Korlantas Polri Cetuskan Ide Ujian SIM Online

by  in  Berita & Nasional
Korlantas Polri Cetuskan Ide Ujian SIM Online
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak Negeri kita masuk ke dalam masa darurat pandemi COVID-19, banyak sektor yang secara terpaksa beralih ke layanan online. Mulai dari pelayanan publik, hingga ke penjualan produk, bahkan produk otomotif. Nah, kali ini, Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) mencetuskan ide untuk membuat ujian SIM secara online. Nah, ide ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin membuat SIM, namun masih ragu untuk datang langsung ke tempat ujian SIM. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Polisi menunjukkan kartu Smart SIM (Surat Izin Mengemudi) di Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) dan gerai SIM di Kabupaten Bekasi, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019). Kartu Smart SIM berfungsi sebagai alat pembayaran e-tilang, jalan tol dan transportasi umum dengan saldo maksimal Rp 2 juta . ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/hp.

Teori Online, Praktek Tetap Datang

Mengutip informasi via laman resmi Korlantas Polri, Kepala Korlantas Inspektur, Jenderal Istiono menjelaskan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan layanan SIM berbasis teknologi informasi. Nah, layanan ini akan mengakomodir ujian Teori untuk mereka yang mengajukan SIM. Jadi, ujian teori SIM akan dilakukan secara online, namun ujian praktek masih harus datang ke tempat pembuatan SIM terdekat. “Ujian SIM teori kedepan bisa dilakukan denganĀ online, tetapi untuk ujian praktek harus tetap hadir, karena ini merupakan kompetensi dari pemohon SIM“, ujar Istiono. Sayangnya, beliau belum bisa emmaparkan secara lengkap bagaimana teknos pelaksanaan ujian teori Online ini.

Yang jelas, Istiono menjabarkan bahwa ide ini merupakan target dari rencana 100 hari kerja Kapolri baru. Sebelumnya, Kapolri baru, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, sempat menyebutkan saat menjalani fit & proper test bahwa pelayanan Kepolisian bisa dilakukan secara daring. Nah, salah satunya adalah layanan ujian SIM. “Sebagai terobosan baru dalam modernisasi sistem pelayanan publik, diwujudkan dengan menyediakan beberapa pelayanan online dan delivery system. Tanpa perlu kehadiran masyarakat di lokasi pelayanan kepolisian ujar Kapolri. Menurutnya, masyarakat bisa mengandalkan aplikasi buatan polisi, tanpa harus secara fisik hadir ke lokasi.

Memudahkan Masyarakat

Sehingga masyarakat tak perlu datang ke kantor polisi, cukup masuk ke aplikasi tertentu yang nanti disiapkan sehingga kemudian dari aplikasi masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan“, tutupnya. Moderinsasi dan juga peralihan dari layanan konvensional ke daring memang kini menjadi salah satu solusi paling masuk akal untuk seluruh sektor. Di sektor otomotif sendiri, penjualan mobil kini sangat mengandalkan sektor online untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Selain itu, sejumlah pabrikan otomotif juga sudah meluncurkan dealer online yang bisa dilihat dari rumah. Pun begitu dengan pameran otomotif yang kini juga berubah menjadi online.

Jadi, apa tanggapan kalian?

Read Prev:
Read Next: