KIA Grand Sedona Turbo Diesel Menuju Indonesia, Lebih Masuk Akal?

by  in Kia&Mobil Baru&Nasional
KIA Grand Sedona Turbo Diesel Menuju Indonesia, Lebih Masuk Akal?
0  komentar

AutonetMagz.com – KIA Grand Sedona atau juga dikenal sebagai KIA Carnival sudah berubah total dibanding Carnival yang kita kenal dulu. Gayanya lebih Amerika dan benar-benar lebih elegan, tapi mobil ini bisa dibilang langka di jalanan tanah air. Mobil ini sejujurnya tidak buruk, malah termasuk salah satu MPV paling praktis dengan daya tampung luar biasa. Coba, MPV merek Asia mana lagi yang bisa muat 11 orang selain mobil ini?

Meski langka, nampaknya itu tidak menyurutkan niat KIA untuk mengembangkan mobil ini lagi dengan varian baru. Sebuah informasi yang masuk ke kotak surat kami menyampaikan bahwa KIA Indonesia tengah mengambil ancang-ancang untuk memasukkan KIA Grand Sedona bermesin turbo diesel 2.200 cc. Bisa ditebak dengan mudah, ini pasti mesin 2.200 cc 4 silinder turbo diesel CRDi yang sama dengan KIA Sorento dan Hyundai Santa Fe.

Jelas ini lebih kecil daripada mesin 3.300 cc V6 naturally aspirated milik KIA Grand Sedona yang ada sekarang. Kecil kapasitasnya, kecil jumlah pistonnya dan kecil juga tenaga serta torsinya juga dibandingkan, tapi mungkin itu bisa membuat KIA Grand Sedona terlihat lebih masuk akal. Kami sudah pernah merasakan mesin ini di Santa Fe dan Sorento, dan mesin ini terbukti kompeten saat dipasang di kedua SUV berat itu.

Tenaga 190 PS dan torsi 440 Nm dari mesin 2.200 cc turbo diesel CRDi nantinya jelas sudah cukup untuk MPV berbobot 2 ton lebih seperti KIA Grand Sedona. Untuk kasus mobil-mobil berat seperti ini, torsi lebih penting daripada tenaga supaya akselerasinya tidak kendor. Menurut informasi yang kami terima juga, KIA Grand Sedona akan mendapat penampilan baru dalam rangka peremajaan, alias facelift.

Bisa diperkirakan pula bahwa facelift yang dimaksud adalah facelift yang mirip dengan KIA Carnival spek Amerika. Spek yang bisa ditangkap adalah posisi LED DRL yang berubah, gril dan bumper depan baru, lampu belakang dan bumper belakang baru, interior abu-abu, blind untuk sunroof dan jok kulit. Harga? Belum terang sepenuhnya, namun bisa jadi ia berdiri di angka 600 jutaan Rupiah. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: