Kemenhub RI Gelar PKBLBB, Hasilkan Kolaborasi Future SME’s Village

by  in  Berita & Nasional
Kemenhub RI Gelar PKBLBB, Hasilkan Kolaborasi Future SME’s Village
0  komentar

AutonetMagz.com – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) bersama Kementerian Koperasi dan UKM resmi membuka Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) Future SME’s Village 2022 pada Jum’at (11/11) lalu. Pameran yang berlangsung dari 11-16 November ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah Indonesia dalam mengenalkan kendaraan listrik serta mensukseskan KTT G20.

Evolusi UMKM Agar Bisa Beradaptasi

Pelaksanaan opening ceremony Future SME’s Village 2022 Local Wisdom For Global Sustainability yang dilaksanakan di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua, Bali ini turut dihadiri oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati selaku Wakil Gubernur Bali, dan Hendro Sugiatno selaku Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI.

“The Future SME Village didedikasikan untuk delegasi dan masyarakat umum untuk menikmati UMKM masa depan. Future SMEs yang dibagi dengan 5 kategori, yaitu Future Mobility, Future Craft, Future Fashion, Future Food, dan Future Wellness. Kami menamakan Future SMEs karena kita harus melakukan evolusi terhadap UMKM kita,” terang Teten Masduki.

Momentum Presidensi G20 dipilih agar koperasi serta UKM dapat beradaptasi dengan usaha berkelanjutan di tengah pandemi, transformasi digital, serta model bisnis yang lebih ramah lingkungan. Ia berharap, Future SME’s Village menjadi katalis pendorong bagi keberlanjutan pertumbuhan serta meningkatkan investasi UMKM Indonesia mengingat saat ini 80% investor global berasal dari negara G20.

Kemenhub RI Hadirkan Pelaku Usaha EV Indonesia

PKBLBB yang dibuka dari jam 10.00 – 21.00 WITA ini diikuti oleh 28 Exhibitor yang terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai. Tak hanya showcase, setiap harinya PKBLBB juga mengadakan Talkshow, Test Ride serta Test Drive, dan Entertainment.

Banyak brand kendaraan ternama yang turut berpartisipasi dalam PKBLBB Future SME’s Village ini seperti Alva, Hyundai, Toyota, dan Wuling yang menjadi Official Partners G20. Disamping itu, hadir juga Astra Honda Motor, Bluebird, DFSK, Elders, Energica, Fuso, Grab, Honda, Isuzu, Lexus, Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, NIU, PERIKLINDO, PLN, SAG, Selis, Sinarmas, United Bike, Uwinfly, Viar, Volta, serta Zero Motorcycle yang hadir sebagai participant dalam pameran ini.

Sebelum membuka PKBLBB Future SME’s Village, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan RI telah menginisiasi dan melepas kegiatan touring 48 unit kendaraan listrik peserta pameran dari Monas, Jakarta menuju Bali dengan total jarak tempuh sekitar 1.250 km dari 7-11 November 2022. Touring ini sekaligus menjadi ajang perkenalan kendaraan listrik untuk masyarakat luas di beberapa daerah di Jawa.

Read Prev:
Read Next: