First Drive Nissan Magnite : Mesin & Transmisi Potensial!

First Drive Nissan Magnite : Mesin & Transmisi Potensial!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada minggu lalu, 12 Januari 2021, Nissan Indonesia mengundang beberapa jurnalis, termasuk Autonetmagz untuk melakukan First Drive mobil andalan terbaru mereka, yaitu Nissan Magnite di markas besar Nissan Indonesia di MT Haryono, bagaimana impresinya? Pantenign artikel ini sampai habis.

Sekilas Pandang

Tentu saja di event ini semua yg berpartisipasi diwajibkan untuk melakukan test swab antigen dahulu, dan AutonetMagz semuanya negative Corona jadi siap untuku nyetir. Sebelum masuk ke impresi berkendaranya, kami sempat melihat secara detail andalan terbaru Nissan di segment small SUV ini, dan kami akui desain Nissan Magnite terlihat modern untuk kelasnya. Nissan Maginte hadir dengan beberapa detail yang amat baik disematkan di eksterior dan interiornya.

Hanya saja, sayangnya desain grille depan Nissan Maginte masih terlihat seperti Datsun dan tidak mengadopsi V-Motion grille yg menjadi ciri khas mobil-mobil Nissan. Setelah kunci di tangan, sampailah kesempatan kami untuk mencoba si Nissan Magnite, dan memang ketika mesin dinyalakan, getaran mesin 3 silinder turbonya lumayan terasa sampai ke dalam kabin, tapi that’s it, setelah idle, mesin berputar cukup halus, dan tiba saatnya kita gas jalan.

Let’s Drive

Unit yang kami coba adalah tipe Premium dan menggunakan CVT, impresi pertamanya cukup mengejutkan, karena mobil berjalan dengan halus ketika tuas transmisi kami pindahkan ke ‘D’ dan getaran tidak terlalu terasa ketika kami gas perlahan, kembali lagi, kontribusi CVT nya membuat mobil ini lumayan terasa di atas kelasnya. Keluar dari parkiran gedung Indomobil yang sempit juga langsung terasa dengan dimensi di bawah 4 meter. Nissan Magnite ini memang lincah dan kompak, karena manuver melalui lahan parkir baik masuk maupun keluar amat mudah dilakukan yang membuat mobil ini cocok untuk orang yang baru belajar mengemudi.

Di kesempatan jalan menuju Tebet, kami mencoba si Nissan Magnite melewati jalan agak jelek di dekat konstruksi kereta layang, dan terasa bantingan agak kaku yang berefek positif untuk handlingnya namun memang tidak terlalu menunjang kenyamanan. Ditambah, peredaman yang menurut kami hanya satu level lebih baik dari mobil-mobil Datsun kurang menyakinkan kami bahwa ini adalah mobil Nissan sepenuhnya. Tetapi segala kekurangan tersebut ternyata tertutup dari segi performa.

Ketika ada kesempatan jalan agak kosong, kami mencoba akselerasi dan respon CVT si Nissan Magnite, secara mengejutkan amatlah baik untuk mobil di kelasnya. Jejak CVT Nissan yang biasanya terlalu halus atau agak ‘telat’ dalam merespon injakan pedal gas dapat tertutupi oleh turbonya yang biarpun masih ada sedikit jeda namun membuat mobil terasa lebih agresif namun masih tetap halus. Sayangnya kondisi lalu lintas sore hari di daerah MT Haryono tidaklah memungkinkan kami untuk mengeksplorasi lebih jauh si mesin turbo baru ini yang berkode HRA0 ini.

Mungkin kami memang harus meminjam mobil ini lebih lama untuk lebih maksimal mengenali karakternya, terutama performanya ketika melaju di jalan tol dan juga efisiensinya

Kesimpulan

Kesimpulan singkatnya, Nissan Magnite ini adalah sebuah mobil Nissan yang lumayan terjangkau karena tetap menggunakan basis Datsun untuk menekan biaya, dan masih memiliki beberapa kekurangan yang belum membuatnya pantas untuk disebut 100% berdarah Nissan, namun dengan mesin baru ini, dan kami merasa Nissan Magnite sebenarnya punya potensi yang lebih jauh lagi, karena mesin baru ini ternyata punya respon yang baik, ditunjang dengan CVT yang lumayan responsif dan handling yang cukup menyenangkan untuk sebuah mobil kompak.

Andai saja waktu pengujian lebih lama, sehingga kami bisa mengeksplor lebih jauh karakter dari mesin terbaru ini dan juga efisiensinya ketika digunakan harian, tapi secara sekilas kami rasa mobil ini lumayan bisa mengangkat kembali eksistensi Nissan di tanah air dengan modal mesin dan desainnya yang atraktif. Jadi, bagaimana tanggapan kalian, kawan?

Agar lebih jelas, kami buatkan video review first drive Nissan Magnite yang bisa Anda tonton dibawah ini.

Read Prev:
Read Next: