Record Hunter : Honda Civic Type R Rajai Silverstone, Spa dan Estoril

by  in Honda&International
Record Hunter : Honda Civic Type R Rajai Silverstone, Spa dan Estoril
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah susah payah merebut tahta mobil penggerak roda depan tercepat di Nurburgring dengan catatan waktu 7 menit 43 detik, Honda Civic Type R rupanya memang berniat untuk menaklukkan sejumlah sirkuit terkenal demi mencatatkan diri sebagai mobil penggerak roda depan tercepat. Kalau mobil RWD atau AWD kencang mungkin sudah jamak, tapi kalau FWD? Akui saja, banyak lho yang masih mencibir mobil performa tinggi yang pakai FWD.

Percobaan terakhir Honda adalah menggeber penuh Civic Type R di sirkuit Estoril, dipiloti oleh pembalap WCTR Honda bernama Tiago Monteiro. Dengan memacu maksimal hot hatchback bermesin 2.000 cc 4 silinder VTEC Turbo 316 hp ini, Tiago bisa memperoleh catatan waktu 2 menit 1,84 detik, di mana ini sudah lebih cepat daripada Civic Type R FK2 generasi lawas yang mencatatkan 2 menit 4,08 detik. Praktis, Honda Civic Type R jadi mobil FWD tercepat di Estoril.

Mengenai rekor waktu yang dicatatnya, Tiago Monteiro berkomentar, “Kami datang kesini dengan tujuan memecahkan rekor yang dipegang mobil sebelumnya, tapi saya tahu ini bukan hal yang mudah. Anda harus sangat percaya diri dengan mobil Anda untuk dapat beraksi di Sirkuit Estoril dan Civic Type R adalah mobil yang sangat bertenaga, halus dan membangkitkan rasa percaya diri sehingga kami bisa memecahkan rekor sebelumnya.

Selain itu, ia juga memberikan pendapatnya mengenai Honda Civic Type R, “Civic Type R sangat stabil dan memiliki sistem pengereman yang efisien, serta didukung kinerja mesin yang sangat baik sehingga Anda dapat benar-benar merasakan sensasi mengendarai mobil balap. Ketika memasuki sirkuit, Anda akan lupa bahwa ini adalah mobil yang juga didesain untuk digunakan di jalanan sehari-hari. Mobil ini adalah perwujudan evolusi yang besar dari sisi desain, aerodinamika, suspensi, mesin dan memberikan rasa berkendara yang menyenangkan.”

Sebelumnya, Honda Civic Type R telah mencatat rekor di Sirkuit Silverstone, Spa-Francorchamps dan Magny-Cours GP. Di setiap sirkuit tersebut, Honda Civic Type R mampu melampaui target waktu yang ditentukan di setiap sirkuit. Catatan waktu Civic Type R FK8 di Silverstone adalah 2 menit 31,32 detik, di Spa-Francorchamps adalah 2 menit 53,72 detik dan di Magny-Cours bisa 2 menit 1,51 detik. Kencang juga si hot hatchback Jepang ini.

Akan tetapi, ini bukan berarti Honda Civic Type R bisa ongkang-ongkang kaki dan petantang-petenteng bersantai. Renault sedang berusaha memecahkan rekor Civic Type R di Nurburging dengan Renault Megane RS Trophy. Meski tenaganya lebih kecil, sasis Megane RS tidak bisa diremehkan, khususnya dengan hadirnya sistem 4 wheel steering dan adanya opsi girboks kopling ganda, sesuatu yang Civic Type R tidak punya. Akankah mahkota di Nurburgring berpindah tangan?

Read Prev:
Read Next: