KIA Rio Hatchback Jadi Mobil Terlaris dari Penjualan Global KIA

by  in Berita&International&Kia
KIA Rio Hatchback Jadi Mobil Terlaris dari Penjualan Global KIA
0  komentar
penjualan-KIA-2014

AutonetMagz.com – Baru saja KIA mengumumkan hasil penjualan globalnya untuk bulan Februari tahun 2015. Angka penjualan global KIA Motors Corporation Februari 2015 (penjualan ekspor, domestic serta penjualan overseas) untuk passenger cars, recreational vehicles dan kendaraan komersial adalah sebesar 208.700 unit. Angka ini menunjukkan pertumbuhan 0.0% year-on-year dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2014.

Untuk bulan Februari juga, KIA mencatat penjualan year-on-year meningkat di Amerika Utara (pertumbuhan 5.8% dengan penjualan 48.230 unit), China (pertumbuhan 3.3% dengan 47.211 unit yang terjual), serta pasar domestik Korea (pertumbuhan 1.2% dengan penjualan 35.405 unit).

Kekurangan-Kia-Sorento-Indonesia-2015

Secara kumulatif melalui dua bulan pertama 2015, penjualan global KIA mencapai 420.891 unit dengan penurunan year-on-year sebesar 1%. Amerika Utara (penjualan 90.233 unit) dan Korea (72.072 unit terjual) mengalami kenaikan penjualan masing-masing sebesar 4.3% dan 4.5%.

Secara singkat, kami akan menyebutkan kalau penjualan global KIA sedikit menurun dibanding tahun 2014. Jika tadi kami sudah menyebutkan kalau penjualan globalnya menurun sebesar 1 % dan penjualan bulan Februari 2015 tak berubah signifikan dibanding tahun lalu, 208.700 unit tahun ini dibanding 208.603 unit tahun lalu. Mungkin dari sini, kita bisa sedikit membaca bagaimana kondisi pasar otomotif global.

Sunroof-KIA-Rio-facelift

Oke, cukup bicara soal persentase penjualan, lalu mobil apa yang menjadi tulang punggung penjualan KIA di dunia selama bulan Februari? Jawabannya yaitu KIA Rio hatchback dengan 32.719 unit yang terjual. Selanjutnya, KIA Cerato adalah model terbaik kedua dengan 28.711 unit yang terjual, sedangkan penjualan Sportage, Optima dan Sorento masing-masing adalah 27.128 unit, 17.721 unit dan 14.280 unit.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa KIA Rio adalah aset penting yang dimiliki KIA global, termasuk konsumen Indonesia yang menerima Rio dengan baik, bahkan bisa masuk ke nominasi 7 hatchback terlaris menurut data Gaikindo. Oleh karena itu, KIA Indonesia mengatakan akan memasukkan Rio facelift tahun ini, meski tak tahu kapan persisnya. Paling tidak, harapan kami mobil ini muncul ketika IIMS atau IIAS.

Wallpaper KIA Sedona 2015

Belum lagi soal kabar kalau KIA mau memasukkan model baru ke Indonesia, dan kemungkinan besar adalah KIA Sedona atau yang kita kenal sebagai KIA Carnival. Makin tak sabar menunggu model facelift dan baru dari KIA? Kami juga!

Read Prev:
Read Next:
  • Sonic

    Emang yakin Sedona bakal masuk? Yang gw tau malah Sorento yg all new’nya yang bakal merapat.

    Andai aja Rio itu dibikin 1 varian lagi yang spek lebih komplit (dan lebih mahal tentunya) seperti audio touchscreen, audio steer control, paddle shift, engine start stop + smart key, pasti makin bisa bersaing ama jazz, yaris, mazda 2.

  • bayu

    mobil2 korea skrg2 emg dah cihuy, smnjak d pegang peter.. termsk soal engine.. tapi lom bs merebut banyak hati d sini

    • dimaz_13

      ya maklumlah, orang sini masih pada makan merek… baru mau beli mobil baru udah mikir harga jual kembali…. hahahaaaa
      kalo mau harga jual kembali tinggi ya beli properti atau emas, jangan beli mobil…

      • Biarin aja.. biar ga pasaran :))

        • Dicky

          kalo speknya sama kaya yg diproduksi global trus harganya bersaing sama duo jepang gw yakin pasti laku neh rio…

          yg bikin males pas masuk kabin liat dasbor jd ilfill…

          pdhal tampilan luar uda oke bgt

      • Unknown

        Cuyy, beli mobil bukan cuma mikirin di awal nya aja, pikirin juga ke depannya. Mobil korea di Indonesia, after sales service nya dan juga ketersediaan part masih jauh dibawah mobil korea terlebih di daerah kota kecil. Boleh lah, harga pas beli sangat worth, tapi ketika rusak, gimana? Benerin mahal/ bahkan nyari spareparts aja susah.Terlebih untuk reliability, sorry to say, mobil korea blm bnyk ketauan di indonesia dibanding mobil jepang(terlebih duo kaleng yang bener” jarang jajan nya)

        • Unknown

          *Dibawah mobil jepang maksudnya,haha

          • Bs ngomong gtu pernah pake mobil Korea ga? Soal mahal sparepart atau aftersales sesusah yg dikira? Ngga juga. Kl dibilang lebih mahal,sebelas dua-belas lah. Dan aftersales,jangan suudzon dlu lah. Ud jauh lebih berkembang dr yg sekarang. Kl mau ngomongin kualitas,yakin merk yg dipikir reliable dan smacemnya bakal sm kayak dlu? Ga juga sih. Dr bodi sampe daleman bagusan Korea sekarang
            Makanya mikir jangan cm jual kembali sm sparepart doang. Percuma kl dibilang gampang nyari sparepart kl mobilnya aja mengecewakan luar-dalam (for suck duo jepang)

        • Dicky

          uda pernah pake boil korea bro? kl blm ga usah ber andai2 lah..boil korea dri avega jaman dlu, trajet mash banyak tuh berkeliaran, sparepart juga ga susah di senen banyak yg jual dan harganya juga ga beda jauh sama merk jepang…

          • Wah,yg ini malah saya baru tau. Nah kan apa saya bilang. Orang sini produk jepang yg kacang ud dibilang reliable padahal blom tentu juga. Mobil korea yg reliable juga banyak kok kl bandingin sm jumlah penjualannya di indon. Masih banyak bahkan jaman KIA Visto sm Carnival masih suka keliaran di jalan

  • Andaikan ada varian platinum di model KIA yang saya suka, Rio sama Carens.
    Fitur yang perlu ada : push start button, smart key, audio touch screen DVD USB AUX, kamera mundur, 6 airbag, dll.
    Masukin juga all new Sorento dengan TRACTION CONTROL!!
    Sambil berharap all new Carnival/Sedona hadir dengan fitur lengkap menyaingi Alphard, Elgrand, Odyssey, dll.

  • King

    saya bukan pemakai KIA, tapi jujur aja tertarik ama mobil2nya KIA. cuman kalo liat keluhan2 pemakai picanto dibawah, kok rasanya jadi ragu mau beli KIA.

    bukan masalah resale value…tapi soal kesediaan dan harga sparepart. karena menurut saya dua faktor ini penting buat kelangsungan pakai mobil, agar bisa dipakai untuk jangka waktu lama

    mungkin yang bilang sparepart KIA mudah dicari bisa berbagi cerita? saya ambil link buat contoh kasus dari thread KIA picanto di k*sk*s. masa nyari spare part di beres pada kosong?

    saya jadi bertanya2, kalo sparepart di beres jakarta aja susah (dan mahal?), gimana dengan yang tinggal di luar jakarta (ato bahkan mungkin di pelosok)? apa ga bakal tambah susah nyarinya?

  • gaps

    Coba liat komen atas. Saya pake KIA Picanto dan Sportage. Selama saya pake gampang2 aja kok buat sparepart dan ketersediaannya. Dan kl mau ngomongin harga sebenernya 11:12 sm Jepang. Saya bandingin Picanto sm rival sekelasnya. Mirip2lah.
    Kl untuk pemakaian di jawa dan sekitarnya sudah semakin mudah karna makin berkembangnya jaringan dealernya. Kl mau nyari di toko sparepart saya lumayan mudah kok untuk nyarinya. Cm memang versi KW-nya ga sbanyak produk jepang. Tp justru bagus,karna kita bs yakin dr segi kualitas kl beli yg ori..
    Memang kl dr harga sparepart sedikit lebih mahal. Tp saya ga masalah selama enak dalam pemakaian dan tahan lama. Saya buat mobilitas tiap hari sering lewat jalan rusak,ga jarang ngehajar lobang di kecepatan tinggi. Bahkan Picanto saya pun ud ganti ban lebih besar dan tipis. Dan ini ud mau memasuki taun ketiga saya pake,blom ada ganti2 part..
    Artinya nih mobil cukup reliable. Dan saya percaya yg namanya produk global itu ga bs boong dr segi kualitas. Saya pake perbandingan Karimun Estilo yg dlu saya punya. Di periode waktu yg sm ud mulai ganti2 part. Emg mungkin lebih murah dan gampang nyari sparepartnya. Tp kl diitung2 sm aja,bahkan sedikit lebih mahal. Saya pake Estilo total2 5 taun lebih akhirnya saya jual,karna ga worthed antara biaya perbaikan sm performancenya.
    Kl emg ga masalah sm resale value,Picanto recommended kok buat mobil harian. Blom lg dia garansi ud 5 taun untuk mesin dan partnya. Saya awalnya juga agak ragu dengan KIA. Cm emg harus coba dlu baru bs bilang. Sejauh ini puas bgt dalam hal performancenya. Bgtu juga dengan Sportage. Blom ada keluhan,cm karna saya blom ada pembanding dengan merk lain sekelasnya jd saya ga berani bilang. Cm saya berani bilang,ini produk bagus dan worthed.