Genjot Ekonomi, Suzuki Ertiga Resmi Diekspor ke Brunei

by  in  Berita & Nasional & Suzuki
Genjot Ekonomi, Suzuki Ertiga Resmi Diekspor ke Brunei
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak pandemi COVID-19, roda ekonomi mulai melambat dan beberapa pihak merasa roda ini perlu diputar kembali jika ingin kondisi cepat pulih seperti sediakala. Untuk itu beberapa aktivitas dagang masih diperbolehkan, termasuk kegiatan skala besar seperti ekspor dan impor. Sebagai bentuk partisipasi, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) kini resmi mengekspor Suzuki Ertiga rakitan Indonesia ke pasar luar negeri.

Perayaan ekspor Suzuki Ertiga ini dilakukan di Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat. Presiden RI, Joko Widodo, baru saja meresmikan pelabuhan internasional ini, bahkan nantinya Pelabuhan Patimban akan menjadi pusat lalu lintas ekspor-impor untuk berbagai sektor, seperti otomotif, pertanian, kreatif, dan lainnya. Pada tanggal 20 Desember, jumlah Suzuki Ertiga yang diekspor ada 140 unit dan akan dikirim ke Brunei Darussalam.

Pelabuhan Patimban dibangun di atas lahan seluas 300 hektar dengan target kapasitas 7 juta peti kemas atau TEUs dan kapasitas car terminal yang dapat menampung 600 ribu unit kendaraan CBU per tahunnya. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pun mengatakan Pelabuhan Patimban ini akan mendukung industri otomotif, terlebih jika nantinya ada peningkatan ekspor atau kenaikan volume penjualan domestik kendaraan bermotor.

Saat ini, pengapalan kendaraan masih dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok. Namun, dengan adanya Pelabuhan Patimban sebagai pelabuhan baru yang jaraknya cukup strategis dengan salah satu pabrik CBU Suzuki di Cikarang, Jawa Barat kami berharap dapat membantu mengoptimalkan kegiatan kami sebagai APM industri otomotif dalam upaya berkontribusi kepada perekonomian nasional melalui ekspor kendaraan bermotor,” ungkap Seiji Itayama, presdir PT SIM.

Suatu kehormatan bagi Suzuki dapat terlibat langsung dalam acara soft launching Pelabuhan Patimban di Jawa Barat dengan mengekspor All New Ertiga yang juga diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. Tentunya, Suzuki Indonesia akan terus mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya memulihkan dan mempercepat laju perekonomian salah satunya melalui sektor otomotif,” tutup Itayama.

Read Prev:
Read Next: