Mitsubishi L300 Kini Impor Filipina, Ini Nih Bedanya!

Mitsubishi L300 Kini Impor Filipina, Ini Nih Bedanya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Apa produk Mitsubishi yang paling top di Indonesia? Beberapa akan menjawab Mitsubishi Xpander atau Pajero Sport, dan mungkin juga ada yang menjawab Mitsubishi Galant atau Mitsubishi Lancer. Tidak keliru memang, namun di umur berapa kamu baru tahu bahwa mobil Mitsubishi yang paling legendaris di Indonesia adalah Mitsubishi Colt L300. Mobil yang biasa disebut “elsapek” ini sudah 40 tahun melenggang tanpa ganti model lho!

Yak, betul, sejak diperkenalkan tahun 1981, Mitsubishi L300 tidak mengalami perubahan berarti. Artinya, mobil tersebut jauh lebih tua dibandingkan sebagian besar penulis AutonetMagz. Nah, tahun 2022 ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia memperkenalkan Mitsubishi New Colt L300. Eh, tapi kok terlihat sama saja ya? Apanya yang baru?

Mesin Mitsubishi L300 Sudah EURO 4

Karena Mitsubishi L300 adalah mobil buat keperluan komersil, niaga dan usaha, jadi sebenarnya perubahannya tidak fokus ke kosmetik. Mitsubishi memfokuskan pada mesin diesel 4N14 baru berkapasitas 2.268 cc 4 silinder turbo diesel yang bisa menghasilkan tenaga 99,25 PS di 3.500 rpm dan torsi 200 Nm di 1.000 hingga 3.500 rpm. Selain output yang lebih besar 40 persen daripada sebelumnya, standar emisi di Mitsubishi L300 baru juga sudah naik.

Sang “elsapek” alias Mitsubishi L300 baru kini sudah lulus standar emisi EURO 4, namun Mitsubishi juga merekomendasikan agar mobil ini minum bahan bakar berstandar EURO 4 juga, jangan yang kualitas jelek. Selain itu, Mitsubishi juga mengklaim kalau Mitsubishi L300 baru ini tetap awet dan tahan banting, perawatannya pun mudah dan murah meski menggunakan mesin dengan standar emisi baru. Selain didukung 300 jaringan bengkel resmi dan 3.500 gerai suku cadang di Indonesia, bengkel pinggir jalan mana pun pasti bisa mengurus mobil ini.

Mitsubishi L300 Sekarang CBU Filipina

Sedikit fakta mengenai Mitsubishi Colt L300 EURO 4 adalah bahwa mobil ini bukan rakitan lokal Indonesia, melainkan diimpor langsung alias CBU dari Filipina. Padahal beberapa mobil niaga lain seperti Suzuki Carry, Daihatsu GranMax bahkan DFSK SuperCab saja rakitan lokal Indonesia, tapi ya sudahlah. Oh ya, Mitsubishi Colt L300 baru kini pakai gril baru, bumper baru, pegangan pintu baru, spidometer baru dan posisi speaker baru. Posisi kabin pun kini naik 100 mm.

Mitsubishi Colt L300 EURO 4 tersedia dalam 2 pilihan, yakni pick-up flat deck atau cab chassis, di mana ukuran kargonya 8 persen lebih luas daripada sebelumnya. Untuk urusan harga, Mitsubishi L300 EURO 4 baru dijual seharga 218,65 juta Rupiah untuk varian pick-up flat deck dan 213,65 juta Rupiah untuk varian cab chassis. Apa opinimu mengenai elsapek baru? Memang harus minum solar bagus, tapi nampaknya mesin barunya bakal lebih handal ya. Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: