Komparasi Toyota Fortuner VS Mitsubishi Pajero Sport

Komparasi Toyota Fortuner VS Mitsubishi Pajero Sport
0  komentar
komparasi mitsubishi pajero sport vs toyota fortuner

AutonetMagz.com – Mumpung masih kinyis-kinyis kedua SUV ladder frame ini diluncurkan di bumi Indonesia, praktis Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport sekarang bisa beradu satu sama lain, untuk membuktikan kenapa mereka layak dipuji dan kekurangan apa yang bisa bikin konsumen berpikir dua kali. Sebelumnya, mungkin kedua mobil ini sedih karena satu kontestan kuat lain yakni Ford Everest mengalami masalah dengan ATPM-nya di sini.

Kedua mobilnya ya yang sedih, ATPM-nya sih tidak tahu deh. Terus, bagaimana kedua mobil ini menghadapi satu sama lain dengan senjatanya masing-masing? Semuanya kami paparkan dalam tulisan berikut ini! Oh ya, yang kami jabarkan adalah Fortuner 2.4 G vs Pajero Sport Exceed dan Fortuner 2.4 VRZ vs Pajero Sport Dakar, semuanya yang 4×2, karena kami yakin tipe inilah yang bakal banyak diperhatikan konsumen.

Eksterior

bagian belakang toyota fortuner 2016 indonesia

Bagi mayoritas konsumen Fortuner dan Pajero Sport, mungkin akan mengamini bahwa keduanya punya desain dan gaya yang jauh membaik dibandingkan generasi sebelumnya, tapi harus diakui, Fortuner lebih main aman daripada Pajero Sport. Maksudnya adalah, desain Fortuner tidak punya elemen yang kelewat nyeleneh yang bisa bikin konsumen sangat suka atau malah sangat benci. Kebiasaan Toyota memang, rata-rata desain barunya harus bisa main aman (kecuali Sienta).

eksterior toyota fortuner 2016

Bahkan tarikan garis yang menonjol di sisi sampingnya itu masih tergolong desain yang menarik tapi masih aman, karena tidak begitu merusak penampilan keseluruhan. Di lain sisi, Mitsubishi mendesain Pajero Sport dengan… Entahlah, sebenarnya kesan futuristiknya sangat berhasil dicuatkan, terutama di mukanya. Kebanyakan chrome? Memang, tapi kalau melihat mobil ini langsung, bakal sepakat kalau muka depannya memang ganteng, bisa menandingi mukanya Fortuner. Terima kasih kepada muka dengan desain Dynamic Shield baru Mitsubishi.

Mitsubishi Pajero Sport baru 2016

Tapi kalau sudah melihat belakangnya, siapkan tisu. Lihatlah desain lampu remnya yang bagaikan “Air Mata Elif” itu. Tidak semua orang suka bagian ini, karena memang bukan desain yang bisa diterima seketika dengan mudah. Bukan tidak mungkin orang yang terjebak kemacetan persis di belakang Pajero Sport baru bakal ngedumel melihat bagian belakangnya. Tapi jika anda suka dengan desain ini, maka tidak ada masalah sama sekali. Overall, tetap saja keduanya membaik dibanding pendahulunya.

All New Pajero Sport baru 2016 versi Indonesia tampak belakang

Lalu kalau fitur di luarnya bagaimana? Persaingannya ketat, contohnya di bagian depan. Fortuner SRZ dan VRZ punya lampu Bi-LED untuk lampu dekat dan jauh, sementara Pajero Sport hanya untuk satu mode saja lampu LED-nya. Bagi pecinta kebersihan lampu mungkin akan memilih Pajero Sport Dakar, karena sudah punya headlamp washer bawaan, bisa membersihkan lampu depan dengan kekuatan mencuci 10 tangan 20 kaki. Setidaknya, keduanya sudah punya foglamp dan LED DRL.

headlamp led toyota fortuner 2016 indonesia

Keduanya sama-sama punya pelek 18 inci di varian SRZ, VRZ dan Dakar, sama-sama two tone juga meski beda model. Pilihan ban Fortuner waktu diluncurkan adalah Dunlop dan Bridgestone, sementara Pajero Sport adalah Dunlop dan Toyo. Dari sektor kaki-kaki, Pajero Sport Dakar menang di rem cakram belakang, sementara Fortuner masih teromol di varian mana pun. Akan tetapi, suspensi belakang Fortuner pakai 4-link sementara Pajero Sport 3-link.

Washer lamp Mitsubishi Pajero Sport 2016 baru versi Indonesia

Spion keduanya sama-sama punya lampu sein, tapi hanya Fortuner yang punya lampu welcome light di tipe tertentu. Keyless entry? Fortuner dan Pajero Sport punya hal itu. Sama halnya dengan roof rail, lampu belakang LED, sensor parkir, side step dan kamera parkir, baik Fortuner VRZ dan Pajero Sport Dakar punya juga hal-hal tadi. Akan tetapi, Pajero Sport Dakar menang atas sebuah sunroof, sementara Fortuner atapnya polos tanpa noda dan dosa. Yah, setidaknya Fortuner bisa bangga dengan cover ban serep kolongnya karena Pajero Sport tidak punya.

Interior

Kembali, Pajero Sport mau tidak mau harus mengakui kalau Fortuner punya desain dan finishing yang melebihi dirinya. Meski mirip dengan Kijang Innova dan Hilux, kami akui desain interior Fortuner sekarang membaik dari sebelumnya, itu belum termasuk lapisan kulit di beberapa sektor yang masih terlihat mata yang mengangkat kesan mewah. Panel kayu di sekitar tuas transmisinya juga bagus dan tidak terlihat murahan, tapi tetap saja ada plastik keras di beberapa bagian.

interior toyota fortuner 2016 indonesia

Sebaliknya, desain interior Pajero Sport tidak terlalu atraktif dibandingkan Fortuner. Kesan standar, biasa dan konvensional sangat tepat diutarakan untuk menggambarkan bagian dalamnya. Plastik-plastik keras pun sangat dominan, jauh lebih banyak plastik pada Pajero Sport daripada Fortuner, tidak termasuk panel kayu yang terkesan kuno dan murahan pada Pajero Sport Dakar. Anehnya, pada Pajero Sport Exceed, panel piano black-nya malah terkesan lebih mewah.

Head unit audio Pajero Sport baru 2016

Sisi baiknya, baik Fortuner maupun Pajero Sport punya bulit quality jempolan, jok kulit dengan pengaturan elektrik untuk pengemudi (di tipe VRZ dan Dakar), tilt & telescopic steering, MID, kamera parkir, navigasi, dan AC otomatis. Hanya saja AC otomatis pada Fortuner VRZ dikemas dengan bentuk yang lebih mewah daripada milik Pajero Sport, karena milik Pajero Sport desainnya mirip sekali dengan city car Mitsubishi Mirage. Desain panel instrumen dan head unit Fortuner juga lebih berkelas daripada Pajero Sport.

head unit toyota fortuner 2016 indonesia

Tapi sekarang saatnya Pajero Sport bersinar, karena di tipe Dakar, sudah ada rem parkir elektrik dan transmisi otomatis 8 percepatan, kelihatan lebih menggiurkan daripada rem tangan mekanik dan transmisi 6 percepatan otomatis milik Fortuner. Berikutnya, Pajero Sport Dakar punya sunroof, berguna untuk hiburan saat tamasya dan menunjang penampilan mobil 500 jutaan, sementara Fortuner tidak. Yang bisa diandalkan Fortuner untuk membalasnya adalah pilihan mode berkendara antara ECO dan PWR serta cooling box yang tak ada di Pajero Sport.

Fitur Electronic Parking Brake Mitsubishi Pajero Sport baru 2016

Sebagai penumpang bangku baris kedua, ada cara berbeda yang ditunjukkan Fortuner dan Pajero Sport untuk memanjakan penghuni baris itu. Fortuner lebih mementingkan fasilitas, maka dari itu Fortuner VRZ memiliki roof monitor – meskipun monitornya jelek – untuk penumpang belakang, pengait untuk gantungan, power outlet 12V dan mekanisme sliding di jok baris kedua. Jika ditanya soal ini, Pajero Sport hanya bisa gigit jari, karena itu semua tidak ia miliki, bahkan di tipe Dakar sekalipun.

kabin baris kedua toyota fortuner 2016 indonesia

Lalu, apa yang menjadi kelebihan Pajero Sport di baris kedua dibanding Fortuner? Dengan sangat yakin kami bisa menjawab : ruang. Baik ruang kaki maupun ruang kepala Pajero Sport punya kelegaan yang melebihi Fortuner, terlepas dari absennya fasilitas sliding yang berguna jika penumpang baris ketiga minta legroom lebih. Bergerak di kabin Pajero Sport rasanya lebih mudah daripada di kabin Fortuner. Fitur yang sama untuk keduanya adalah akses one touch tumble untuk baris ketiga, armrest belakang dengan cup holder serta ventilasi berikut kontrol AC di bagian atap.

Posisi duduk di jok tengah dan jok belakang Pajero Sport baru 2016

Tidak banyak yang bisa diceritakan di bangku baris ketiga kedua mobil ini. Di bagian tersebut, keduanya memiliki ventilasi AC, sabuk pengaman, tempat penyimpanan serta power outlet 12 V. Yang bisa ditunjukkan adalah ruang baris ketiga Pajero Sport kembali berjaya atas kelegaannya dibandingkan Fortuner. Jika saya yang punya tinggi 178 cm kepala dan kakinya mentok di Fortuner, maka kepala dan kaki saya masih punya ruang di Pajero Sport. Biarpun begitu, duduk di baris ketiga tetap bukan pilihan yang nyaman sekali di kedua mobil ini.

baris ketiga toyota fortuner 2016 indonesia

Bagasi kedua mobil ini nyaris identik, dan keduanya punya metode pelipatan bagasi yang berbeda. Fortuner memilih bangku baris ketiga yang bisa dilipat menyamping seperti Kijang Innova, dan Pajero Sport memilih bangku baris ketiga yang bisa dilipat rata lantai dengan bagasi. Pelipatan keduanya masih tergolong mudah, dan untuk bangku baris keduanya hanya bisa dilipat ke depan saja secara sederhana. Di sini, Fortuner menang fitur bagasi karena pintu bagasinya sudah elektrik sementara Pajero masih pakai otot, tapi kembali Fortuner harus mengakui kalau ruang yang dimiliki Pajero Sport lebih lega, termasuk di bagasi.

bagasi toyota fortuner 2016 indonesia

Fitur keselamatan kedua mobil ini pun bersaing. Fortuner G dan VRZ punya 3 airbags, lebih banyak daripada Pajero Sport yang hanya 2 di tipe manapun. Meski demikian, fitur keselamatan aktif Pajero Sport Dakar tidak buruk dengan adanya hill start assist, stability control, traction control dan lain sebagainya. Yang Dakar ya, bukan yang Exceed.

Ruang kabin interior Mitsubishi Pajero Sport baru 2016

Sekilas untuk penumpang sudah kelihatan kesimpulan singkatnya, jika mau yang sajian fiturnya lengkap, ada di Fortuner VRZ, tapi kalau tidak mau sempit-sempitan dan fitur keselamatan aktifnya tersedia dengan layak, Pajero Sport Dakar adalah pilihan bijak.

Mesin

Mesin diesel milik Fortuner baru kini juga baru, berspesifikasi 2.400 cc 4 silinder turbo yang sama dengan Kijang Innova. Karena harus menanggung beban hidup yang lebih berat dari Kijang Innova, maka dari itu tenaga dan torsi mesin ini dinaikkan saat dipasang di Fortuner, mencapai 149 PS dan 400,1 Nm. Dibandingkan dengan mesin Pajero Sport Exceed, jelas Fortuner menang, karena mesin 2.500 cc 4 siliner turbo diesel Pajero Sport Exceed hanya mampu 136 PS dan 324 Nm saja. Apalagi soal transmisi, Fortuner punya 6 percepatan sementara Pajero Sport Exceed hanya 5 percepatan.

mesin toyota fortuner 2016 indonesia

Tapi itu semua berubah saat Pajero Sport Dakar baru menyerang. Mesin baru milik Pajero Sport Dakar bisa membuat Fortuner terkesan lemah syahwat, karena meski spesifikasinya sama seperti Fortuner, 2.400 cc 4 silinder turbo diesel, tenaganya bisa mencapai 181 PS dan torsinya 430 Nm. Jangankan mesin, transmisi Pajero Sport Dakar yang 8 percepatan pun membuat transmisi 6 percepatan Fortuner seolah biasa saja.

Mesin Pajero Sport baru versi Indonesia 2016

Kesimpulan

Sebenarnya dengan semua kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing kontestan, kami merasakan persaingan yang sama kuat, tidak ada yang superior maupun inferior. Fortuner boleh bangga dengan desainnya yang aman, 3 airbags, interior yang bagus dan ditata lebih baik, fitur pemanja penumpang seperti roof monitor, cooling box, welcome light, pintu bagasi elektrik dan lain-lain. Tapi Fortuner harus fair, karena Pajero Sport Dakar bisa menang di mesin dan transmisi (yang Dakar, bukan yang Exceed), kabin lebih lega, rem parkir elektrik, sunroof, headlamp washer, rem cakram belakang dan lain-lain.

eksterior toyota fortuner 4wd 2016 indonesia

Tapi kami sediakan konklusi singkat. Jika budget anda ada sekitar 460 jutaan dan harus memilih antara Fortuner G dan Pajero Sport Exceed, kami merasa Fortuner adalah yang paling pantas dibuatkan SPK-nya. Lain cerita jika anda rela menggelontorkan uang lebih hingga 500 jutaan, karena jika disuruh memilih Fortuner VRZ dan Pajero Sport Dakar, rasanya Pajero Sport Dakar adalah yang paling layak ditebus. Kembali lagi, pilihan ada di tangan dan saldomu.

Pajero-Sport-Indonesia-design

Bagaimana menurutmu Fortuner jika dibandingkan dengan Pajero Sport? Sampaikan di kolom komentar dan simak tabel perbandingan antara keduanya di bawah ini!

tabel komparasi toyota fortuner vs mitsubishi pajero sport
Read Prev:
Read Next:
  • nusantara nusantara

    selain jumlah diler dan tempat service, PJS menang, selagi fortuner pakai sasis ipah, gak optimal maen lumpur, makanya sektor fleet/ perusahaan batubara, minyak gas, sawit, karet jarang pake hilux yg sasis sama kayak ipah, CMIW

    • Hillarius Satrio

      lah, Pajero Sport pake sasis Triton. mereka ini pikap di-SUV-in lho

      • nusantara nusantara

        maksud ane, double cabin dijadiin triple cabin SUV, ato sebalknya masih oke sasisnya, klo dari MPV dibikin ke triple cabin SUV ato double cabin, kurang pas

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          MPV ke triple cabin SUV… Tpi justru ipah pake sasih hilux bro… Duluan hilux, bahkan fortuner dulu baru ke ipah. Kesimpulan fortie pake sasis hilux. Ipah pake hilux sasisnya. Susah kan gan mikirnya… Intinya sih fortie pake hilux dulu, krn launchingnya duluan hilux. Kesannya tuh pickup di SUVin dr pada MPV di SUVin… Intinya sama aja gan innova-hilux-fortie. Mesin sama, sasis sama, transmisi AT sama. Fiturnya jg beda2 tipis (hanya permainan di tipenya aja)

          • AE86

            Duluan Innova bos di Th 2004, fortuner nyomotnya hilux th 2005, dulunya bukan fortuner namanya, tpi Hilux sport rider.
            Just info.

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Kan untuk yg all new mas… Bukan yg lama. Klo yg lama mah saya jg setuju

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Klo Hilux SW4 jg ya gan kyknya selain sport rider

          • Bimo Alexander

            Itu masuk indonesianya bos 2005.. di developementnya, sasis imv (yg dipake bertiga hilux,fortu,ipah) udh dari tahun 1997.. hilux di develop dari 1998 fortuner udh di develop dari tahun 1999..innova (2004) di develop dari 2001… tp tahun marketingnya/pemasarannya/penjualannya beda.. innova duluan, baru fortuner, baru hilux… pdhl urutan developement-nya 1.hilux 2.fortuner 3.innova.

            buktinya hilux sama fortuner duluan fortuner masuk indonesia (fortuner 2005, hilux 2008, innova 2004)… gimana caranya kalo innova & fortuner udh ada tp hilux belom.. pdhl innova & fortuner basisnya hilux… jd agan harus paham tahun pas dijual beda sama taun mobil itu dirancang/design/engineriing…. jd fortuner itu didevelop setelah hilux bukan innova, innova yg di develop dari fortuner….

          • AE86

            secara global fortuner dipasarkan th 2005 dan Hilux gen 7 (Global) dan INV (INA) 2004, basis market terbesar adalah asia, ya pasti bos produk plan HiL, frt dan Inv jauh2 hari sebelum dilepas dipasaran saya sangat setuju. pasti hilux adalah sesepuh dari dua model FRT maupun INV mengingat (hilux 1968 sd sekarang) total sudah 8 generasi, sementara FRT/INV(gak pake kijang) baru 2 generasi.
            so, model (HIL, INV&FRT) ini dikembangkan dari satu project oleh engineer nya toyota.

          • Bimo Alexander

            Iya bro.. biasa biar hemat budget.. lumayan cuma engineering 1 sasis sama bbrp tipe mesin (bensin & diesel) bisa jual 3 model beda harga semua wkwkw… pdhl theoritically (terlepas dari fitur yg di “pakek-in”) harusnya innova hilux sama fortuner harganya mirip2 (ga sampe beda lebih dari 30jt).. tp udh biasa sih gan di dunia marketing mobil, merk lain jg banyak.. termasuk eropa kyk vw.. malah kadang sampe 1 sasis buat 3 merk (e.g vw tourage, porsche cayene,audi q7) wkwk

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          Sama aja gan intinya… Nenek moyangnya justru hilux dulu. Baru fortie dan adeknya innova. Bedanya klo ini ada versi MPVnya. Klo yg lain cuma pickup dan SUV

          • Bimo Alexander

            Mitsubishi jg ada kok gan versi mpv-nya dari sasis ini…. mitsubishi fuzion pake sasis pajero sport sama triton jg kyk innova pake sasis fortuner sama hilux… di filipin bersaing sama innova tp tetep kalah pamor, di indonesia jg ga dimasukin… agan browsing aja sendiri modelnya gado2.. exterior kyk mitsubishi kuda, interior kyk nyomot punya grandis tp failed jatohnya jd jelek karena kesannya maksa… makanya di indo ga dimasukin pdhl bisa jd alternativ buat nyari mpv yg rasa2 ato setangguh suv selain innova… skrng innova satu2nya mpv di pasaran yg ga pake sasis monokok

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Padahal disana masih ada mitsu kuda ya gan?? Ane lupa namanya di filiphina. Tpu masih dijual itu mobil.. Gk all new all new

          • Bimo Alexander

            kalau ga salah ya gan mitsu fuzion ini buat replacing/mengganti mitsu kuda.. sama kayak kijang innova gantiin kijang kapsul di indo.. jd mitsu kuda (di filipin namanua mitsu adventure/jolie) udh ga dijual lg diganti sama mitsu fuzion gan 🙂

          • joni

            duo kaleng mpv sasis tangga juga om

          • Dark

            what? xenia avanza lo bilang pake sasis tangga? belajar dulu deh jon…..
            ngakak gue

          • joni

            Trus pake monokok? Mulai skarang Gw saranin lu ganti nama daripada menanggung rasa hina dina

          • Dark

            Lo tau bedanya ladder frame,monokok,sama unibody?
            Lo kali yg bakal menanggung rasa hina dina
            Ckckck cuma segini ilmu lo jon?

          • nusantara nusantara

            si agan suka oot nih

          • Bimo Alexander

            Hehe enggak om, avanza-xenia sasisnya monokok… emang sih rasanya kayak naik pick up (kerasnya) tp dia malah pake struktur body mobil kyk pada umumnya gan… innova yg sasisnya pick up (pake sistem ladder frame-nya hilux) malah jauh lebih nyaman (empuk) hehe..

          • joni

            oooi @Dark, lu kalo bodoh jangan nuilarin orang dong cukup lu sendiri aja, Tuh gara-gara elu ada yangnyangka avanza sasis monokok. Tanggung jawab jangan kabur mabur lu.

          • Alfian

            pak saya mau nentang avanza-xenia itu pakai ladder frame bukan monokok

        • Bimo Alexander

          Urutannya tuh. 1. Hilux 2. Fortuner 3. Innova….. jadi fortuner itu pake sasis hilux = pajero sport pake sasis strada triton…

          Kalo ngomongin fortuner ga tangguh karena sasisnya sama kyk dipake mpv kijang innova, agan harus browsing MITSUBUSHI FUZION itu mpv pake sasis pajero sport dan strada triton….jd pajero sport ga tangguh dong sasisnya sama kyk mpv Fuzion? Enggak kan… justru yg ada sebaliknya.. buat ukuran mpv, innova & fuzion tangguh bgt dibanding mpv lain dikelasnya yg pada pake sasis monokok…

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Bang. Lu kan ngerti byk otomotif ya.. Gw pgn nanya gaji desainer mobil/tahun/mobil brp ya? Pgn tau bgt. Klo junior brp? Klo senior brp bang?? Makasih

    • jelaga

      Well aneh sih kalau bolang sqsis hilux ga kuat maen lumpur. Secara di negara lain hilux lebih terkenal daripada triton soal kemampuan off road nya.

      • nusantara nusantara

        bisa bantu bro negara mana yang banyak pake hilux buat maen lumpur

        • Dark

          well, bagaimanapun juga cuma hilux yang udah sampai ke kutub utara. pernah nonton kan?
          gue juga punya triton dan hilux, kalo buat dihajar keluar masuk kebun sawit keduanya sama-sama oke kok. emang sih masi lebih asik pake triton
          tapi kalo pas waktu servis gue acung jempol deh ama toyota, itu triton nguras kantong banget emang….

    • Hilux terkenal durable di europe, tapi buat main tambang sama perkebunan di kalimantan masih kalah kuat dibanding strada dan ranger di sektor kaki-kaki, mesin dieselnya juga kurang tenaga (pengalaman miara ginian waktu main rental tambang).

      Tapi hilux generasi baru ini sasisnya baru dan dipertebal di setiap komponen utama menurut Product Planning Toyota, makanya bobotnya bertambah signifikan, termasuk Innova yang bobotnya naik 200 kilo lebih, karena pas bikin platform Innova, Toyota ogah develop lebih dari basis Hilux karena jatohnya mahal nanti karena common partsnya jadi sedikit. Kita lihat aja hilux baru nanti gimana durabilitynya buat disiksa di pertambangan. Nah beda sama PJS baru, meskipun basisnya sama-sama dari basis Triton, di sektor kaki-kaki konon di develop ulang, makanya bawa pjs baru rasanya jauh berbeda sama triton “katanya”, entah ngaruh sama durabilitynya, tapi emang triton badak banget sih. CMIIW

      • farid

        Bang ridwan,setau saya hilux itu terkenal durability nya di seluruh dunia,di negara timur tengah yg kondisi alamnya gurun dan iklim panas hilux itu lebih laku penjualannya dibanding triton dan ranger.begitupun di australia,disana hilux adalah market leader di segmen mobil pickup truck

        • tul, tapi pengalaman di medan kalimantan, sumatera dan kawan-kawan tetep hilux masih kurang durable, coba tanya temen2 yang punya fleet… hehehe

          • SVD

            Menurut ane yg lebih value for money =

            Kalau budget ada 500 ambil Passport Dakar 4×2
            Kalau budget ada 630 – 650 ambil Fortuner VRZ 4×4

            Itu…..

          • AE86

            Strada di Sumatra udh mulai jarang bos, sejak perpindahan hilux 3.0 ke 2.5, lebih banyak hilux yg sleweran disini.

      • irzal A.S

        Enth knp klo di chanel europe mlh bnykn triton,navara,gmc,colorado chevro ,ranger yah? Comparasinya hilux sdikit. Bahkan yg high dcabnya nissan titan vs dodge vs f raptor ataupun ford 150 dn chevro silverado yg tundra punya tatonyo jrng di compare. Mungkin europnya beda daerah hehe cmiiw.

        • Brabusbus

          Itu di Amerika bro, karena di Eropa gak masuk GMC, Ford F150, Tundra & Silverado.

          Dan Hilux sendiri gak masuk di Amerika, gmn mau ada reviewnya..

      • Blank200

        kmaren ane uda tes fortuner vrz 4×2 nya di alsut… Coba dibejek sih menurut ane biasa aja ya.. Mesin mau respon baru diatas 2500 rpm.. Yg ane ga suka si utk kabinnya kok berasa lebih kecil ya.. Jarak headrest nya hampir nempel.. Utk pajero sport ane blom coba… Apakah jg sperti itu bro .. Dalem nya wkwkwk…

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          Udh nyoba mode powernya blom gan??

          • Blank200

            Malahan begitu nyala ,iseng ganti mode power gan.. Wkwkwk ..mode power nya tergolong biasa aja .. Mau respon diatas 2500 rpm gan.. Menurut ane sih ,kalo udah gatel lepas eco mode mending ganti power aja langsung.. Normal ga gitu ngefek dr eco..

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Wan, gw pgn tau bgt gaji desianer mobil/tahun/mobil brp ya?? Klo yg junior brp? Klo dah senior brp yah kira2?? Ada gk yah 1 juta USD??

    • Soni Hermawan

      Salah, dari awal pengembangan 3 mobil IMV toyota berawal dari hilux bro, dari hilux dibuat jadi suv (double cabin hilux dibuat triple) ,nah selanjutnya innova.. dan mereka semua berasal dari pick up double cabin hillux..

    • Oki Ngew

      Gak juga sih. Toyota tangguh & cukup nyaman. Triton lebih tangguh tapi keras. Ranger yg paling enak – menurut papa saya yg kerja di tambang. Disana ngelewati rute jalan2 tambang selama 5 jam lebih. Katanya kalau naik triton bikin pegal2 badan

  • Allyza

    Kalo ada Everest mantap nih

    • Andra Febrian

      Kesian, APMnya mau tutup

      • nusantara nusantara

        tutup karena takut rugi, banyak ATPM pejualan dibawah ford, tapi masih gagah berani jualan dengan berbgai macam strategi marketing, toh survive aj

  • Endefloor

    Kemaren di test drive jalanan bintaro deket dealer mitsubishi nya, menurut gue tampang pajero sport lebih berkesan mencerminkan mobil baru yg gagah dan elegan, udah dipasang spoiler, air mata elif ga ngaruh apa apa kok, malah cakep dan garang #imho

    • ekkyfir

      Di bintaro udh ada unit test drive nya bro ?

      • gaps

        Di Alsut juga udah ada. Sering warawiri unit tesnya dijalan sana

        • ekkyfir

          Kalau di alsut ane tau, tp ane domisili di bintaro jd kalau ke alsut rada jauh jg… Hahaha

      • Endefloor

        Udah bro cek aja ke tkp

        • ekkyfir

          Siap bro, thanks info nya

  • SemuaSukaTurbo

    Cukup setuju dengan konklusi dari artikel ini.
    Budget pas-pasan, ambil Fortuner G
    Budget berlebih, ambil Pajero Sport Dakar

    tambahan dari saya:
    Daripada Innova Q, mending nambah dikit dapat Fortuner.

    • Allyza

      Kalo menurut “ane” sih mending ambil innova type Q, knp? Karena
      1. Kabin lega gak kaya fortie yg sempit
      2. Chasis-nya sama
      3. Mesin sama, dinaikkan dikit forti-nya
      4. Fitur kurang lebih

      • Andy

        Setuju. Cuma kurang gagahnya aja.

      • aiueo

        Kalo ane mending fortuner, gengsinya udah beda jauh
        Kijang tetaplah kijang

        • Allyza

          Jangan remehkan kijang gan

          • aiueo

            Terus mau di apain gan? Dipuja?
            Kan emang kenyataan gengsinya fortuner menang kemana mana dibanding kijang

          • Allyza

            Benci community TKCI ya……? Tenang gan gua bukan anggota TKCI dan btw gua punya kijang krista

        • nusantara nusantara

          setubu gan harga boleh mirip, klo turun dari portun ato pajeroh, gengsi naik

  • kabe kabe

    Yup. Ane jg stuju. Untuk fortie ambil yg terendah aja karena dah >cukup. Paspor plg gk yg dakar 4×2. Exceed msh pake mesin lama. Msa beli mobil all new tp mesin kemarin..

    • Levy Pillar

      Tapi kalo merknya T*y*ta pasti ada aja yang mau beli ?

      • nusantara nusantara

        agan baper ah

  • joni

    Menurut ane ga perlu bandinging lama2, udah jelas malaikat juga tahu siapa pemenangnya.

    Jelas Pasport Dakkar lah: 181 dk, 430Nm, 4 disc brakes. Nuff said. Itu kalo yang mau nyari SUV sejati terbaik di kelasnya loh ya. Kalo yang mau mobil boyo bin banci (tenaga nambah seicrit tapi berat nambah 200kilo cing! Tromol belakng pula hueeeks) yang silakan lirik satunya.

    • Andra Febrian

      Beli mobil nyari tenaga sama rem doang? Serius bang?

      • joni

        “Car guys know that horsepower cures all problems” -Jay Leno.

        Masalhnya sekarang, lu orang yang paham mobil bukan(car guy)?

        • Levi

          Gw bukan montir atau pebalap yg butuh paham mobil, yg gw minta cm mobil yg aman, nyaman, dan nggak underpowered buat keluarga, dan yg pasti irit

          Masa” mobil yg HP’nya gede udah mulai luntur disini. Lagian kl orang mau buat mobil dinas doang, buat keluarga, masa iya cr yg HP’nya gede ? Boros dong ? Jalan indo macet lagi ..

          • Hamid Rosyidi

            Mungkin dia punya jiwa pembalap yang tinggi :v

          • Astaga

            mungkin dia joni MOPAR si fanboy mopar…wkwkwk

          • joni

            Klo iya, so what?

          • Astaga

            gk apa” kok gan…jangan baper wkwkwk, kan saya cuma mencari “kebenaran” hahaha

          • joni

            Gua aja gak inget lu, tapi elu yang bawa mopar2an di sini. Semembekas itukah elu sama komen2 gua dulu? Now, yang baper siapa?

          • Astaga

            nama anda antik waktu itu, makanya saya inget terus…dulu nama saya bukan ini, saya juga pernah komen sesuatu di artikel yg anda komentari, saya juga udh lupa, tapi yg jelas dulu anda pernah dituduh fanboy, entah apa ya, tapi yg jelas anda bales kira” begini : “gw fanboy mopar, bukan yg lain”, bener gk?

          • joni

            That`s right. Gw fanboy Mopar, tapi untuk diskusi konteks Indonesia ya perlu penyesuaian nama lah bro. Gw keluarin nama “Mopar” kalo perlu aja. Peace.

          • Astaga

            santai aja kali gan, jangan dibawa emosi…

          • Alfian

            sumpah dah gua liat komennya si joni bikin naik darah

          • Levi

            Hahaha kalau mau balap jgn pake SUV bro, jd SUV guling namti ?

          • Astaga

            ttg SUV kenceng, ngomong” ada bentayga nih…SUV yg tangguh sekaligus terkencang di dunia saat ini

          • Levi

            Waduh, ampun gan kalo harganya sudah macam Bentley
            ?

          • Astaga

            iya gan…perlu harta tujuh turunan bwt beli mobil semacam ini

          • Hamid Rosyidi

            Ngeri baret baret kalo kemahalan. Hihi

          • Astaga

            apalagi jakarta gan…motornyaaa..beuuh, mantappffss…kiri kanan fulllll…hahaha…rentan baret kalo di jakarta..hahaha

          • Hamid Rosyidi

            Mobil biasa baret baret gampang mulihinnya. Mobil mewah? Entahlah ?

          • Sugiono

            nyaman : Pajero Sport
            Aman : Pajero Sport
            Nggak Underpowered : Pajero Sport
            Irit : Fortuner

          • joni

            Nah ini. Note: irit juga bedanya sesendok.

          • Levi

            Nyaman, Canggih, Mewah & Irit : Fortie

            Powerfull, Luas, Sunroof : Pajero

          • Astaga

            -nyaman pajero sport, karena : lebih lega, suspensi lebih empuk
            -aman pajero sport, karena : ada TCS,HSA,VSC,dan TSA
            -nggak underpowered ya pajero sport, karena : mesin 181 PS dan torsi 430 Nm, transmisi udah 8-speed
            -irit ya fortuner, karena : bukan performance oriented

          • Levi

            Wait, suspensi PS skrg lbh empuk? Ane baru tau ?

          • Astaga

            yap, tanya aja sama yg udh test drive…saya sendiri udh gan..emg lebih empuk skrng

          • Levi

            Interesting. Kl di Sby blom ada test drivenya gan, kalau Fortie yg AN udah coba, empuk sih tp gak seempuk yg lama, power jg lumayan

          • Astaga

            yup, yg ANF lebih keras, tapi lebih stabil dibanding fortuner G lama (non TRD)

          • Joseph Liem

            Masa belum ada gan? Di s*n m*t*r mlg udh ada 2 gan. Malah si fortuner blom ada

          • Levi

            Belom gan, kalau disini kebalikannya, Fortie ada. Tp PS belom

          • joni

            Susah sih bro diskusi kalo enggak disesuaikan konteks. Ini thread ngomongin SUV yang mana power&torsi adalah di atas segalanya. Menurut ane pendapat ente lebih pas klo dilempar di thread soal duo kaleng atau LMPV aja.

          • Levi

            Wah kayaknya agan benci banget yak sm Toyota ?

            Jelas” di artikel,ini bukan cm dikomparasi mesin sm rem doang,

            Tanya ama semua pengguna Fortie yg udah VNTurbo, apa mereka beli cm buat cr power ? Beli krn merk ?

            Big NO

            Mereka beli Fortie krn iritnya (utk kelas SUV itu), nyamannya, dan servis mudah.

            Kalau hanya jual merk, Toyota Fortuner kagak laku gan,

          • reyhan apriathama

            Ane terus terang make 2 2 nya (yg atu pny pribadi satu lagi om gue), terus terang di mari cman mikir psywar fortie pjs. Ane make dakar sama VNT.. So far ane masih lebih suka make VNT dan udah jalan 85.000 selama 3 tahun lebih dan belom pernah ada masalah (kecuali aki). Untuk mesin tenaga nya enakan fortie terutama di putaran bawah tp kalo pjs tenaga nya lemot dibawah dan fortie enak di powerband mesin dari putaran bawah smp atas ga kerasa overpower tp imbang dan pernah bawa smp 170 dengan kondisi standar ting2… Tp pas nyoba Pajero yg lama 4D56 dakar posisi duduk nya ga senyaman fortie dan headroom nya untuk orang gemuk kurang bgt… Jd disesuaikan tidak cman fitur dan tenaga tp posisi duduk dan badan agan jg… Ga perlu mesin gede tp ga nyaman… Klo agan cman mikir value for money karena fitur silakan beli MUX aja jujur walau ga se mevvah fortie pjs tapi udah cukup bgt tenaga emg biasa tp bandel kayak panther dan kalo cman ngejar fitur kayak HSA, ESC, TCS, Start stop dan jok kulit yang elektrik dan sudah cukup enak walaupun naik mobil ini bth penyesuaian karena persilangan naik panther sma d-max… Dan silakan dicoba kalo puas ambil aja dan mumpung diskon 40 jt jadi cman 403 jt drpd beli passport exceed 40 jutanya bisa buat dastek sm velg… Dan thn ini dia jg facelift dan ganti mesin pake 1.9 cc yg sm kek D-Max

          • Bobby

            Udah ganti mesin gan MuX indo? Memang isuzu kalah pamor dibanding duo pjs dan anf…. tp menurut saya untuk suv perkotaan yg ga butuh offroad segitunya memang value for moneynya lebih oke dibanding exceed… kalo mau yg offroad hrsnya mux 3.0 yg ga ada di indo hahaha

          • Bimo Alexander

            hp ga penting gan,yg penting torsi 😉 kalau dia @joni emg car guy (org yg paham mobil) harusnya ngerti gan torsi yg berperan most of time… bukan horsepower… bahkan rumus untuk menghitung horsepower (hp) adalah rpm x TORSI / 5252

          • Levi

            Meh, dia bukan car guy kayaknya, tp sales guy ?

        • Andra Febrian

          Wah belum kenal sama gue yak… car guy banget, tapi bukan penyembah horsepower

          • joni

            Silakan kalo merasa dan mengaku car guy, selama enggak memuja-muji tromol belakang dibanding disk brake seperti @Dark, ane oke aja.

          • Andra Febrian

            Maksud gw sih milih mobil jangan cuma liat horsepower sama rem, itu dua hal kecil yang gak terlalu signifikan

          • Dark

            maklum bro mungkin si @joni pengen diakuin sebagai “The Only Car Guy” dan ngerasa pendapatnya paling bener. dari komennya aja udh keliatan secetek apa ilmu dan attitudenya.
            kayaknya dia hidup dlm banyak khayalan deh bro….

        • Brabusbus

          Kalau emang car guy tau dong kalo mesin Fortuner lebih gampang di oprek dibanding Paspor Dakar? Tau nggak mesin 2KD-FTV VNT kalau pake Dastek tenaga naik jadi sekitar 260 hp / 600 Nm? Sedangkan Pajero Dakar dibawah itu.

          Perbedaan tenaga Fortuner dan Pajero Dakar itu beda hanya banyak dipengaruhi setingan ecu + boost aja bro. Jadi kenapa Pajero tenaganya lebih gede 40 hp? Karena Mitsu lebih berani nyeting boostnya.

          Ane sendiri gak punya Fortuner, malah ada Dakar 2013. Tapi kalo Car Guy sih seharusnya gak mandang apa2 dari Horsepower :p

          • Andrian Zanetti

            hahaha kena telak jawabannya.
            Belum tau itu mas ”car guy” klo Kijang yg lama klo diboost settingan mesinnya bisa kayak setan jalanan. Masa pemuja CC and horse power ga ngeh hahaha…

          • joni

            Ya silakan di boost sampe 1000hp, then meleduk, tewas, jadi bangke, jadi setan beneran deh.

          • Andrian Zanetti

            hahaha nyante aja kale ga usah esmosi jon..
            katanya car guy, masa ngeboost nyampe nyaranin 1000HP. Mesin ada maximum capacity yg msh optimum tanpa bikin overheating mesin.
            Luar biasa mas car guy yg satu ini…

          • joni

            Kalau emang car guy, tau dong kalo mesin si kebo dan Dakkar udah beda dari generasi sebelumnya yang mana yang elu paparin itu hasil oprekan mesin lama. Kalau mau kontra gw, paparin hasil oprekan mesin baru karena yang gw omongin itu mesin terbaru.

            Kalau emang car guy tau dong kalo material mesin juga mempengaruhi keberanian pabrikan buat setting ecu&boost. Lu mau kasih supercharger segede gaban ke mesin datsun go tembus 1000an hp juga bisa. masalahnya durabilitinya bisa dipertangunggjawabkan ga? Kalo udah ngomong oprekan batasnya adalah langit boss. Udah gitu garansi gugur, Harga yang terlalu mahal buat si kebo yang dari sononya boyo bin kebo. Yang gua perbandingan adalah kondisi standar diler karena gua juga ngomongin value for money boss. What can you get the most out of 600juta?tromol? boyo? rasa hina? Lu aja, gua mah OGAH!

          • Alfian

            ente kalau mau cari HP mending cari mobil yang laen nih mobil bukan untuk cari HP tapi Torsi

        • AE86

          Kalau mau cari HP bukan di dua mobil ini bos,,,
          Tau dulu plus-minusnya disc brake n’ drums brake apa,
          Manufacture ada tujuan bikin dua piranti ini.

          • alfian

            tau nih pakai SUV buat kebut kebutan kocak lu

            SUV itu buat keluarga,untuk ke luar kota dll

        • Bimo Alexander

          People buy horsepower but they drive torque all the time – jeremy clarkson

          Sebenernya gan yg penting itu torsi gan bukan horsepower.. apa lg kalo mobil suv gede kyk gini yg berat…

          Karena inget prinsip dasarnya, kalau dinegara maju (eropa & usa ) org2 udh pada tau mindset “torque is what makes you going, horsepower what keeps you going”

          Makanya mobil diesel di eropa.laku bgt… hampit semua mobil punya varian diesel.. bahkan citycar kecil… karena diesel torsinya besar dan torsi maksimal didapat diputeran rendah…. jd ga perlu digas dalem2 jg mobilnya udh punya daya dorong besar.. liat aja di tanjakan mobil bensin harus oper gigi rendah (biasanya gigi 1 ) biar rpm “ngeraung” di 3000-4000 buat punya “momentum/ daya dorong” buat nanjak terjal… tp mobil diesel pake gigi 3 , rpm 2000an lebih dikit jg udh nanjak tanpa masalah..

    • putra

      How about exceed vs G bro ? Katanya sih all new tapi mesin dikasi yang basi alias masi makan yang kemaren keracunan dong hueeeekkssss.
      G : 2.4 149ps 400,1 nm
      Exceed : 2.5 136ps 324nm
      Boyo bin banci kaleng seicrit kuprit porat parit exceed kemana mana.

      Vrz vs dakkar? Dakar menang mesin kemana2, feature keselamatan dakar menang (4×2).

      • joni

        Guwa ga bahas exceed, gw ga bahas brand, gw bahas HORSE POWER dan value for money . Oke?

      • joni

        Oh ya, dan ane setuju kalo exceed emang SUV banci juga. Gini deh, Paspor yang ga pake emblem Dakkar gua anggap sama bancinya, dengan Fortuner si kebo. Fair enough? Masalahnya, line up Fortuner itu kebo semua dan tromol belakng semua termasuk varian termahalnya (huekkzz). Dalam hal ini jelas siap yang tukang tipu dan siapa yang menawarkan SUV sejati.

        • Dark

          Hahaha kemakan omongan sendiri lu jon. Tenaga 150 hp mau pake disc brake blkg buat apa jon?
          Bobot berat bikin brake pad cpt habis, lo bandingin deh ama tromol.
          Car guy lu jon? Bukan lo aja kali…

          • Penggemar Otomotif

            Bro itu hanya alasan penghematan toyota saja yg ga mau pakai disc brake secara overall lebih baik disc brake dripada tromol
            Ini kasus lain lgi bro saya coba tanya mengapa fortuner ga pakai sunroof alasannya si sales bilang sunroof ga perlu juga buat indonesia kalau ga perlu kenapa alphard dan land cruiser pakai sunroof klau alasannya bgtu ?
            Yah klau toyota fortuner mau dpt fitur sunroof kyk pajero sport harga mungkin kyk land cruiser prado/alphard
            #Fakta unik sunroof di toyota hany ada di mobil harga 900 jt hahaha

          • Astaga

            betul, bahkan rem belakang pajero udh Ventilated Disc + Tromol…mantep gk tuh…dynamic duo…wkwkwk

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Tromolnya dah diilangin kok mas. Tinggal cakram belakang donang

          • Astaga

            oooo ane kira masih ada

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Camry dulu sebenernya ada sih gan.. Tpi semenjak taun 2011 all new, ilang tuh

          • Oki Ngew

            Coba dipikir…. kalo fortuner dikasih sunroof, kebayang gak gimana itu sempitnya headroom row pertama & kedua? Karena sunroof juga butuh ruangan kepala utk masuknya kaca tsb. Apalagi mau gak mau posisi blower & tombol ac belakang juga bakalan berubah.

          • Penggemar Otomotif

            Yah masih adalah gan headroomnya klau dinaikin, ga ada cerita mobil yg ada sunroof kepala penumpang depan nyentuh sunroof hahaha
            Agan ngelawak ya ? saya bilang sunroof bkn panoramic jadi ga perlu ngubah posisi blower sama tombol acnya lagian ga usah ngerubah posisinya hahaha

          • Oki Ngew

            Sunroof kadang juga nambah kessn sempit, krn di atap ada jendulan tambahan buat masuknya sunroof itu.apalagi fortuner sekarang yg banyak orang bilang kalo dia agak sempit. Sori gan misalnya salah penjelasan

          • Oki Ngew

            Nih, baru dpt di sm dari user dakar 4×2 lama. Fortuner yg katanya headroomnya pas2an kalo dikasih sunroof kesannya malah sesek. Dipikir dulu lah makanya

          • HaHaHa

            Ah elah lu mulai lagi bawa” SM kemari, mau mancing keributan lagi kayak waktu itu ya?

          • Oki Ngew

            Mancing keributan apaan? Saya screenshot itu soalnya yg bicara itu user dakar 4×2 nya sendiri. Menurut saya penilian dia thdp mobilnya sendiri itu sangat objektif. Emang kenapa kalo sm? Gak semua artikel di sm itu yg mbikin fanboy merk2. Lu itu punya pikiran jangan sempit2 lah, mana pake nama samaran lagi. Banci lu beraninya pake nama samaran

          • AE86

            Sepertinya camry th 2012 kebawah type Q udh ad sunroof, namun all new camry 2012 up, udh di ilangin, gk ad tuh costumer protes, masih market leader di klasnya.
            Jd fitur itu jg tergantung dari kebutuhan bos..

          • Penggemar Otomotif

            Yah namanya jga logonya Toyota gan klau logo selain Toyota susah jadi market leader
            #jadi inget kata om mobi karena yang berlogo toyota pasti lebih laku dari yang lain
            Sekarang gini aja deh mobil baru rentang harga 260-800 jt semua merk pasti ada satu produk yg sudah menggunakan sunroof kecuali yg logonya T itu… CMIIW gan

          • Allyza

            Hahahah…… Toyota gitu loh?

          • njk888 nik

            Dan cilakanya, fortuner yang SAMA persis di Australia semuanya pakai ventilated disc lo !!! Jadi yang bilang tromol superior, coba tanya toyota, kok fortuner yang di jual di Australia pakai rem cakram SEMUA ????

            Dan lexus ada nggak yang pakai rem tromol coba…Katanya tromol superior…

          • joni

            Puja-puji ente terhadap tromol belakang , udah cukup bagi gua untuk menilai sedalam(baca:secetek) apa ilmu otomotif ente. Hidup tromol mobil 600an jeti! wekeke

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            600 jt masih tromol… Inget yah 600 jt!! Coba kamu minta ke mercedes benz buat truk dan bisnya. Volvo jg untuk truknya, dan UD jg buat minta seluruh rodanya pake cakram.. Klo menurut pandangan gw tromol gk sejelek yg dibayangkan, ada plus dan minusnya. Klo anda koar2 600 jt masih tromol, minta sono ke merk2 tdi.. Jgn bilang klo ini untuk durable dan untuk bawa barang… Kan itu tdi harganya RATA2 1 MILYAR BANG!!

          • joni

            @Bejo: Mobil dan motor ente yang sekarang remnya di “upgrade” jadi tromol di semua roda mau ga? itu dulu silakan jawab.

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Ya ente dulu yg jawab pernyataan gw… Lgian dimana2 dr cakram ke tromol mah downgrade bukan upgrade (klo dilihat dr harganya, dan masa teknologinya)

          • joni

            Nah itu sendiri lu bilang tromol itu downgrade. 600juta dapet barang downgrade padahal lu bisa dapet yang upgrade? Silakan pikir sendiri

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Downgrade?? Emangnya yg dulu udh cakram?? Klo jazz GE8 ke GK5 baru downgrade. Downgrade itu dulu ada skrg gk ada fiturnya. Ya saya tanya tdi harga truk bisa 1 milyar tpi pake tromol.. Kan ente bilang setengah milyar masih tromol lah ini 1 milyar gk lu ptotes. Itu ranger 3.2 gk diprotes masih tromol. Intinya ada + dan – gan, jgn terpaku pada harga… Bagi pelosok sih tromol malah bagus gan.. Tpi gw bukan pecinta tromol, tetep gw saranin TAM ada cakram minimal tipe VRZ. Kasian bagi pelosok beli tipe G 4×4 dpt cakram… Tpi yg saya tanyakan itu “kenapa kamu hanya ptotes pada toyota?? Kenapa gk yg lain?? Padahal yg lain diatas harga fortie. Ranger 4×4 3.2 L masih tromol belakang. Makasih

          • joni

            Mas Bejo yang desainer mobil wannabe, kenapa gua ga bahas Ford? karena ni artikel ENGGAK BAHAS FORD. mudeng ora Jo? Yah silakan menikmati tromol yang enggak downgrade itu, silakan mendukung pembodohan otomotif. Silakan mendesain rem tromol yang super pakem yang bisa mengalahkan kepakeman cakram, niscaya elubakal dapat gaji gede, itu kan yang lo cari? #ngimpi

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Jdi klo artikel ford, gk boleh ngebahas yg lain gitu?? Aneh bgt sih mas ini… Emangnya sehari ini AM buat berita ford berapa kali sih??? Ya udh deh klo nanti ada artikel ford, lu yg komen pertama protes tromol ranger 3.2 L wildtrack… Buat jdin cakram belakang… Agan2 disini yg buktiin nih omangan lu bang… Oh ya lu bilang desainer wannabe. Gw seneng malah dibilang gitu krn gw termotivasi untuk membuat gambar dan desain mobil yg lebih mewah dan lebih bagus. Desain rem tromol?? Woy desainer mobil gk buat tromol mas?? Itu mah kerjaan engineer… Baguslah gw klo dibilang wannabe… Gw snagat termotivasi dr lu… Oh ya inget pesan gw yah… Nanti klo buat artikel mobil2 mercy, volvo, UD, ford dan mobil2 lain yg harganya diatas 500 jt dan masih pake TROMOL… Lu yg protes pertama di artikelnya… Inget loh bro.. Saksinya agan2 disini

          • Alfian

            keren gua suka gaya mas bejo mudah2an cepet keterima kerjanya gan

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Padahal gw diakhir udh ngomong ada + dan -. Itu artinya gw menanggapinya dgn netral.. Akhirnya kan gw nyaranin TAM ngasih cakram di tipe VRZ. Eh lu malah nyerang gw, padahal pandangan gw mah netral. Makasih bgt gw pada lu krn dgn lu gw sangat termotivasi membuat desain mobil. Emang yah rata2 cerita org sukses itu diawali oleh sebual ejekas/ledekan/hinaan. Einstein aja dibilang gila dulu. Ternyata kan skrg jd ilmuwan dan namanya dikenang sepanjang masa

          • Dark

            bukan apa2 jon, dakar temen gue baru 7 bulan pake udh ganti kampas rem, fortie gue masi aman aje. sama sama pake velg 20″. gue bicara berdasarkan pengalaman jon.
            kalo bicara menilai ilmu orang lo gak perlu “hiperbola” deh jon….

          • Richie Delavega

            Hmmm,kualitas penggantian kampas rem itu bukan berdasarkan pengalaman mas,tapi pemakaian,fortie punya bro dark mungkin pemakaian relatif Lebih singkat dri pada Teman Nya Dan cara mengemudi juga berpengaruh,kayaknya Teman mas Doyan ngebut sementara fortie mas jarang di Ajak ngebut?,Kaliper mas bro mungkin juga Sudah di ganti,”who knows”?

          • Astaga

            gmn kalo bentley bentayga yg 2.3 ton lebih? mau pake tromol?
            kalo menurut anda tromol lebih awet, usulin aja ke bentley bwt pake tromol…kan pake disc gk awet/ cepat habis…wakaka..nanti kalo rem blakang cepat habis, bahaya dong bwt SUV tercencang ini…

          • joni

            Yeps, Dark the car guy, silakan usul ke Bentley buat ganti rem Bentayga jadi tromol dengan alasan supaya irit kampas rem.

          • Dark

            ya kali mobil 600 hp mau pake tromol

          • Astaga

            kan anda bilang “bobot berat bikin brake pad cpt habis”….ini mobil lebih berat dari pajero sport loh…kalo remnya cepet abis gimana? lagi ngebut”…ehh kampas rem belakang udh abiss, gk bisa full force….trus nabrak yg didepan dech…

          • Always35

            Ethhh dah perkara rem tromol doang aja dipermasalahin, bus Mercy series ( oh1526, 1626) hino bus series ( r260 &rn 285) sama truk beberapa pake tromol aja enggak ada masalah. Beat sama mio m3 aja masih tromol kok. Saya juga akui kalo disc brake emang lebih bagus, tapi itu semua kembali ke pribadi masing2 karena mau disc brake lah tromol lah itu punya plus minusnya sendiri

          • alfian

            adehhh rem tromol tinggal ganti disc brake paling berapa sih ?
            Masalah rem doang yang penting safety gitu aja dah

          • Rae

            Setuju, masalah gitu aj d besar”in kmna-mna.. Yg jelas insinyur ny dlam merancang pasti sdh memperhitungkan segalanya… Tinggal konsumen lg menentukan sesuai selera n pertimbangan ny masing”

          • joni

            wah, ente sudah menghina engineer/insinyur kalo bilang rem tromol belakang fortuner adalah ide mereka. Yang masang tromol fortuner itu AKUNTAN bukan engineer. dan yang menyembah tromol itu pendukung pembodohhan otomotif.

          • Brabusbus

            Kalo ane perhatiin komen ente selalu ngotot dan berasa paling pinter ya. Sebelum berkoar ditempat lain, bales dulu lah komen ane + orang2 orang di lapak ente diatas.

          • Rae

            Tolong d artikan secara positif aja lah, saya percaya saudara org yang paham dg dunia otomotif khususny mobil yg saudara istilahin car guy tu ya? Saya mengapresiasi masukan anda ttg +- jenis rem n mesin pada dua mobil yg d compare d artikel ini, hal itu bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para buyer yg mungkin membaca komen” d sini tapi ayola jangan terlalu menonjolkan pendapat kita,
            yg namanya perbandingan trhadap suatu hal yg sekelas pasti ada plus minus ny! Kalau salah satu jauh unggul bukan sekelas dong namanya!!
            Jd jgn karena perbedaan pendapat kita jadi berdebat yg tidak prlu..
            Salam bagimu saudara sebangsa dan setanah air!! Hehe
            Apresiasi yg sangat besar buat artikel ini yg sdh sngat baik membandingkan kedua mobil ini dgn permainan kata yg luar biasa gokil!!

        • alfian

          ntar gua modif tromolnya fortuner jadi disc brake gampang kan

          • joni

            kita ngomongin standar diler boss. kalo mau modif2an semuanya juga bisa dimodif. What can you get out of given 600juta? itu poin gua.

          • alfian

            kenapa gue ngomong kayak gitu ? karena masalah rem yang sering lu ributin dah

        • Oki Ngew

          Kayanya lu ga seneng banget sama toyota ya. Dari cara komen lu ketahuan kalo lu cuma anak 10 tahun yang baru ngerti monik trus sok2an ngomong yang suv banci lah, tromol lah, dll.

        • Oki Ngew

          Kayanya lu ga seneng banget sama toyota ya. Dari cara komen lu ketahuan kalo lu cuma anak 10 tahun yang baru ngerti mobil trus sok2an ngomong yang suv banci lah, tromol lah, dll.

          • ron92

            Tau tuh si joni..bikin panjang bgt baca komen sampe kebawah bgt..
            Padahal HP kegedean jg ga kepake dijalan rame..dijalan jelek?kalo sopir udah biasa bawa mobil ginian mah pasti bisa bawa kemana jg..
            Terus mau tromol apa disk..ya emang sayang c mobil harga segitu pake teromol..cm balik lagi jalanan sekarang udah susah bawa lari mobil..baru bawa 40kmpj aja ada motor nyebrang..mungkib abs+ebd+vsa malah kepake..

          • Oki Ngew

            Gak taku tuh bocah banget. Kalo menurut saya sih ya, ANF gak seburuk yg dikatakan oleh si bodoh joni itu. Cuma yg fatal dia gak ada fitur kestabilan, vsc lah paling gk. Tenaga mesin memang kalah, tapi tahu kan kalo pake modal dastek aja tenaganya langsung meningkat signifikan? Sunroof emang gk semuanya butuh, paling gak kita dapet interior yg berasa lebih mahal ketimbang ANPS

          • Oki Ngew

            Tauk tuh si bocah. Kalo menurut saya sih ya, ANF gak seburuk yg dikatakan oleh si bodoh joni itu. Cuma yg fatal dia gak ada fitur kestabilan, vsc lah paling gk. Tenaga mesin memang kalah, tapi tahu kan kalo pake modal dastek aja tenaganya langsung meningkat signifikan? Sunroof emang gk semuanya butuh, paling gak kita dapet interior yg berasa lebih mahal ketimbang ANPS.

          • njk888 nik

            Dastek gituan risiko garansi gugur. Belum risiko mesinnya jika di hajar melebihi kemampuan maximal dari asal pabriknya. Cuman bengkel dastek modif aja yang untung.

            Jangan aneh aneh gitu deh. Bohongin diri sendiri. Pikir aja, toyota aja sendiri cuman berani garansi mesinnya sampai torsi 400 Nm, pakai Dastek jika bisa 700 Nm tanpa risiko apapun, kenapa toyota tidak lakukan ?

            Pintaran mana, toyota atau bengkel modif / dastek ? Tentu saja toyota udah tau benar kemampuan material yang di pakai untuk bikin mesin mereka maximalnya sampai berapa.

            Atau jika tetap mau dastek, coba aja minta garansi mesin hitam di atas putih, mereka berani nggak ? Berapa tahun ? Dan mana yang lebih bisa benar terapkan garansinya ? ATPMnya atau bengkel modif ?

            Janji hitam di atas putih pun kadang bisa di penuhi, kadang tidak. Tergantung siapa. Jika mesin jebol karena di paksa melebihi torsi max dari pabriknya, jika bengkel modif / dasteknya ngotot nggak mau ganti rugi, siapkah keluar duit lagi untuk gugat mereka ?

            Ingat, di Indonesia, urusan ama mafia hukum / polisi gituan itu nggak murah….

          • Richie Delavega

            Keselamatan jgn Lupa juga Bos oki,Fortie Dan PSD menurut saya Sama bagusnya,Cuman bagus itu relatif,yg terpenting adalah fitur keselamatan Dan kestabilan dri Kendaraan tersebut dalam mencegah resiko fatal dalam penngemudinya.contoh Sudah Banyak lah kecelakaan yg kita liat di TV menggunakan merk tertentu tapi penngemudinya tidak cedera yg bisa mengakibatkan fatal Malah sampe kematian.overall fitur canggih tentunya harus punya fitur keselamatan yg mumpuni entah itu dri body ataupun fitur lainnya.

          • Oki Ngew

            Kalo itu saya juga setuju. Dan sangat disayangkan, toyota masih pelit ngasih safety features seperti vsa, hsa, trc, atau stability assist lainnya – yg itu honda udah jor2an ngasih bahkan brv yg cuma 263jt sekalipun. Kayaknya toyota masih menganggap kalau stability features itu barang mewah yg cuma pantas didapatkan tipe tertinggi.

  • tenten

    Sangat setuju sekali dengan komparasi yang di paparkan,kembali ke selera masing2 apakah lebih mengutamakan merk Dan fisik penampilan atau kenyamanan dalam mengemudi Dan fitur keselamatan aktif untuk perbandingan vrz/srz 4×2 dengan Dakar 4×2 kalau ak sih yes dakar 4×2

    Dan Bila perbandingan Tipe G Dan exceed sudah Harga mati fortuner Tipe G tidak Ada toleransi he he he

  • putra

    Kemarin liat pameran pajero di Trans Studio Mall, tampang depannya cakep paraaah lebih ke manis karena dikasi chrome banyak tapi gak norak. Beda lagi waktu papasan sama new fortuner dari depan sangar maksimal.
    Belakang pasport masih blm keterima meskipun udah liat secara langsung dan gundul juga ya bener.
    Prediksi yang laku itu fortuner G sama dakar 4×2.

    • Raja Rj

      kabarnya 70 % Penjualan fortuner malah yg tipe VRZ 4×2

      • Hamid Rosyidi

        Fortuner yang kemaren juga paling laris trd sprotipu.. Hehe

  • farid

    Mungkin alasan pt KTB menyunat airbag pasport baik tipe bawah sampai tipe teratas yaitu tipe dakar 4×4 cuma 2 airbag doang mungkin karena airbag adalah fitur keselamatan tambahan yg tak terlalu berguna kecuali kalau memang terjadi kecelakaan,walau makin banyak airbag jadi nilai tambah di segi safety dan harga.tapi buat fitur keselamatan aktif pasport trim dakar baik yg tipe 4×2 dan 4×4 udah punya hill start assist,VSC dan traction control,kalau di fortuner fitur itu cuma ada di tipe VRZ 4×4 dan itupun rem belakangnya tromol dan harganya nembus 600jutaan.kalau suruh pilih antara fortuner dan pasport lebih prefer fortuner trim G kalau buat tipe bawah,kalau trim atas pasport trim dakar lebih baik dibanding fortuner trim VRZ

  • evannsas

    maaf ya numpang info honda nih. jadi jangan bully toyota. honda udah jatuh sprt ini

    • Andy

      Itu serius yg kuning merah?

  • Bobby

    Konklusinya harusnya ditambah 1 lagi: kalo anggota keluarga diatas 175cman semua mending LUPAKAN fortuner… aneh 178cm pala dah jedot di baris 3, baris dua rambut jabrik dikit dah kena atap, kakak ane 182cm kalo di baris 3 harus posisi nunduk di belakang kaki dibuka ngangkang wkkwkw

    • itu mending beli delica aja, hahaha

    • Hamid Rosyidi

      Wah keluarga besar ya. Harusnya mpv atap tinggi kayaknya

    • njk888 nik

      Iya, seperti kasus pilih KOPER. Mau yang mana ? Koper yang berat kosongnya paling berat, atau yang paling RINGAN ? Mungkin itulah Hyundai sadar hal ini, karena terakhir mereka dengar sedang process mau patenkan design mobil mereka yang bisa EXPANSI dan KONTRAKSI bodynya tergantung pemiliknya lagi kemana, ngapain. Good idea !!!

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Tipe exceed interior terlalu mirip sama pickupnya.. Ya gw bilang jg apa, klo beli entry level ya beli fortie G. Klo top of the line ya pilih PS dakar 4×2/4×4

    • Levy Pillar

      Tapi kalo interior lebih mending fortuner menurut gue baik vrz atopun g dibanding pajero sport

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Oh ya agan2 disini. Sekedar pgn tau aja. Klo gaji designer produk mobil brp ya gan per tahunnya..? Yg junior brp? Yg senior brp? Klo admin tau boleh kasih tau dong gaji designer mobil di merk mobil sekelas toyota- sekelas lexus dan BMW. Thanks agan2 disini

  • geox

    Satu lagis sales toyota lebih jago gart konsumen..promo2 toyota lebih memikat dr promo2 mitsubishi..liat aja di mall dimana2 kalau toyota yg lg pameran pasti rame aja..urusan marketing toyota ahlinya…

    • njk888 nik

      Bukan, dari pengalaman ane ama berapa sales toyota, udah jelas mereka sudah di latih untuk bilang harga jual kembali mereka doang yang no.1. Termasuk sales cewek lo ! Juga majalah toyota sama juga. Mereka memang pintar, tau orang Indonesia no.1 harga jual kembali, urusan kenyamanan, safety, nanti dulu. Apakah semiskin gitu kah rakyat Indonesia ?

      Lah buktinya fortuner / Dakar baru setengah M aja banyak yang beli, miskin kemana ??? Tapi masih aja no.1 mau isi BBM busuk, no.1a harga jual kembali. no.1b, jika ada kerusakan, nggak mau sparepart ori, maunya yang KW….Dompetnya sih tebal, tapi pikirannya seperti ” orang miskin ” menurut ane.

      Cuman ane mau ingatkan, jaman gini jangan lagi percaya propaganda ginian, toyota sudah banyak mobil yang harga jual kembalinya sudah kalah ama merek lain. Jadi silahkan beli mobil mendasarkan faktor lain yang jauh lebih penting, karena jaman sekarang, brand toyota sama sekali sudah TIDAK bisa jamin harga jual kembali paling bagus.

      Hidup cuman sekali. Pilihlah mobil yang paling di sukai, dan paling cocok dengan kebutuhan, aktifitas paling sering di lakukan. Dan jika bisa, yang safetynya sebagus mungkin. Karena nyawa nggak ada suku cadangnya, apalagi yang KW !!!

      • Richie Delavega

        Ini dia gw setuju banget Sama lu bro,Semua juga tau lah siapa merk Mobil Diatas yg safety Nya yg terbukti.

  • ekkyfir

    Setuju sm konklusi nya, budget bawah fortie G, budget atas Dakar, ane pribadi pilih Dakar karena satu kalimat dr om jeremy clarkson, speed and power?, walaupun tampang yg… Yha begitu tp kalau liat lgsg cakep jg di tambah blkg nya pake spoiler, kmrn liat berkeliaran test drive nya di alsut sm bintaro

    • Richie Delavega

      Yang pasti safety Nya bro jgn lupa

  • Andrian Zanetti

    Hanya satu pertanyaan yg tersisa, dan mungkin dinanti2 bnyk orang yg mau SPK mngkn trmasuk gw klo ada rejeki berlebih. Di antara keduanya, mana yg masih mampu/kuat utk nenggak solar busuk? gw udh tanya ke beberapa sales, ada sales yg jawab Dakar masih bisa nenggak krn ditambahin filter baru, ada yg bilang udh ga bisa malah ntar void garansi klo knapa2. Fortie juga gitu, tanya sales yg satu katanya bisa, yg lain malah bilang skrg minimal Dex kyk ANKI. Please ga usah disambit ama jawaban klasik, bisa beli SUV hmpr stgh M tp ga bisa beli Dex. Ini murni penasaran sistem engine keduanya yg baru, bkn masalah duit. Drpd gw penasaran galau berkepanjangan yg tdk berujung, adakah yg sudi memberikan pencerahan?

    • Hamid Rosyidi

      Kayakya mitsu lebih tangguh minum solar busuk

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Gw dah liat kok ANKI tipe G diesel pake yg biasa. Kuat2 aja bro

      • Hamid Rosyidi

        Kalo toyota sepertinya wajib kuat solar busuk. Secara dia mobil sejuta umat

    • Astaga

      dua”nya bisa, kan udh di set ke euro 2…tapi jangan keterusan..perlu diisi dex kadangkala

    • Always35

      Pastinya yg begini mah sudah dipikirkan sama atpmnya kok, karena pasti mobil ini kan bukan cuma sebagai city sleeker aja, pasti juga ada keluyuran keluar kota yg (biasanya) gak ada dex apalagi yg pelosok2 tuh, dapet bbm aja udah bersyukur banget~ tapi emang mestinya mah mending kasih minum dex biar lebih sehat mesinnya apalagi buat keluyuran dalam kota aja~

      No offense bro :p

      • Andrian Zanetti

        Gpp bro namanya juga diskusi hehehe. Iya bener gw juga kepikiran klo pas touring khn ribet juga krn Dex ga ada di smua SPBU daerah kecil. Masalahnya gw gemess ama sales Mitsu ama Toyo, entah ga ngerti ama yg dijual ato emg males jelasinnya, ditanya mesin ama bahan bakar nya jawabnya beda-beda. Yg satu bilang bisa, temennya dateng bilang eh ga bisa.

        • Always35

          Enggak apa2 gan, tohh yg berpikiran macem agan yg pengen mesin sehat tapi di daerahnya enggak punya dex juga banyak kok wkwk Kalo soal sales mah mestinya atpm kasih briefing dulu biar enggak simpang siur gitu~ kasian konsumen juga kalo gitu, beli ANPS Dakar misalnya, tapi di daerah itu jangankan jual dex, jual solar busuk aja masih langka~

    • njk888 nik

      Setuju, sangat edan / gila udah beli mobil setengah M masih aja mau di isi solar busuk. Apa nggak sayang tuh mobilnya ? Mogok sih nggak, tapi logika aja, lama lama kondisi mesinnya pasti menurun, nggak bakal sebagus yang rutin pakai DEX terus. Keluar kota DEX ada kok, meski lebih langka banding di Jak, tapi asal planning isi tangkinya cermat, nggak masalah kok. Tiap kali sisa 30% langsung cari DEX. Jangan tunggu sisa 5-10% gitu. Beres kok.

      Coba di Cirebon, Bandung, Purwokerto dll rata rata udah ada DEX kok. Toh diesel modern canggih sangat irit keluar kota. Akan jarang isi BBM ini. Belum udara Indonesia sudah parah karena rakyatnya kecanduan BBM subsidi yang cuman Euro 2 (lah Malaysia, Vietnam aja udah menuju Euro 5 !)

      Rakyat nggak pikir, hemat ratusan ribu sebulan doang pakai BBM subsidi, tapi karena polusi, suatu saat keluarga ada yang kena penyakit apa gitu, habis berapa duit ???

      Ingat, polusi udara nggak kenal kaya atau miskin, kecuali pakai masker N95 tiap saat. Jalan keluar paling cepat turunkan tingkat polusi udara dari emisi adalah upgrade BBM negara ini seperti tetangga, menuju Euro 5 segera !

      Kan nggak mungkin mobil di ban. Rakyat juga, harus kompak, jangan lagi kecanduan BBM subsidi. Seperti rokok deh, enak sesaat, nanti saat kena kanker paru paru baru sadar deh mana yang MAHAL !

      Jangan alasan miskin. Semiskin miskinnya jika mampu cicil mobil, selisih ratusan rb doang sebulan masa nggak mampu ? Orang Amrik / Eropa juga ada yang miskin, tapi mana ada BBM busuk di sono ?

      Vietnam apalagi, apa bedanya ama Indonesia ? Udah menuju Euro 5 mereka !

      • AE86

        Lg kampanye bos..

      • Andrian Zanetti

        hahaha, no offense jawabannya agan serius kritis bingits udh kyk politikus bicara topik multidimensional dr topik keuangan, migas, gombalisasi sampai global warming, gw belom SPK udh jd parno duluan deh gan hehehe. Dex atau solar busuk, smua balik lg trgantung iman dan ketakwaan seseorang 😀
        Yg penting SUV barunya apapun yg dipilih, silahkan dinikmati 🙂

  • Soni Hermawan

    Isuzu mux dan chevy trailblazer gk di compare nih ma mereka? Hehehehe

  • deathstalker

    Secara pribadi liat langsung dashboard Pajero memang kurang bgt rasanya murah. Walaupun ketolong sm sunroof

  • reza

    Sayang sekali ford harus mundur, begini kalo ford everest 3,2 bisa muncul pasti fortuner sama pajero tidak ada apaapanya .

    • Raja Rj

      sempat beredar rumor muncul pertengahan 2016 tp kabar kemarin FMI malah mundur teratur dari indo, kalo pun muncul pasti lebih dari 1M Harga nya…Pajaknya ga nahan CC gede, diesel pula lg..

    • Hamid Rosyidi

      Ford everest 3.2 4×4 harganya 1m lebih

      • ///AMG

        Msh estimasi versi majalah cetak otomotif sebelah bro, hihihi

  • R18A

    Setuju lah sama konklusi artikel autonetmagz.
    Kalo budget pas-pas an sekitar 460, ya mending ambil fortie G 4×2.
    Kalo budget nembus 500 jeti, ya mending pilih pasport dakar 4×2.

    Tapi kalo budgetnya berlebih, walaupun nambahin lumayan banyak, ya mendingan ambil subaru wrx sti sedan.

    • Richie Delavega

      Mendingan Nissan GTR lah bro kan budget Nya berlebih?

      • R18A

        iya sih mendingan GT-R sekalian ya. hahaha
        Tapi nambahin banyak banget..

  • SVD

    Menurut ane yg lebih value for money =

    Kalau budget ada 500 ambil Passport Dakar 4×2
    Kalau budget ada 630 – 650 ambil Fortuner VRZ 4×4

    Itu…

  • irzal A.S

    Yang disayangkn knp nissan g ikutan buat suv ya.scarara mesin dr navara tenaga dn torsi bisalah bersaing .kakik2nya pakek terano yg kta org bengkel bikin rugi krn g rusak2 sparepartnya. hg juga g terpaut dgn hilux atau triton. Mux kabarnya piye bang. Kalo honda sih blm tau dieselnya krn yg di india dieselnya msh pakek diesel merk lain bkn terbitan asli honda.. cmiiw.

    • Penggemar Otomotif

      MU X tgl 9 Februari gan menurut kabar wkwkwk ga tau all new atau cuman menambah varian masih simpang siur

    • Always35

      Nissan Pathfinder bukan tuh? dcab Nissan juga lumayan badak kok, kebetulan saudara punya Navara lawas (2013) MT dan sering buat angkut sayur2an di kebun~

      • aiueo

        Iya, sayang banget pathfinder ga masuk sini

  • Hamid Rosyidi

    Nyimak aja deh. 22nya bukan selera ane soalnya. Aku ga suka mobil gendut. Hihi. Sukanya suv dimensi sedang ky harrier sama grand vitara. ? buat offoad kayaknya nanggung kalo mobil begini.. Buat gaya gayaan di kota aja biasanya.

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Klo menurut lu mending harrier atau murano??

      • Hamid Rosyidi

        Kalo 1st gen lebih suka murano, 2nd & 3rd gen suka banget harrier. Mesin no comment. Tapi harrier kayaknya lebih brasa mewah soalnya ada varian AIRS.

        • aiueo

          Setuju, 1st gen nya murano kekar banget, sampe sekarang masih berasa mewah nya kalo diliat

  • Prayoga yudhika

    jujur saja, saya yang ga punya uang pun bingung harus memilih yang mana..

    • Boyota

      Hahahaha semoga suatu saat bisa beli bro

  • Blank200

    180 hp nya PS ini bisa ga ya ngasepin si santa fe dgn 197 hp nya wkwkwkwk.. Setan bgt tuh mobil

    • njk888 nik

      No way. Bukan cuman Santa Fe 197 PS / 445 Nm vs 180 PS / 430 Nm, tapi BOBOT Santa Fe juga lebih ringan, meski nggak beda jauh. Cuman karena nama Korea, kagak heboh di Indonesia. Apalagi fortuner, cuman 400 Nm. Belum kehalusan dan stabilitynya, karena Santa Fe ketinggian keseluruhannya sekitar 1.7 meter, banding fortuner / PJS yang 1.8 meter lebih, titik tengah gravitasi Santa Fe jelas lebih rendah (lebih stabil).

      Nanti pasti pemilik Santa Fe suatu saat akan di tantang di tol ama pemilik fortuner baru atau Dakar baru. Akan seru deh, cuman saran ane ke pemilik fortuner / Dakar, jangan terlalu gila, karena duo SUV Jepang ini titik pusat gravitasinya lebih tinggi, lebih bahaya terbalik jika lari terlalu kencang / tikung terlalu cepat.

      • Blank200

        Cuman si santa fe ini aja yg fwd ,duo gajah itu tarikan blkg .. Memang menurut ane sih santa fe lebih bersaing ke cx5 crv xtrail.. Utk yg bensin ya gan…

        • njk888 nik

          Emang mobil FWD nggak bisa lari ??? Kalau FWD jelek, kenapa toyota sendiri termasuk lexus mayoritas juga FWD. Termasuk camry, alphard, crown, mark X, kan juga FWD.

          BMW sendiri sekarang juga mulai masuk ke dunia FWD. Active Tourer, dan sebentar lagi BMW X1 baru juga FWD.

          Jika kerjaannya sering nanjak 40 derajat sambil angkut 50 sak semen, ya mungkin RWD lebih unggul dikit, tapi jika mayoritas waktu di dalam kota, jelas FWD lebih berguna. Kenapa ?

          Karena FWD lebih irit, tenaga nggak ada yang hilang di gardan, dan juga tentu cabin jadi lebih luas / lega. Itulah kenapa BMW aja mulai masuk ke dunia FWD.

          Tinggal kita pikir, lebih sering kemana, lingkungan seperti apa, mana yang manfaatnya lebih kepake / jarang kepake. Itulah mayoritas toyota di Jepang juga FWD. Karena mayoritas orang Jepang aktifitasnya di dalam kota.

          Berapa orang sih yang kerjaannya ngangkut 50 sak semen nanjak 40 derajat tiap hari ?

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Gk ada yg bilang jelek kok gan… Cuma klo head to head emang rasanya kurang pas lawan duo sasis tangga ini.. Secara alam aja udh beda kok gan… Lgian ini SUV untuk offroad… Klo di test jgn di onroad aja gan… Tpi test berenang, tes mandi lumpur, test bawa barang, test klo bawa org di jalan jelek masih nyaman atau enggak dan durablenya jg.. Gk adil klo test akselerasi doang

          • Blank200

            Ane g bilang fwd jelek gan, cuman kalo mw buat lurkot enakan aja rwd atau 4wd ,ya pastilah … Kalo fwd kerasa lebih responsif sebenarnya ,tapi dulu ane py g.livina dalem 7 orang nanjak ke puncak agak underpowered ,ya maklum fwd …

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Enggak kok ane bilangnya ke dia bukan kamu

          • njk888 nik

            Itu bukan murni karena GL FWD. Itu karena bobot GL lebih berat banding hatchback 1500 cc lain macam jazz, tapi mesinnya tetap cuman 1500 cc. Bensin lagi. Di luar negeri GL mah minimum 1600 cc sampai 1800 cc. Cuman di Indo aja Nissan agak ” maksa ” turun 100 cc karena system pajak Indo yang konyol, asal di atas 1500 cc ppnBMnya naik 2 kali lipat !

            Coba bawa Santa Fe / Sorento diesel 445 Nm naik gunung. FWD sih FWD, tapi nggak akan rasa kekurangan tenaga sama sekali. Pernah nggak main ke daerah Kamojang, dari Bandung arah ke Garut ? Ane pernah di ” mislead ” ama GPS ke sono. Aje Gile ! Tanjakannya rasanya seperti 45 derajat !!! Sampai sempat pikir habis deh, mana mungkin bisa lewat ? Mau putar balik juga susah banget, sempit jalanannya.

            Sepi lagi cuman motor doang, nyaris nggak ada mobil pribadi lewat….Waduh masuk ke lubang buaya nih rasanya…

            Eh, matiknya masuk ke 1, injak gas dalaman dikit, tetap bisa lewat kok. Tapi harus di akui saat itu sepi banget. Mungkin udah pada tau daerah situ seram, jangan coba lewat situ deh…Apalagi mobil bensin yang torsinya ” kecil “. Lewat Nagrek aja meski lebih jauh.

            Akhirnya ane sesudah pulang cari tau, itu namanya tanjakan Kamojang, dan para yang hobi sepeda pun akui, itu kalau benar mau latih kemampuan otot dan nyali naik sepeda, silahkan ke sono deh untuk ujian.

            Motor aja juga banyak yang takut main ke situ. Karena sangat extreme…Sesudah lewat situ, tanjakan macam Kawah Putih, Sarangan mah ” kecil “…..

            Ane yakin fortuner diesel lawas D4D non-VNT yang meski RWD, tapi torsi cuman 260 Nm, nggak bakal bisa lewat. Coba deh main ke situ jika sedang rasa ” adventurous “…Atau mau test drive mobil dan uji kemampuan nanjaknya.

            Be Warned dulu yah….Itu bukan Child’s Play…Tapi yang suka Thriller, seru juga, cuman jangan salahkan ane ya jika nanti nggak kuat nanjak, mau putar balik susah, dan remnya harus bagus, karena arah baliknya diving anglenya curam mirip roller coaster saat turun gitu.

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Klo berenang2 dgn tinggi 80 cm masaih bisa diandelin gk nih bang… Trus udh diajak main lumpur kyk offroad di kalimamtan, papua gitu? Masih kuat gk yah nih santa fe??

          • Anonymous

            Mark X itu RWD

  • dodo

    pajero panel kayu nya … ampun deh … gak ku ku ….

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Agan2 disini tau gk gaji desainer mobil/tahun/mobil??? Klo desainer junior brp ya?? Klo dah master/senior brp gan?? Pgn tau bgt gw… Cita2nya sih pgn ambil desain produk mobil. Soalnya gw seneng gambar mobil konsep sama gw cinta otomotif bgt… Terutama mobil

    • ///AMG

      Wah cita cita agan sama kyk saya, hihihi

    • Capitano

      Skill dulu yg diasah gan. Masalah gaji itu ngikutin sesuai dengan skill dan kemampuan yg dimiliki. Persaingan berat diluar sana. 😀

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Iya gan.. Ane usahain gambar mobil all new lagi… Tpi gw gk mau klo usaha gw digaji cuma seadanya. Nanti ceritanya kyk desainer grafis indo pada minggat semua krn gajinya sekelas buruh pabrik.. Kasian kan gan.. Padahal kli kerja di USA bisa digaji 50 jt… Oh ya bahasa desain gw yg gw gambar pake “Trapesium Grill” jd gk nyomot sana sini. Full all new di desainnya baik eks dan interior

    • SemuaSukaTurbo

      Kalau anda sudah memikirkan gaji sebelum berkreasi, kemungkinan besar anda tidak akan menelurkan karya-karya luar biasa. Berkaryalah terlebih dahulu, niscaya rejeki tidak akan lari.

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Hehehhe nanti kyk desianer grafis gan… Udh kerja susah2 buat iklan/spanduk yg menarik… Eh cuma di gaji 1,5 jt gan.. Kasian jg sih makanya pada minggat dr indo. Pd kerja di singapura yg gajinya jauh melampaui di indo. Sebetulnya gaji kecil itu krn doktrin/pemikiran yg bilang gambar itu gampang. Sekelas anak SD katanya. Padahal kan enggak. Nah byk jg yg bilang gambar mobil tuh gampang, padahal gk semudah yg dibayangkan. Tren/jaman jg berpengaruh pada desain mobil. Makanya rata2 lulusan ITB pada pergi ke jpg/amerika/eropa buat kerja… Di indo yg berani kasih gaji gede ya si TAM ini. Makanya agya dibuat dr org ITS dan ni org mau buat mobilnya. Walaupun pas produksi byk yg disederhanakan

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Sebetulnya saya udh buat mobil2 konsep di kertas lembar… Gw berkhayal dan berimajinasi buat gambarnya baik eksterior maupun interior. Sumpah gw gambar sendiri tanpa nyomot apapun dr yg ada skrg. Paling nyomotnya itu desain floating roof aja sih.. Selain itu all totality semua baru… Di sekolah sih byk yg bilang bagus sih bro.. Nah tpi dgn usaha gw ini kan gw gk mau kyk desainer grafis indo yg digaji cuma 1,5 jt. Padahal kan buatnya gk semudah org bilang. Gara2 doktrin bilang gambar itu mudah.. Jdinya?? Ya pada minggat dr indo. Kerjanya ke jpg/amerika/eropa

  • Andi

    Kalo menurut ane konklusi dri kedua mobil itu begini

    Jika anda mau mencari mobil seukuran fortuner dll. yg mempunyai desain eksterior dan interior yg main aman, pny image yg sdh dikenal di indonesia, pny merk yg terkenal dan cari kemewahan…. Pilihlah fortuner

    Tapi, jika anda mau mencari mobil seukuran fortuner dll. yg desainnya bener2 non mainstream, ruang yg lbh lega, cari mesin dan teknologi, serta hrg yg lbh murah….. Pilih pajero sport

  • yokoala 01

    Ribut semuanya! Beli dua2anya beres! ?

  • Afat Mitsubishi

    Paket Kredit all new pajero sport dakar 4×2 AT :
    DP/Bayar pertama: Rp. 195.754.000,
    angsuran per bulan : Rp. 9.390.000 x 47.

    DP/Bayar pertama : Rp.204.143.000,
    angsuran per bulan : Rp. 8.057.000 x 59.
    paket kredit all new pajero sport dakar 4×2 AT sudah termasuk asuransi All Risk 4 dan 5 tahun.

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor meluncurkan Mitsubishi all new Pajero Sport dalam empat varian

    Daftar Harga All New Pajero Sport 2016 plat.B jakarta :

    1. GLX 4×4 MT Rp.495 juta

    2. Exceed 4×2 AT Rp.446 juta

    3. Dakar 4×2 AT Rp.496 juta

    4. Dakar 4×4 AT Rp.623 juta.
    *Wilayah Bogor plat.F BBN 3,5juta.
    *Garansi Mesin 3 Tahun / 100.000Km.

    Harga tersebut merupakan on the road Jakarta plat.B.
    Ada lima pilihan warna pada all new Pajero Sport :
    white pearl, sterling silver, black mica, titanium grey metalic, dan deep bronze metalic.

    *Promo Bonus kaca film Vkool dan Free Biaya Jasa Service s/d 50.000Km.

    PT KTB sudah membuka pemesanan unit melalui dealer resmi sejak 18 Januari 2016. Sebanyak 1.000 pemesan pertama berhak mendapat undian dengan hadiah satu unit all new Pajero Sport Dakar atau paket genuine accessories.
    1.Front Under Garnish.
    2.Rear Under Garnish.
    3.Side window Reflector.
    4.Tailgate Spoiler.
    Undian dibatasi sampai 18 Februari 2016.!!!

    informasi pemesanan hubungi Marketing Executive
    PT.Srikandi Diamond Motors
    Afat Patria : 082122261879 / 081908705902.
    Zainul Abror : 081310109339 / 0818798729.

    www. mitsubishipajerosport .net
    Penjualan All New Mitsubishi Pajero Sport keseluruh indonesia.
    #hargaallnewpajerosport2016 , #harganewpajerosport2016 #hargaallnewpajerosportdakar2016 , #paketkreditallnewpajerosport2016, #hargaallnewpajerosportexceed2016 ,#paketkreditnewpajerosport2016

  • rs

    Kesimpulannya dari komparasi ini yaitu=
    -(Kelebihan Fortuner)= aftersales luas, resale value lumayan, desain aman, interior baik, tangguh, sama hiburan (roof monitor+head unit canggih)…
    – (Kelebihan Pajero Sport)= modern, tangguh, resale value mirip fortuner, rem parkir elektrik, rem cakram belakang, sama kelegaan kabin….
    Kalau soal fiturnya nampaknya fortuner dan pajero sport saling melengkapi….tinggal disesuaikan dengan selera…

    • njk888 nik

      Salah gan, coba deh pelajari harga jual kembali fortuner vnt, Dakar, Santa Fe (coba mobil123 dotcom, pilih tahun misalnya 2012 atau 2013, terus iklannya di urut dari yang termurah ke atas, dan filter out iklan orang pribadi, hanya showroom mobkas aja).

      Harga jual kembali no.1 paling tinggi adalah Santa Fe CRDi, no.2 adalah Pajero Dakar, dan yang paling jatuh adalah fortuner vnt. Selalu cek dan recek, jangan ” assumsi ” karena pengalaman 15 tahun lalu. Dunia terus berubah, termasuk dunia otomotif.

      • AE86

        Brapa bulan bos, baru laku santa fe nya..?

        • njk888 nik

          Ini contoh lagi belum pernah alami sendiri udah pikiran negative. Sekarang ane balik tanya ke lo : Jika misalnya susah banget jualnya seperti dugaan lo. kenapa yang jual pada pasang harga TINGGI ? Sebaliknya, jika fortuner, yang lo pasti bilang gampang kejual, kenapa yang jual pada pasang harga RENDAH ?

          Dimana mana, barang makin gampang kejual, seharusnya harga pasti makin tinggi, mana ada makin hancur ? Logikanya dimana ?

          Kalau gitu mobil merek macam Geely seharusnya harga jualnya sangat tinggi dong ? Karena menurut lo, harga jual makin tinggi, pasti karena susah jualnya. Dan yang makin gampang di jual, harganya makin rendah.

          Tau nggak apa yang namanya DEMAND vs SUPPLY ? Lo cuman pikirnya dari segi DEMAND. Tapi jika SUPPLYnya lebih dikit, atau lebih banyak, tentu akan pengaruh nggak cuman harga jual, tapi juga likuiditas.

          Di saat stok fortuner gitu banyak di pasar mobkas, lebih banyak dari yang cari, lo kira gampang jualnya ? Saingan makin banyak, tau sendiri efeknya.

          Sebaliknya, mobil yang demandnya meski lebih kecil, tapi jika supplynya jauh lebih sedikit, malah bisa lebih likuid. Karena saingan sangat minim.

          Kecuali lo bisa buktikan bahwa Santa Fe bekas gituan nggak ada 1 pun yang lirik. Namun pakai logika aja, yang baru aja ada yang beli, apakah masuk akal yang bekas 1 pun nggak akan ada yang mau ?

          Arogan sekali jika mikirnya semua orang di Indonesia cuman mau cari mobkas mobil Jepang, nggak ada 1 pun yang akan mau mobil Korea / Eropa / Amrik…..

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Sebetulnya yg bikin harga awet atau enggak krn yg jualannya jg dikit… Bayangannya kyk org jualan yg bersaing antar toko. Klo gw naikin harganya kan gw bakal ditinggal pembeli. Tpi klo gw turunin harga/kasih diskon kan makin byk pembeli. Nah liat si penjual A nurunin harga dgn brg yg sama, ya si B jg nurunin dong.. Terus2 nurunin sampe titik keuntungan paling kecil. Nah si owner fortie ini bersaing buat cepet2 dpt pembeli, salah satu caranya nurunin harga. Satu turun semua turun. Kenapa PLN bisa naikin harga listrik tinggi? Krn dia gk punya saingan/monopoli. Coba klo ada 1 aja yg buka perusahaan listrik swasta dgn harga lebih murah dan kualitas yg sama.. Pasti si PLN nurunin harga untuk bersaing jg… ATAU KLO CARA LICIKNYA, langsung tutup izin buka usaha tdi. Pola pikir saya seperti itu

          • njk888 nik

            Ingat ane juga pernah jual mobil popular macam pajero dan X-Trail. Benar, yang telpon lebih banyak, tapi selalu yang datang, lihat, tetap aja nawar, dan semuanya nggak kembali. Kenapa ? Bukannya mereka berubah nggak mau cari pajero bekas lagi, karena itu dia, ” Emang cuman gue yang jual pajero bekas ? ”

            Karena stok pajero bekas lain udah banyak, udah pasti mereka keliling lagi, dan temukan pajero bekas lain yang kondisinya lebih bagus dari punya ane, dan mungkin harganya sama, beda tipis atau lebih murah dari ane.

            Itulah, ladies and gentlemen, phenomena OVERSUPPLY…Mau jual tinggi susah, karena EMANG CUMAN GUE yang jualan ??? Sama juga kasus fortuner, crv, innova dan mobil ” popular ” lain.

            Sebaliknya, ada saudara ane jual mobil yang udah pasti di cap setan pun nggak bakal mau. KIA SORENTO, bensin lagi bukan diesel. Dan benar, yang telpon nggak sebanyak yang telpon pajero gue.

            TAPI, karena saingannya hampir tidak ada, akhirnya muncul pembeli yang serius, yang awalnya memang tetap nawar, tapi ane bilang ama saudara, jangan minder, Sorentonya bagus kok. Jangan banting harga. Enak di dia !!!

            Eh beneran, besoknya tu orang kembali dan deal. Kenapa ? Mau cari Sorento bensin bekas lain KEMANA ? Susah barangnya. Yang penting Sorento sudah bukan mobil BUSUK yang miskin fitur, mogok terus kerjaanya, dan nggak enak.

            PASTI ada pasarnya sendiri, meski nggak terlalu besar, namun ingat, saingannya juga sangat dikit. Dan saudara ane jual tu mobil di harga 345 juta (usia 1 tahun, beli barunya +- 380 juta), bagus kan ? Dan deal setelah +- 1 minggu iklan. Dia jual karena mau ganti yang diesel.

            Coba fortuner 1 tahun pertama jual apakah ruginya bisa < 30 juta ??? Nggak mungkin.

            Pajero gue malah kejual setelah 3 bulan !!! Kenapa gitu lama, kalah jauh ama Sorento saudara ane ? Karena ane nggak mau banting harga, buat apa ? Mobilnya nggak bekas apa apa. Tapi itu dia, karena saingannya banyak banget, wah, setengah mati cari pembeli yang rasa kondisi pajero gue sesuai ama harganya.

            Ada aja pajero lain yang entah lebih mulus atau lebih murah harganya banding pajero gue. Jadi ini pengalaman berharga untuk ane. Jangan beli mobil cuman karena populasinya banyak. Dan assumsi harga jual kembalinya pasti the best.

            Justru suatu saat akan muncul banyak banget sesama pengguna mobil yang sama yang mau jual juga (siapa sih pakai mobil sampai mati ?), dan saat itu, aduh, setengah mati fight ama saingan lain itu. Kecuali ya banting harga deh…

            Yang tidak percaya info ane silahkan. Cuman biasanya yang makan gaji nggak bakal ngerti, tapi yang usaha dagang pasti ngerti, harga jual jatuh belum tentu karena barangnya jelek atau nggak ada yang mau. Tapi karena SAINGANNYA GANAS, banyak banget !!!

            Susah mau " margin " yang lebih gemuk. Lo jual mahal ? Ya udah, pasti ada kok barang serupa yang lebih bagus dan harga sama, lebih tinggi dikit, atau lebih murah malah. Tinggal gue keliling aja. Itulah mindset orang yang cari mobil bekas " popular " yang stok bekasnya banyak banget.

            Jadi jangan takut beli mobil non-mainstream. Yang penting cari tau dulu, mobilnya AWET dan bagus, jarang sakit nggak ? Jika memang OK, seperti mobil Korea jaman sekarang (lupakan lah kasus 15 tahun lalu, situasi sudah berubah total), sudah bagus, ada kok pasar bekasnya sendiri.

            Dan karena saingan minim, kekuatan pembeli ama penjual lebih balanced. Malah kasus saudara ane, kekuatannya lebih di pihak penjual. Banding jual mobil popular yang jelas kekuatan ada di pihak pembeli, karena saingan dimana mana…

            Mazda juga sama, orang Indo nggak berani beli CX-5 yang bagus itu karena takut isu harga jual jatuh banget. Lah buktinya pedagang pada jual di atas harga fortuner tuh…Dan ane yakin banget penggemarnya ada dan pasar bekasnya CX-5 jelas ADA !!

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Makanya untuk masalah resale value gw gk mau kemakan omongan org, krn gw pake konsep itu tdi. Makin dikit yg jual makin byk pembeli.

          • Richie Delavega

            Gw setuju ama lu bro,mindset Nya customer Indonesia tuh Kalau beli Mobil yg brand image Nya Sudah kebentuk seperti Toyota dkk pasti after sales Nya tinggi,padahal ya Belum tentu.mobkas itu Nilai Jualnya dri kondisi Fisik Kendaraan,kilometer,pajak,warna berpengaruh juga,Dan plat daerah Kendaraan juga berpengaruh Banyak jikalau mau mutasi.emang lu orang Semua mau punya Mobil Sama Semua apa ya?,ga bosen apa make Mobil made in Japan terus moving on guys Sekali-Kali cobain merk Europa.biar Kalian juga tau perbedaannya Antara Japanese car and Europe car tuh apa,btw comment yg berbobot,Karena itu cermin dri perilaku anda Semua.thanks

          • AE86

            kalu Demand vs supply itu saya setuju bos…
            yang gampang terjual untungnya pasti dikit bos, contoh kecil sparepart yang fast moving untungnya dikit dibandingkan spare part yg slow moving, alhasil mempengaruhi harga jualnya.
            yang slow moving pasti nantinya ada biaya2 tambahan sprti: maintanence, biaya penyimpanan, dll. yg nantinya mempengaruhi harga jual.
            kebanyakan penjual milih biar untung dikit namun barang yg dijual fast moving,
            bukan gk ad yg lirik, tapi persentasenya dikit, peminatnya masih kurang dibandingkan mobil jepang… bisa2 jd Dead stok.

          • njk888 nik

            Dead stock ? Gini lo masih nggak ngeh, ya peminatnya Santa Fe lebih dikit banding fortuner OK, tapi sekali lagi, SUPPLYnya Santa Fe juga JAUH di BAWAH stok fortuner bekas ! Jangan terus lihat dari sisi DEMAND. Tuh minyak yang sangat popular aja bisa ancur harga jualnya, karena, OVERSUPPLY !!!

            Pula, lo tau darimana Santa Fe pasti slow moving ? Dan lo yakin jaman sekarang, dimana situasi mobil bekas toyota misalnya banyak yang udah oversupply ??? Emang semua orang pilih mobil pasti 100% lihat harga sparepart gituan ? Yakin lo ??? Dan juga ambil keputusan cuman gara gara misalnya biaya servis toyota mungkin lebih murah 10% banding Hyundai ? Yang benar ??? Apalagi Santa Fe mobil class setengah Milliar, yakin yang lirik ni mobil semuanya miskin sampai gitu ?

            Yang ingin tau Santa Fe apakah benar slow moving banget, silahkan sign up kepada milis komunitas SOCI (Santa Fe Owners Club Indonesia).

            Tanya deh mereka, seingat ane, udah berapa kali ada anggotanya yang jual Santa Fe model baru (bukan yang lama ya), karena aneka alasan, dan seingat ane mereka tidak perlu waktu terlalu lama untuk lepasnya, dan pernah ada anggota yang jual 400 juta lebih, meski memang usianya masih muda. Tapi kan jika benar hancur seperti kata sales toyota, usia muda pun paling laku 100 juta gitu.

            Nggak percaya ane silahkan, yang ingin tau, coba aja tanya SOCI. Komunitas biasanya nggak bohong. Juga pernah ada sales Garansindo (bukan Hyundai lo), yang cerita, ada customer jual Santa Fenya di jadikan DP untuk inden Jeep model baru.

            Dia testi bahwa tu Santa Fe di sabet pedagang mobkas nggak sampai 1 minggu setelah mulai di pasarkan. Dan harga pedagang ambil juga sangat bagus, 350 juta untuk unit yang tahun 2012 (testi ini tahun lalu 2015). Jika masih nggak percaya, ane bisa kasih nama sales Garansindo dengan no telponnya.

            Ingat pula, pedagang mobkas apalagi, mana mau pegang stok lama lama, jika benar susah jualnya, nggak mungkin mereka pasang harga tinggi, pasti dari awal udah pasang harga sangat rendah)

            Coba aja sekarang lihat harga pasar fortuner vnt 2012 berapa ? Udah banyak yang jual di harga +- 310 juta. Bahkan ada berapa yang mulai turunin di bawah 300 juta.

            Kok bisa ? Emang yang jual fortuner bekas nggak mau duit ? Kenapa turunin harga ? Jelas karena OVERSUPPLY ! Yang jual udah terlalu banyak. Dan ini sudah terjadi sebelum fortuner baru keluar pun.

            Ingat, jangan assumsi 15 tahun lalu mobil Korea kurang bagus harga jualnya, saat ini pasti masih sama. Cara pikir gini apa bedanya ama bule yang bilang ” Lupakan Indonesia deh, no hope. Tuh 1998 ribut / kerusuhan terus. ” Hello ??? Sekarang main deh ke Trisakti, mana ada ribut ???

            Perusahaan, sama dengan negara, sering berubah. Dan jika perubahannya arah ke positive, udah pasti pasar akan mulai akui dan adjust harga jual kembalinya. Meski bertahap, nggak semua orang cepat akui. Tapi pasti mulai ada segment pasar yang mulai lirik.

            Menurut ane, Santa Fe harga jualnya tinggi masuk akal kok. Coba cari tau mana ada kisah ownernya yang ngeluh ni mobil banyak masalah ? Yang ada justru sangat positive. Tuh di forum sebelah ada yang testi udah pakai 90 rb km, sama sekali nggak ada bunyi bunyi. No problems at all. Aftersales juga OK kok, biasa lah orang Indonesia, belum coba udah cap jelek dulu.

            Bisa jadi juga karena penampilan bengkel Hyundai kalah mewah banding toyota (di Indonesia ya, luar negeri beda), maklum Hyundai di sini belum sekaya toyota Indonesia. Tapi penampilan jelek belum tentu isinya jelek lo. Contoh, rumah lo kemungkinan besar kalah mewah / bagus banding rumah Setya Novanto, yang WCnya aja minimalis, mewah banget, tapi apakah udah pasti Setya Novanto lebih baik / pintar dari lo ? Belum tentu kan ?

            Jangan selalu judge a book by its cover….

            Banding ama HRV yang baru 1000 kman udah bunyi bunyi / banyak masalah. Jadi jika barang fundamentalnya bagus, apalagi udah ada track recordnya 3 tahun lebih setelah mulai di jual, pasti ada yang ngerti dan incar secondnya.

            Dan siap bayar harga wajar, karena dia sudah cari tau dan rata rata feedbacknya positive…

            Make sense kok. Ingat, tiap mobil ada pasarnya sendiri. fortuner selaku lakunya, tetap mobil macam Santa Fe ada penggemarnya sendiri. Size of market lebih kecil pun nggak masalah. Nggak otomatis pasti ancur harganya.

            Tuh pasar properti di Singapura jauh lebih kecil banding Indonesia. Singapura negara kecil, penduduk cuman 4 jutaan. Tapi kok harga jual kembali properti sono jauh di atas Indonesia yang pasarnya lebih ” ramai “, lebih BESAR ?

            Itu dia, karena Singapura ada pasarnya sendiri, dan karena barangnya BAGUS, pembeli maupun penjualnya sepakat deal di harga yang tinggi.

            Faktor utama no.1 adalah ” BARANGNYA BAGUS atau BUSUK ? “.

            Sebaliknya, jangan bilang fortuner, tuh toyota Nav1, lebih menyedihkan lagi resale valuenya. Yang usia 1-2 tahun aja udah di bawah 300 juta. toyota lo…Kok bisa ancur gitu ? Silahkan pikir sendiri kenapa ?

            Namun jika sifatnya sudah ” racist mobil ” sudah yakin 100% tiada mobil selain toyota yang benar / bagus, ya sudah, tidak perlu lagi debate. Urusan selesai.

    • njk888 nik

      Bicara jaringan bengkel, untuk merek yang lebih dikit bengkelnya, kita semua juga harus realistis. Nggak fair jika gitu di cap jelek aftersalesnya. Kenapa ?

      Jangan harap merek seperti Mazda, Hyundai, BMW, Mercy, VW, dll buka jumlah bengkel harus sama banyaknya ama toyota / daihatsu gitu.

      Situasinya sama dengan jika rakyat omelin pemerintah, kenapa jumlah rumah sakit di Bandung kalah jauh banding Jakarta.

      Jelas masuk akal nggak jika Bandung harus buka jumlah rumah sakit sama banyaknya ama Jakarta ? Apalagi kota lebih kecil macam Purwokerto, masa harus sama ama Jakarta ?

      Apa yang akan terjadi ? Silahkan mikir masing masing deh…

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Klo sekelas BMW lawannya mercy lah. Bukan byk atau enggaknya yg beli tpi pembeli itu ada dimana aja?? Jd misal kota A ada 500 mobil, kota B cuma 300. Ya bukan berarti liat byk mobilnya tpi dimana kamu punya bukan, berapa yg kamu punya. Pembeli kmbil gk cuma jkt gan.. Byk yg pgn beli tpi mikir2 dealer yg ada bengkelnya dimana. Minimal 2-3 kota ada 1 dealer lah. ITU UDH MINIMAL BGT..

        • njk888 nik

          Ya itu dia, misalnya di kota kecil Purwokerto, yang beli VW / Mazda gituan berapa orang ? Populasinya berapa mobilnya ? Tau nggak bangun bengkel itu puluhan milliar, belum fixed costnya sebulan untuk team mechanik dan running cost lain. Jika tiap bulan yang masuk service cuman 5 mobil gimana ??? Kagak masuk akal. Contoh sendiri, lexus aja juga cuman 1 beresnya seluruh Indonesia saat ini.

          Dan jangan bilang toyota Purwokerto bisa handle / repair lexus hybrid….Masih nggak ngeh ? Gini, seluruh dunia penjualan VW ama toyota beda tipis, tapi di Indonesia toyota setahun ratusan rb. VW cuman ratusan unit saja. Mungkin 1000an paling banyak.

          Perbandingannya lebih dari 100 : 1 ! Nah, tinggal mikir, toyota jumlah beresnya saat ini di Indonesia sekitar 270. Lo kalau jadi VW mau bangun berapa ? 100 ? Di jamin mayoritas bengkel lo akan kosong most of the time, dan akan rugi bandar !

          Bisa di pecat ama shareholder CEOnya karena perusahaan akan rugi besar dan cash flow akan ancur untuk bayarin banyak mechanic yang nganggur dan fixed cost yang nggak ada manfaatnya.

          toyota sendiri emang dulu waktu mulai masuk Indonesia langsung bikin 100 bengkel ? Jelas tidak. Perkembangan jumlah bengkel harus ikutin irama penjualan dan populasi calon ” pasiennya “. Grow hand in hand, baru make sense.

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Makanya si mazda indo nih buat mobil yg pasarnya gemuk. Kyk LMPV dan lain2. Jgn terus2an ikut MMC bilang iya dulu baru jual. Contohin lah si astra berani jual kijang dna avanza sendir. Akhirnya kan toyota indo bisa sehebat ini skrg. Nah untuk masalah bengkel itu ya buat dulu dealer yang ada bengkelnya jg.. Org pgn beli mazda tpibgk ada dealer dan bengkelnya kan dia mikir2. Makanya si mazda ini untuk bangun dealer2nya mending di franchise aja deh… Itu teknik si TAM jualan mobil, krn klo si astra sendiri gk bakalan kuat… Makanya di toyota ada auto2000, plaza toyota, nasmoco, tunas, astrido, agung automall, kalla toyota, dll. Makanya skrg si toyota indo bisa bangga dgn dealernya 272 dealer deh.. Walaupun resikonya keuntungannya agak dipotong sama agen2 ini. Tpi kan krn byk beli mapah hitungannya lebih untung… Dan cara ini sudah diberlakukan oleh honda, nissan, dan suzuki, mitsu jg. Ford baru2 ini franchise krn dulu cuma dipegang nusantara group doang… Makanya di purwokerto jarang yg punya mazda, krn si dealernya cuma ada di pekalongan paling deket… Tpi klo toyota?? Di kota kamu pasti ada kan…. Makanya org2 ogah beli mazda krn mobil2nya kurang diminati konsumen dan dealernya dikit (krn cuma dipegang nusantara group). Saran gw nih ya pakelah cara franchise tdi pasti byk yg beli DAN jualan mobilnya di pasar yg gemuk di indo… Pasti laku.. Liat suzuki, stelah ertiga jualan SIS mendingan kan?? GM setelah jualan spin di indo… Berasa ada kemajuan kan keuntungannya… Honda jg setelah jualan brio mobilio, skrg dia berani jualan di pasar gemuk, terbukti dia berani jualan HRV, BRV dan nanti ada freed 1.0 L turbo yg harusnya bisa masuk. Toyota jg ambil celah si freed di indo dgn jualan Sienta. Lah ini mazda nunggu MMC aja buat mobil… Jgn2 klo MMC gk setuju, di indo jg gk dpt. HMC bilang gk ada turbo di asean, tpi HPM berani jualan civic turbo tuh.. Makanya ATPM punya keberanian, riset buat mobil LMPV, setelah dpt uang, buat lgi LCGC (mungkin) setelah liat perkembangan di indo kyk gitu, pasti MMC bakalan bantu buat mobil khusus pasar indo. Avanza cuma TAM pas 2004, tpi pas all newnya dibantu tuh sama TMC

  • ///AMG

    Rugi gk sih udh ngelontarin uang 500 jeti buat mobil yg diliat dri luar gede pas masuk ke interior malah nyesek nyesekan? (omongin si VRZ)

    • Aryo Wicaksono

      ambil yang G aja biar nggak sesak.

    • njk888 nik

      Ane sih rasa memang ada ” ruginya “, kecuali yang beli cuman mau gaya naik gajah besar aja. Jika tujuan beli mobil adalah faktor kepraktisan, memang 2 SUV ini terlalu besar dan tinggi untuk di pakai di dalam kota, dimana makin padat, parkir makin susah dan sempit. Itulah kenapa di Eropa dan Jepang, mobil SUV badan besar nggak laku. Mereka udah sadar, piara mobil besar di kota padat dan sempit itu bisa nyusahin.

    • Bimo Alexander

      Rugi ga sih beli suv 436 jetong (exceed) yg interiornya mirip sama pickup di pertambangan

  • AE86

    Desain dashboard T-shape nya PS seperti ke Agya-an, kurang mewah… Coba dibuat yg agak mewah dan futuristik pasti seimbang dengan wajahnya yg futuristik.

    • njk888 nik

      Mesin mending dasboard mirip agya, dari pada rem belakang tromol yang sama persis ama agya. Wah ! Come on ! Mobil harga setengah Milliar masih pakai rem tromol ??? Mobil besar dan berat pula.

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Sebetulnya ada + dan -nya untuk tromol dan cakram belakang. Tromol lebih durable. Tpi cakram lebih bagus saat kebut2an. Bgi org kalimanta/sulawesi/papua yg jalannya terbelakang sih menurut mereka malah enak sih gan dr pd cakram. Trus tenaga yg dihasilkan jg kecil untuk seukuran ini. Makanya PS Exceed gk pake cakram krn tenaganya jg kecil. Mungkin TAM mikirnya kyk gitu sih.. Tpi menurut saran gw minimal ada lah yg cakram.. Paling enggak tipe VRZ baik 4×2/4×4. Jd untuk di pelosok beli G 4×2.. Untuk yg lebih gengsi beli VRZ. Jd ada tipe yg cakram dan tromol sesuai kebutuhan

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Mobil merk amerika di indo jg ada kok gan yg masih pake tromol yg haranya lebih dr 500 jt. Ranger 3.2 Wildtrack 4×4 masih tromol belakang. Makanya yg saya tdi jelaskan ada + dan -nya. Pasti pabrikan udh mikir fungsi dr speknya kok gan selain untuk mengambil untung yg lebih byk. Tanyakan fungsinya bukan berapa harganya. Tpi klo liat komen anda, anda terpaku pada harga bukan fungsi dr mobil tersebut. Bukan bersrti saya mendewakan tromol tpi kenyataannya begitu. Saran saya pada TAM tetep ada cakramlah di tipe VRZ dan SRZ minimal. Untuk G tetep tromol, kasian yg punya tambang atau yg pake buat bawa barang atau angkutan umum

        • AE86

          setuju om, jawaban yg sangat rasional,,, kembali lg kebutuhan dan fungsi dari kendaraan tersebut,
          dan mudah2an TAM improve tipe VRZ pake Four Disc brake.

        • njk888 nik

          Kalau gitu, kenapa fortuner di Australia pakai rem cakram semua ???

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Krn mesinnya pun jg pake 2.8 L diesel… Jd harus pake cakram.. Knp di thai gk pake?? Krn itu tdi saya bilang, untuk masalah durabilitas.. Tpi pasti ada unsur keuntungan jg bagi ATPMnya.. Disini gw ngoming netral nih. Di indo pake tromol jg gk terlalu maslaah krn mesinnya cuma 2.4 L dan jalanan di pelosok indo rusak parah. Makanya fortie pake tromol… Si ford yg jarang sunat aja pake tromol tuh di ranger 3.2Lnya… Krn durabilitasnya lebih penting dr pada gengsi dan kebut2an. Tpi TETRP NIH YAH… Si TAM kasihlah di tipe VRZ dan SRZ, why only VRZ and SRZ?? Krn org beli tipe VRZ mengutamakan gengsi dan kelengkapan fitur.. Sedangkan di tipe G dipake untuk tambang, keluar kota lewat medan ekstrim, jd dikasih tromol aja. Nih gw gk berat sbeelah nih… Jd klo ada yg bilang pemuja fortie mah dia gk bisa memaknai kata2 saya artinya.

  • bams

    Torsi 430Nm tetep gak bisa bohong,………design? either you love it, or hate it

    • njk888 nik

      Memang orang Indonesia masih prejudice ama mobil Korea ya ? Dari akhir tahun 2012 sudah ada diesel Santa Fe yang cuman 2200 cc tapi torsinya 445 Nm ! Dan powernya 197 PS ! Tapi nggak heboh…Sekarang begitu fortuner naikin torsi ke cuman 400 Nm, pada wah ! Dan sekarang Dakar 430 Nm, lebih wah lagi ! Bukan cuman manusia ya, tapi dunia mobil pun ada yang sifat ” rasisnya “.

  • Gamas K G ™

    Dripada beli PJS exceed atau Fortie G, mending MU-X kemana-mana sih…

  • Bimo Alexander

    Bagus gan… reviewnya sangat menyeluruh dan balanced dengan artian tidak memihak satu merk, dan obyektif menyebutkan kelemahan dan kelebihan masing secara berimbang… biar para fanboy tiap merk (baik mitsubishi ato toyota) tau juga, kdg heran jg ada yg kekeuh bgt sama 1 merk pdhl udh jelas ada merk lain ada yg lebih value for money.. kyk exceed vs fortuner g…jelas lebih value for money toyota, tp fans mitsu tetep aja ngotot bagusan mitsu… trus dakar vs vrz/srz lebih worth to buy mitsubishi tp fans toyota tetep aja ngotot fortuner lebih lengkap

    • njk888 nik

      Nggak heran, dan sangat mungkin sebagian yang komentar di sini bisa saja sales masing masing merek atau orang dalam ATPMnya. Jaman gini perusahaan besar jika tidak ada pasukan sosmed, bodoh. Cuman kita sendiri aja harus pintar dan nimbang semua faktor dengan matang. Karena komentar ada yang benar, ada yang ngawur banget.

      • Bimo Alexander

        Iya bener gan kitanya yg harus punya “filter” sendiri mana yg paling tepat :).. tp yg saya perhatikan kadang yg namanya fanboy bisa lebih “jor2an” dibanding sales merk itu sendiri yg nyamar jd user… jgnkan mobil gan.. liat aja perang antara fanboys android vs ios udh ricuh bgt wkwk… basically org indo gampang di adu oleh perbedaan sih -,-

  • Gerry

    haha, ketawa ketiwi bacanya pake’ plesetan gitu..
    “main aman”, ya benar. scara agar Fortie tdk kehilangan identitas & ciri khasnya.
    PjS menang power, tp ngapain jg dipake ngebut2. kalo ada yg lebih nyaman, why not.gitu kan..
    dua2nya sama2 yahud. “Kembali lagi, pilihan ada di tangan dan saldomu”.. :v Salam AutonetFans 😉

  • TurboLic

    Walaupun ford isunya mau tutup,
    IMHO Saya nggak sepakat kalau dikeluarkan dari review diatas
    Seharusnya walaupun isunya demikian, perbandingan produk gak boleh dianaktirikan
    Supaya mengerti kekurangan dari 2 mobil ini dibandingkan everest
    Dan saya yakin kekurangannya banyak

    Autonetmagz sebagai media independen masak sih cuman gara2 isu aja udah gak mereview suatu produk?
    Independensi dipertanyakan…

    • Bimo Alexander

      Mereka udh objektif bgt kok bos.. bukan karena ford mau tutup (sebenernya bukan tutup tp pihak pemegang atpmnya ganti, jd ford tetep ada) tp mereka ga vandingin sama everest karena belom di launching resmi aja di indonesia kyk pajero sport dan fortuner.. unit jg susah kan nyari everest… ntar kalo bandingin ga pake unit langsung, cuma kayak bandingin berdasarkan spek di brosur ntar jd kayak komparasi majalah a*to bi*d yg komparasinya ga jelas dan ga berkualitas.. no offense to majalahny but thats the truth…

      • Wira

        Sori bos mau koreksi…

        Everest udah launching resmi kalo gak salah akhir tahun lalu, tepat bbrp bulan sblm atpmnya berpindah tangan

  • William

    Drpd pusing bandingin,ambil 22nya aja.masing2 punya kekurangan Dan kelebihan.hehehe

  • Sarjono Touring

    Ini pendapat ane

    Fortuner: + eksterior keren banget,jauh lebih keren dari all new pajero sport
    Interior mewah,apalagi pas lihat panel instrumennya yg eropa banget dan beberapa bagian interior yg udah soft touch
    Banyaknya fitur yang berguna utk sehari hari seperti cool box dan bagasi elektrik

    – mesinnya masih kurang tenaga,masih kalah jauh dari pajero sport
    Banyaknya fitur keamanan yg absen
    Kombinasi warna interior yg gak pas,mestinya full black aja

    Pajero sport:+ mesin sangat bertenaga
    Transmisi matic 8 speed,bmw x1 dan x3 aja masih 6 speed
    Banyaknya fitur keamanan dan fitur off road

    -Tampilan eksterior bukan semua selera orang(termasuk saya)
    Interior jauh dari kesan mewah
    Alangkah lebih bijak kalau sunroof diganti aja dgn fitur bagasi elektrik,jauh lebih berguna

  • Recaro

    meluruskan saja, sebnarnya pajero sport juga pake Bi-LED, welcome light sama coming home light…nih autonetmagz musti koreksi ya…

  • Harries Hidayat

    Gue penggemar berat Toyota baik inova maupun fortuner, tp gue sadar jgn terlalu fanatik sm satu merk. Saatnya kita terbuka. Gue mau nyoba make pazero dakar skrng. Pdhl udah booking/inden fortuner 2 bln ya udah drpd lama nunggu, nyobain pazero yg tanpa indent… bismillah

  • Harries Hidayat

    Fortuner menang promosi doang. Besar mulut, tenaga lemah syahwat

  • Afat Mitsubishi

    informasi PROMO dan pemesanan All New Mitsubishi Pajero Sport hub Afat Patria : 082122261879 / 081908705902.
    klik www dot mitsubishipajerosport dot net
    atau www dot mitsubishipajerosportjakarta dot com

  • Eva Gunawijaya

    Mitsubishi dr mesin kecil sampe mesin kapal ada
    Pas saya coba mitsubishi pajero sport dakar buset tenaga nya luar biasa suara mesin nya khas suara turbonya bikin fun to drive

  • naryoko shop tokopedia

    All new pajero sport Dakar 4×2 indonesia with Auto Cruise Control

  • Ivan

    Numpang review ya

    Saya pengguna dakar yg baru

    Sebelum beli nih mobil bolak balik test drive sampai 3x fortuner + dakar, total 6x test drive hehe.

    Kesimpulan kenapa ambil dakar yang paling utama dan terutama dan karena saya penggemar mesin bensin dari dulu, karena mesin dakar jauh lebih halus mendekati bensin, kabin yang silent, baik suara ban, mesin, suara bajaj sebelah dan getaran mesin sangat baik sekali.

    Dibandingkan fortuner, suara mesin masih kedengeran, posisi idle atau gear di P, getaran mesin masih menggetarkan tangan saya :).

    Untuk dashboard mobil, tergantung selera sih. Saya suka yg lebih klasik soalnya. Untuk fortuner memang mewah, tapi ada juga yang bilang mirip truk..

    Entertaiment, sama aja menurut saya, memang dakar punya player pakai clarion, tp menurut saya kualitas keluaran suaranya lebih baik dr fortuner yg sudah built in, penggemar audio pasti suka deh. Dan sudah ada bluetooth juga, pengguna apple music pasti suka. Minus di dakar, tidak dilengkapi tv belakang ( anak saya suka nonton -_-), tp saya berhasil akalin pakai ipad 1 yang bekas (beli 1.5 jt, 64gb), isi film sebanyak mungkin ( hasil download-an torrent -_-), kualitas hd, pilihan film banyak, ga pakai cd, dan saya tetap bisa menikmati lagu kesukaan saya.. Praktis kan.. Ya cuma repot harus charge battery aja, kalau didiemin bisa 1 minggu sekali, kalau keluar kota 2 hari sekali.

    Exterior depan ga usah diragukan lagi, utk yg belakang terus terang saya ga suka, tapi setelah saya coba pasang spoiler atasnya, lumayan macho juga koq hehe

    Kalau dipilih sunroof atau bagasi elektrik, saya lebih pilih sunroof, saya lebih suka interior yg terang, apalagi melewati pepohonan, pokoknya lebih fresh. Kalau bagasi elektrik, jarang dipakai, sesekali saja, dan seharusnya para supir2 macho disini tidak terlalu berat menutup manual bagasi, melatih otot juga, dan sekalian olahraga hehe, kecuali yg bawa wanita, saya angkat tangan bro.

    Performance sangat baik, untuk padle shiftnya sangat membantu kalau mau nyalip di tol, tp harus membiasakan diri juga, karena si dakar ini punya gear 8 speed, bagi yg terbiasa pakai gear 5 speed pasti sedikit aneh.

    Kekurangan dakar menurut saya cuma 1, bantingan masih terasa agak keras (walaupun diklaim sama si berlian sudah empuk), maklum saya supir keluarga, bawa anak2 dan istri. Biasa naik mpv, naik dakar agak sedikit kaget dan mabok. Mungkin ada saran dari para pakar agar lebih empuk lagi?

    Sekian, mohon maaf apabila menyinggung para fans, saya review apa adanya