Eksterior

Oke, seperti biasanya, kami akan berkomentar terkait desain dari mobil ini terlebih dahulu. Kalau kita amati proporsi body mobil ini secara keseluruhan, kini Mercedes-Benz GLA tampil lebih SUV dengan tongkrongan yang lebih tinggi. Wajar saja, karena Mercedes-Benz GLA terbaru bertambah tinggi 104mm, lebih lebar 30mm, namun menjadi lebih pendek 14mm. Jadi, secara umum sosok Mercedes-Benz GLA terbaru bisa face to face dengan BMW X1 tanpa perlu minder lagi dengan tampangnya yang sebelumnya lebih cenderung ke arah crossover daripada sebuah SUV kompak.

Di sisi depan, Mercedes-Benz GLA terbaru menggunakan lampu baru yang masih bernuansa ala predator face dari Mercedes-Benz A-Class yang menjadi basisnya. Hanya saja, lampunya tak sesipit A-Class, malahan cenderung mirip lampu milik B-Class. Selain lampu, grille dari Mercedes-Benz GLA terbaru juga mirip milik B-Class, dengan bilah horisontal di tengah, logo yang besar dan aksen ala 3D. Bumper All New Mercedes-Benz GLA ini juga tampil lebih sporty dengan perpaduan warna hitam dan skid plate silver serta lampu kabut model bulat. Di sisi depan ini juga ada beberapa titik sensor untuk mendukung fitur – fitur keseamatan.

Pindah ke sisi samping, Mercedes-Benz menggunakan velg palang lima berwarna silver yang terlihat pas, lalu ada krom di window list-nya, dan juga ornamen silver di side skirt-nya. Untuk spion sudah dilengkapi dengan sein, dan di atapnya ada roof rail berwarna silver. Untuk lampu belakang, Mercedes-Benz GLA terbaru menggunakan lampu dengan bentuk yang sekilas mirip dengan A-Class. Lampunya menyipit dan ada LED bar-nya. Tampilan belakangnya lebih bold berkat dimensi yang bertambah tinggi, plus bumper belakang berwarna hitam dengan ornamen silver dan dua buak lubang knalpot mengotak yang sejatinya hanya ornamen saja.

Desain Interior

Masuk ke sisi dalam dari All New Mercedes-Benz GLA, maka kalian akan menemukan interior mobil ini menganut salam satu dashboard. Dashboard dari Mercedes-Benz GLA terbaru ini memiliki banyak kemiripan dengan A-Class, utamanya pada desain keseluruhan. Namun, ada beberapa detail yang berbeda dengan saudara hatchback-nya. Pertama, Desain plastik dasboard di sekitar panel instrumen digitalnya berbeda secara bentuk. Lalu, kombinasi warna yang ditawarkan di Mercedes-Benz GLA adalah beige dengan abu-abu gelap. Selain itu, di All new Mercedes-Benz GLA juga ada iluminasi warna biru muda di beberapa bagian.

Secara umum, tampilan interior dari All New Mercedes-Benz GLA lebih bergaya elegan dibandingkan dengan A-Class yang bergaya sporty. Tapi, di beberapa bagian seperti setir, panel instrumen, konsol tengah, hingga kisi dan controler AC, maka kalian akan menemukan kesamaan diantara keduanya. Perbedaan di bagian tersebut hanya pada skema warna saja. Wajar – wajar saja karena toh Mercedes-Benz GLA memang dikembangkan dari basis Mercedes-Benz A-Class.

Mesin & Fitur

Nah, Mercedes-Benz GLA generasi terbaru dijual dalam beberapa trim, antara lain Mercedes-Benz GLA250, Mercedes-Benz GLA250 4MATIC, Mercedes-Benz GLA200, dan si kentjang Mercedes-AMG GLA35. Untuk Mercedes-Benz GLA 250, pihak Mercy memberikan mesin 2.000cc 4 silinder dengan tenaga maksimal 224 PS dan torsi 350 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 8 percepatan otomatis. Sedangkan untuk Mercedes-Benz GLA200 mengandalkan mesin 1.330cc yang bertenaga 163 PS dengan torsi 250 Nm. Dan untuk Mercedes-AMG GLA35 menggunakan mesin yang sama dengan GLA250 namun tenaganya di-boost hingga 306 PS dengan torsi 400 Nm.

Untuk fitur, utamanya fitur keamanan, Mercedes-Benz memperlengkapi mobil ini dengan Mercedes-Benz Driver Assistance Package yang terdiri atas Active Distance Assist DISTRONIC, Active Steering Assist, Active Speed Limit Assist, Route-based speed adjustment, Evasive Steering Assist, Active Lane Keeping Assist, Active Blind Spot Assist, Active Brake Assist with cross-traffic function dan PRE-SAFE Plus system. Untuk fitur infotainment, All New Mercedes-Benz GLA dibekali dengan MBUX yang menyambung dengan panel instrumen yang terkoneksi dengan sat-nav. Selain itu MBUX di mobil ini juga memiliki fitur augmented reality, dan voice control.

Nah, jadi bagaimana penilaian kalian terhadap sosok All New Mercedes-Benz GLA 2020 ini? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: