Siap Mudik?? Perhatikan Kiat Mudik Aman Ala Suzuki Ini

Siap Mudik?? Perhatikan Kiat Mudik Aman Ala Suzuki Ini
0  komentar

AutonetMagz.com – PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) beri kiat untuk keluarga Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi. Selain memastikan pengemudi dan penumpang dalam keadaan sehat dan sudah divaksin Covid-19, pengemudi juga harus menyiapkan dokumen berkendara dan memeriksa kondisi mobil baik secara mandiri maupun di bengkel resmi Suzuki. Setelah perjalanan selesai, lakukan pemeriksaan kembali di bengkel resmi untuk memastikan apakah kondisi mobil masih baik atau membutuhkan penggantian komponen.

Apa Sajakah Itu?

  1. Kelengkapan Dokumen Berkendara
    Sebelum melakukan perjalanan, pengemudi wajib membawa dokumen-dokumen berkendara yang lengkap dan masih berlaku, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Izin Mengemudi) A. Kelengkapan dokumen tersebut harus selalu dibawa sebagai identitas kepemilikan kendaraan dan memastikan bahwa pengemudi sudah cukup umur dan memenuhi syarat mengendarakan mobil.

2. Pemeriksaan Komponen Mobil
Lakukanlah pemeriksaan kendaraan untuk menghindari terjadinya gangguan selama perjalanan. Pastikan fungsi setiap komponen mobil berkerja dengan baik, seperti wiper, speedometer, lampu, sistem pengereman, radiator yang terisi cairan hingga batas maksimal, penggantian oli mesin yang dilakukan secara rutin, pemeriksaan oli transmisi, dan kondisi aki mobil. Selain itu, jangan lupa membawa dongkrak dan kelengkapannya, segitiga pengaman mobil, serta ban serep.

3. Pastikan Bagian Interior Mobil Berfungsi dengan Baik dan Bersih
Periksa dan pastikan bagian interior mobil Anda berfungsi. Sebagai contoh, cek apakah laci dashborad dapat dibuka tutup dengan baik sehingga bisa digunakan dengan optimal untuk menaruh barang seperti P3K, masker, atau hand sanitizer. Pastikan juga tuas pengatur jok berfungsi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi dan penumpang. Pengemudi juga dapat menambahkan car phone holder jika menggunakan aplikasi pengarah jalan. Untuk menambah kenyamanan di perjalanan, bersihkan terlebih
dahulu setiap sisi interior mobil Anda.

4. Perawatan di Bengkel Resmi Suzuki
Setelah melakukan pemeriksaan sendiri di rumah, pengemudi dapat membawa mobilnya ke bengkel resmi Suzuki apabila mobilnya mengalami kerusakan. Selain itu, pengemudi juga wajib ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan misalnya seperti wheel alignment, pemeriksaan komponen rem, dan pemeriksaan saringan udara kabin mobil. Selain dilakukan oleh tenaga ahli, pemeriksaan di bengkel resmi juga memiliki keuntungan lain, yaitu garansi suku cadang resmi untuk mobil Suzuki.

5. Kesiapan Fisik dan Posisi Mengemudi
Kesiapan Fisik wajib diperhatikan sebelum bepergian. Istirahat, konsumsi makanan, dan tidur yang cukup sebelum mudik dapat meningkatkan stamina pengemudi. Selama perjalanan pun, pengemudi harus memperhatikan posisi duduk yang benar, nyaman, dan aman untuk meningkatkan konsentrasi, mengurangi keletihan, dan mengurangi risiko kecelakaan. Pastikan posisi duduk, kepala, tangan, dan kaki tetap nyaman dan aman. Sebelum menyetir, pengemudi diimbau untuk melakukan peregangan otot agar
peredaran darah lancar dan tidak mudah lelah.

6. Jumlah Penumpang Tidak Melebihi Kapasitas Kendaraan
Sering kita melihat para pemudik yang berjubel di dalam satu mobil penumpang. Padahal, hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas karena muatan yang melebihi kapasitas kendaraan. Untuk itu, demi kenyamanan dan keselamatan, pastikan jumlah penumpang dan beban muatan sesuai dengan kapasitas dan ketentuan.

7. Catat dan Hubungi Nomor Darurat
Untuk mengantisipasi adanya kejadian tak terduga, pengemudi perlu mencatat dan menghubungi nomor telepon darurat ketika mengalami gangguan di tengah jalan, seperti call center Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 yang siap memberikan pelayanan di saat konsumen membutuhkan bantuan, mengalami kendala, maupun keluhan.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, “Dalam rangka mengantisipasi arus mudik, Suzuki mengimbau para pengendara untuk selalu waspada dan memperhatikan rambu lalu lintas. Apabila mengalami gangguan teknis di jalan, Suzuki telah menyediakan 40 Bengkel Siaga yang tersebar di berbagai titik jalur mudik yang ada di Sumatera, Jawa, dan Bali. Hal ini kami lakukan agar konsumen melakukan perjalanan mudik dengan aman dan selamat.”

Read Prev:
Read Next: