Ke India, Demi Mahindra #2 : Scorpio & Pasar Indonesia

by  in Berita&Mahindra&Merek Mobil
Ke India, Demi Mahindra #2 : Scorpio & Pasar Indonesia
0  komentar

Mumbai, AutonetMagz.com – Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas gambaran singkat mengenai perjalanan kami menuju ke India bersama Mahindra. Nah, pada artikel kedua ini, kami akan membedah lebih jauh mengenai keputusan Mahindra untuk masuk ke pasar Indonesia, dan tentunya terkait mobil pertama mereka di Tanah air, yaitu Mahindra Scorpio. Apa alasan mereka berani terjun di pasar Indonesia, serta mengapa segmen komersial yang disasar terlebih dahulu, plus seperti apa sosok Mahindra Scorpio di Tanah air akan kami kupas dalam beberapa paragraf ke bawah. So, Check it out.

Kok Indonesia?

Secara pribadi, pertanyaan itulah yang pertama kali muncul di benak kami, apalagi kita sama – sama tahu bahwa brand dan desain ala India kurang diminati di Tanah Air. Selain itu, produk yang dibawa pertama kali oleh Mahindra adalah pickup dan D-Cab yang notabene lebih digemari di negeri tetangga, Thailand. Ternyata, ada sebuah alasan khusus yang membuat Mahindra akhirnya memilih Indonesia menjadi destinasi mereka, alih – alih Thailand. Joydeep Moitra, Head of International Operations, Automotive, Mahindra & Mahinda Ltd membeberkan kepada kami alasannya.

Mr Joydeep Moitra (Tengah)

Beliau menyebutkan bahwa studi terkait potensi pasar di Indonesia sudah dilakukan jauh – jauh hari, yaitu sejak 3 tahun silam. Dan studi tersebut didasari akan tujuan Mahindra untuk melakukan perluasan pasar ke kawasan yang memiliki keinginan pasar yang mirip dengan pasar India, yaitu mobil murah, kuat, dan bisa diandalkan. Akhirnya, pihak Mahindra melakukan studi dan riset pasar pada publik Indonesia, dan hasilnya ternyata memuaskan. Riset tersebut dilakukan di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya untuk kawasan Jawa, serta beberapa kota di Sumatra dan Kalimantan.

Nggak Takut Gagal?

Yap, itulah pertanyaan berikutnya yang kami lempar kepada perwakilan International Operation Mahindra, yaitu Mr Joydeep Moitra dan Mr Arvind Mathew, Chief of International Operations Mahindra & Mahinda Ltd. Tentunya kita tidak bisa tutup mata dengan manuver yang sempat dilakukan merk India lain bebeapa tahun silam yang membuat merk tersebut akhirnya harus menanggalkan segmen passenger car mereka. Mr Joydeep pun menyebutkan bahwa itulah tujuan studi selama 3 tahun dilaksanakan, yaitu untuk mengetahui seperti apa kebutuhan pasar Indonesia.

Mr Arvind Mathew (Kanan)

Mr Joydeep menekankan bahwa sudi tersebut lebih spesifik untuk segmen komersial, utamanya fleet. Karena karakteristik konsumen fleet dan retail tentunya sangat berbeda. Mr Joydeep menambahkan bahwa pihaknya tidak ingin terburu – buru memasukkan mobil – mobil di segmen passenger car, walaupun mereka sangat bisa melakukannya. Mereka lebih fokus untuk menggarap segmen komersial sembari memberikan pembuktian bahwa produk mereka bisa diandalkan. Selain itu, pemilihan RMA Indonesia yang sudah berpengalaman untuk menggarap pasar fleet juga menjadi alasan mengapa pihak Mahindra pede menggarap pasar ini.

Mahindra Scorpio S6

Nah, dengan latar belakang yang kami sebutkan diatas, Mahindra mantap untuk masuk ke pasar Indonesia. Dan produk pertama yang diboyong ke tanah air adalah duet Mahindra Scorpio S6, yaitu versi single cab dan double cab. FYI, Mahindra Scorpio adalah produk global pertama dari Mahindra yang dijual di beberapa negara lain. Untuk pasar India, pihak Mahindra hanya menjual versi SUV dari mobil ini, sedangkan versi komersialnya tidak. Mobil ini merupakan tonggak penting bagi Mahindra untuk berubah dari sekedar perusahaan yang hanya merakit mobil untuk merk lain menjadi merk otomotif sesungguhnya.

Mahindra Scorpio sendiri diperkenalkan pertama kali di 2002, dimana setahun setelahnya mobil ini langsung go international ke Eropa. Mahindra Scorpio mendapatkan facelift sebanyak 2 kali, yaitu di 2006 dan 2014. Dan unit yang dibawa ke tanah air adalah versi facelift 2014 yang menggunakan spek internasional. Dapur pacu dari Mahindra Scorpio S6 diisi oleh mesin mHawk 2.200cc Diesel bertenaga 140 hp dan bertorsi 320 Nm. Transmisi yang ditawarkan adalah 6 percepatan manual dengan sistem gerak 4 roda. Oiya, kami juga sempat mencoba versi Otomatisnya lho di India.

Jadi, itulah alasan dan latar belakang mengapa pihak Mahindra mantap masuk ke pasar Indonesia dengan menggandeng RMA Indonesia serta langsung membawa Mahindra Scorpio S6 sebagai produk pertamanya. Masih ada beberapa bahasan menarik lain mengenai masa depan dan juga rencana Mahindra dalam tempo 2 hingga 3 tahun ke depan. Serta beberapa bocoran mengenai passenger car mereka. Informasi tersebut akan kami beda di artikel berikutnya. So, Stay tune.

Read Prev:
Read Next: