KIA Seltos : SUV Yang Cocok Dengan Kaum Millenial

by  in Berita&International&Kia
KIA Seltos : SUV Yang Cocok Dengan Kaum Millenial
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa bulan terakhir ini pabrikan asal Korea Selatan cukup rajin memberikan kita kejutan dengan produk – produk terbarunya. Baik Hyundai maupun KIA memperkenalkan produk – produk terbaru mereka, khususnya di dalam segmen SUV. Nah, jika Hyundai memiliki Hyundai Venue yang baru dirilis beberapa waktu silam, maka kini KIA memiliki KIA Seltos. Mari kita bahas lebih lanjut.

Nah, beberapa waktu silam kami sudah sempat membahas gosip kehadiran dari KIA Seltos, dimana nama Seltos sendiri diambil dari kata Celtus. Ada 3 hal yang ingin digaris bawahi KIA pada produk mereka ini, yaitu Keberania, Ketangguhan, dan Kecepatan, dan nampaknya KIA berhasil menerjemahkan hal ini dengan baik pada KIA Seltos. Oke, kita mulai bahas dari sisi eksterior. Wajah depan dari KIA Seltos ini terlihat cakep jika kita melihatnya sebagai sebuah satu kesatuan. Namun jika kalian perhatiakn detail-nya, mungkin beberapa dari kalian akan mengerutkan dahi.

Pertama, lampu utama dari KIA Seltos dibuat bertingkat, namun tidak terpisah melainkan dalam 1 housing yang sama. Sisi atas adalah lampu LED Reflektor yang merupakan lampu utama, dan di bawahnya terdapat LED Bar yang merupakan lampu sein. Bentuk dari housing-nya agak ‘nyeleneh‘, namun somehow malah sangat manis saat menyatu dengan grille ala tiger nose milik KIA. Ada 3 titik lampu LED di sisi bawah yang dibingkai ornamen silver, dan nampaknya bagian ini berfungsi sebagai DRL.Bumper depannya memiliki banyak tarikan garis tegas, dan perpaduan warna hitam dengan silver membuat aura sporty mobil ini cukup kental.

Skid plate-nya dibuat menyambung hingga ke atas, bukan hanya di sisi terbawah bumper depan. Overall, wajah depan dari KIA Seltos ini sangat funky, modern dan eye catching, Millenial banget kan? Nah, pindah ke sisi samping, pihak KIA nampaknya ingin menetralisir desain depan yang atraktif dengan desain samping yang minimalis. Tak ada tarikan garis yang neko – neko di bagian ini. Pilar A dilabur hitam untuk menghadirkan kesan ala floating roof, dan ada ornamen silver di bagian bawah bingkai jendela. Handle pintu sudah krom, dan velg yang digunakan memiliki bentuk yang sporty dan dilabur warna silver dengan ornamen berkelir merah. Oiya, ada 3 opsi ukuran velg di KIA Seltos, yaitu 16, 17, dan 18 inci.

Pindah ke sisi belakang, KIA kembali menghadirkan bentuk atraktif di bagian ini. Lampu belakangnya dibuat dengan detail yang cantik, dengan tarikan garis – garis yang membentuk LED Bar. Dan kedua lampu belakangnya dihubungkan ke tengah menggunakan sebuah ornamen krom berlogo KIA yang kami rasa sangat cantik. Di bawah lampu belakangnya terdapat reflektor yang diposisikan di dalam tarikan garis body yang cukp tajam, dan bumper belakangnya dihiasi dengan warna hitam dan silver serta aksen diffuser berwarna silver yang keren. Sayangnya, jika kalian berpikir bahwa aksen silver di ujung bumper belakangnya itu adalah knalpot, maka kalian tertipu.

Sayangnya, belum ada foto interior resmi dari KIA Seltos yang bisa kami lampirkan. Beberapa media di India (tempat peluncuran KIA Seltos) sendiri hanya bisa melihat sisi interior mobil ini dari luar saja. Namun, yang jelas KIA Seltos akan memiliki speaker lansiran BOSE sebanyak 8 buah, dan head up display, serta sound mood lighting system. Nah fitur terakhir ini cukup keren, dimana lampu di panel pintu akan berpendar mengikuti irama lagu, Millenial banget kan? Untuk urusan mesin, KIA Seltos mengandalkan mesin 1.600cc T-GDI Turbo bertenaga 177 PS dan 2.000cc n/a bertenaga 149 PS. Varian diesel juga disediakan untuk KIA Seltos dengan kubikasi 1.600cc dan bertenaga 136 PS.

Transmisi mobil ini juga cukup beragam, yaitu 7 percepatan DCT dan 6 percepatan manual, serta opsi transmisi CVT. Dari sisi keamanan, KIA Seltos mengandalkan 6 buah airbags, ESC, traction control, HSA, dan juga sensor parkir depan dan belakang untuk memikat calon konsumennya. KIA Seltos sendiri akan diproduksi di Korea Selatan dan di pabrik perakitan KIA di Anatapur, India mulai paruh kedua tahun 2019 ini. Jadi bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber : PaulTan

Read Prev:
Read Next: