Plat Nomor Canggih di Dubai : Habis Kecelakaan Bisa Panggil Polisi!

by  in International
Plat Nomor Canggih di Dubai : Habis Kecelakaan Bisa Panggil Polisi!
0  komentar

AutonetMagz.com – Plat nomor adalah sarana untuk memberikan mobil kita identitas yang akan didaftarkan di lembaga pemerintahan, termasuk untuk urusan pajak dan lain-lain. Fungsinya simpel, namun bukan berarti teknologi plat nomor tidak bisa dibuat lebih maju. Dubai misalnya, di mana mereka sedang dalam rencana untuk menguji coba plat nomor canggih mereka. Secanggih apaan sih, plat nomor doang kan?

Plat nomor canggih ini diberi nama Tag2Connect (T2C), dan di dalam plat nomor T2C ini sudah tertanam modul GPS dan fasilitas teknologi komunikasi nirkabel. Fungsi adanya GPS adalah untuk mengetahui ke mana saja sang empunya plat nomor pergi dan beraktivitas, sementara adanya komunikasi nirkabel berguna saat situasi genting, misalnya saat mobil habis kecelakaan atau digondol maling.

Jika kedua situasi tersebut muncul, plat nomor T2C ini akan langsung menghubungi pihak kepolisian untuk selanjutnya diselesaikan. Keren bukan?”Fitur ini akan membantu kita mempelajari kebiasaan tiap supir dalam berlalu lintas, melacak pergerakan tiap mobil dan menolong tiap pengendara untuk melakukan transaksi yang lebih mudah dengan pihak berwajib,”kata direktur lisensi pemerintah Dubai, Sultan Al Marzouqi.

Plat nomor T2C ini juga akan terhubung dengan akun Surat Izin Mengemudi (SIM) tiap supir, dengan tujuan untuk memudahkan pembayaran registrasi ulang kendaraan atau bahkan denda tilang tanpa harus pergi ke kantor pemerintah untuk mengurus kedua hal itu. Hm, kalau mobilnya dipinjam orang lain terus kena tilang, yang didenda adalah sang peminjam mobil atau yang empunya mobil ya? Sebal juga kalau kita tidak tahu apa-apa lalu didenda.

Para ahli resmi akan melakukan uji coba plat nomor T2C ini pada akhir tahun 2018, utamanya untuk melihat masalah apa saja yang akan ada kalau plat nomor ini dipakai massal. Selain itu, pihak pemerintah juga masih bingung soal harga teknologi ini. Bagus sih, asal data pergerakan mobil, pajak dan lain-lain yang ada dalam server dan database polisi tidak bocor dan digunakan untuk hal yang aneh-aneh ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: