Kado Tahun Baru Dari KIA : All New KIA Picanto 2017 Makin Canggih!

Kado Tahun Baru Dari KIA : All New KIA Picanto 2017 Makin Canggih!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah Nissan March 2017 muncul, kami tak habis pikir jika nantinya akan ada mobil kecil yang bisa menjual tampang yang rupawan. Suzuki Swift? Ganteng sih, tapi pantat ala Datsunnya itu agak-agak sedikit kurang sreg. Rupanya bukti bahwa mobil kecil berhak tampil keren pol dibuktikan lagi, kini dari kubu mobil Korea. Sambutlah All New KIA Picanto 2017 generasi baru berkode JA dengan tampilan yang lebih dewasa, mirip KIA Rio.

Kami suka banyak detail Picanto baru ini, khususnya di bagian muka. LED DRL-nya berbentuk huruf U dan membingkai projector headlamp-nya (entah lampu utamanya sudah LED atau masih halogen). Bumper depan barunya juga sangat sporty, dan aksen warna cerah di beberapa sektor macam ventilasi udara bumper depan dan side skirt patut diacungi jempol, pas manisnya dan tidak norak. Well done!

Warna-warna pemanis itu hanya ada di varian GT Line, dan pilihan warna aksen pemanisnya adalah merah, silver, kuning atau hitam. Sementara profil samping masih persis dengan KIA Picanto lama, kami sangat tertarik dengan ruang fendernya yang padat berisi. Terima kasih kepada pelek 16 inci yang dibungkus ban tipis di varian GT Line. Untuk varian lain, pasti tidak sekeren ini, karena peleknya lebih kecil dengan ukuran 15 atau 14 inci.

Tampilan belakangnya dibedakan dari KIA Picanto lama dengan lampu belakang yang lebih menyiku dan knalpot dengan twin tailpipe. Seperti Ford EcoSport dan Toyota Corolla Altis lawas, lampu mundurnya hanya ada di satu sisi, sementara di sisi lain dari bumper belakang, bertengger sebuah foglamp merah. Spoiler, kamera parkir dan aksen ala-ala diffuser bisa disimak di bagian belakang KIA Picanto 2017 ini. Duh, cakep banget sih mobil ini.

Interior KIA Picanto 2017 kini lebih terorganisir dan rapi, sekaligus juga makin merefleksikan selera yang lebih dewasa. Seperi mobil-mobil Jerman dan Mazda, layar head unit-nya sekarang berdiri tegak. Head unit ini komplit dengan Apple CarPlay, navigasi dari KIA T Map, MirrorLink dan lain-lain. Setir 2-spoke standar Picanto yang aneh sudah dibuang dan diganti setir baru 3-spoke yang dicomot dari sedan besar KIA, yakni KIA Optima.

Aksen warna cerah yang ada di bodi mobil rupanya juga diteruskan ke beberapa sektor di dalam mobil. Fitur-fitur standar KIA Picanto 2017 sudah termasuk Vehicle Stability Management (VSM), Autonomous Braking / rem otomatis, 7 airbags, forward collision warning system (FCWS) dan pemantau tekanan ban. Untuk pertama kalinya, sistem torque vectoring dengan bantuan rem hadir di city car, dan KIA Picanto ini adalah pionirnya. Harusnya bisa menunjang handling mobil ini.

Ada fitur Straight Line Stability (SLS) supaya mobil tetap stabil dan lurus kala melakukan pengereman keras. Mungkin berguna, karena biasanya kalau mengerem mendadak dan keras, mobil suka lari kanan-kiri. KIA Picanto 2017 menjanjikan ruang bahu, kepala, dan kaki yang sedikit lebih lega daripada Picanto sekarang, tapi bagasinya bertambah luas dengan ekstra 55 liter dari versi sekarang, menjadi 255 liter.

Di Korea, satu-satunya pilihan mesin yang menjadi jantung KIA Picanto 2017 adalah mesin 1.000 cc 3 silinder Kappa Eco-Prime dengan tenaga 76 PS dan torsi 95 Nm. Melihat tenaga dan torsinya kecil begitu, dipastikan mesin ini tidak berturbo. Namun, konsumsi BBM terlihat menjanjikan dengan menawarkan 15,4 km/liter di rute kombinasi.

Itu kalau di Korea. Kalau untuk pasar luar Korea Selatan, pilihan mesin kemungkinan besar adalah mesin 1.250 cc 4 silinder naturally aspirated yang sama seperti KIA Picanto sekarang. Yah, padahal Picanto facelift kemarin dapat mesin turbo di Korsel. Pilihan transmisi belum diketahui, tapi kemungkinan besar 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis. Di Korea Selatan, KIA baru akan menjual KIA Picanto 2017 pada 17 Januari. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: