Kia Soul 2020 : Lebih Cakep, Lebih Lengkap & Punya Versi EV

by  in Berita&International&Kia
Kia Soul 2020 : Lebih Cakep, Lebih Lengkap & Punya Versi EV
0  komentar

AutonetMagz.com – Generasi terbaru Kia Soul 2020 ini baru saja dipamerkan di Los Angeles Auto Show 2018. Dan meskipun memiliki bentuk keseluruhan yang sekilas mirip-mirip dengan yang sebelumnya, sebenarnya Kia Soul terbaru ini sudah mengalami sejumlah perubahan yang signifikan. Apa saja itu? Simak infonya di bawah ya!

Kia Soul 2020 ini memang memiliki bentuk yang cenderung kotak. Tetapi kalau diperhatikan, Kia memberikan sejumlah elemen yang terlihat futuristik, terutama di bagian depan. Misalnya saja, ada sepasang lampu yang ramping, yang terletak di atas aksen hitam dan gril depan berwarna hitam juga yang lebih besar. Fitur yang baru di bagian depan sini adalah LED DRL yang sudah terpasang di mobil ini. Melihat bagian belakang Soul yang juga sudah lebih bagus, dan kelihatan sangat berbeda dari model yang lawas, termasuk lampu belakang yang eye catching. Karena lampu belakang ini pula, maka pilar C juga ikut diperpanjang.

Membahas soal pilar C nya, KIA pun mengatakan kalau mereka telah mendesain pilar C ini mirip dengan sayap pesawat. Seperti BMW X2 yang memiliki logo BMW di bagian pilar C nya, demikian pula Kia Soul ini juga memiliki logo Soul di pilar C nya. Soal pilihan mesin, Kia Soul 2020 menyediakan beberapa opsi. Model standarnya, akan dilengkapi dengan mesin 4 silinder yang segaris dengan 2.0 liter, dan bisa menghasilkan 147 HP dan 178 Nm torsi. Untuk transmisinya, ada manual 6 percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT). Kalau kalian suka dengan mobil yang punya kinerja lebih tinggi, ada pilihan mesin 1.6 liter turbocharged 4 silinder, dengan kopling ganda 7 kecepatan yang bisa menghasilkan 201 HP dan 264 Nm torsi.

Hal yang paling penting dari Kia Soul 2020 ini adalah, model EV. Mobil ini akan memiliki baterai 64 kWh yang mengandung sistem pengisian gabungan, DC fast-charged untuk standarnya, dan dipasangkan dengan motor listrik yang bisa menghasilkan 201 HP dan torsi yang mengesankan, yaitu 394 Nm. Sepengetahuan kami, Kia Soul EV 2020 akan memiliki 4 mode berkendara, yaitu Eco, Comfort, Sport, dan Eco+. Dengan masing-masing mode yang dipilih, maka akan secara otomatis pula mesin akan menyesuaikan output daya, pengereman regenerative, pengaturan suhu, dan pengaturan pemanas, sekaligus mengatur batas kecepatan untuk membantu mengelola efisiensi powertrain.

Soal pengereman regenerative, nantinya akan dioperasikan melalui paddle shift, yang memungkinkan pengemudi untuk memperlambat mobil dan mengolah kembali energi kinetik sehingga jarak tempuh bisa semakin jauh. Selain itu, ada pula Brake and Hold System yang akan menyesuaikan tingkat pengereman regenerative jika ada kendaraan yang di depannya. Di bagian dalam, para desainer Kia terinspirasi dari dunia musik, sehingga menciptakan serangkaian bentuk dan tekstur yang mencerminkan elemen-elemen akustik. Yang terpenting, ada juga wireless charging, kontrol AC otomatis , dan speaker dengan tweeter khusus.

Kia Soul 2020 juga hadir dengan layar sentuh HD berwarna sebesar 10,25 inci, dengan fungsi yang bisa menampilkan keadaan belakang mobil dengan panduan parkir. Android Auto, Apple CarPlay, dan Bluetooth semuanya ada. Selain pilihan mesin, pembeli juga bisa memilih opsi head-up display 8 inci dan sistem audio Harman Kardon 640 watt beserta amplifiernya, 10 speaker, dan subwoofer khusus. KIA Soul juga dilengkapi dengan KIA’s Drive Wise System. Ini sudah termasuk Forward Collision Avoidance, Lane Keeping Assist, Lane Changing Assist, Driver Attention Warning, Blind-spot Collision Warning, Rear Cross Collision Warning, Smart Cruise Control, dan High Beam Assist.

Model Kia Soul yang bermesin standar akan ditawarkan dalam varian GT-Line, X-Line, dan EX Design Collection. Jadi, bagaimana menurut kalian mobil ini? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: