Rumah Desain Otomotif Pininfarina Akhirnya Jadi Milik Mahindra dari India

Rumah Desain Otomotif Pininfarina Akhirnya Jadi Milik Mahindra dari India
0  komentar
mahindra-buys-pininfarina

AutonetMagz.com – Jika anda melihat mobil-mobil Ferrari, di bagian samping kanan dan kirinya biasanya ada tulisan kecil “Pininfarina”. Jarang lihat Ferrari? Ya sudah, lihat Hyundai Matrix saja, ada tulisan Pininfarina-nya juga kok. Jarang lihat Hyundai Matrix juga? Ya sudah, lihat bungkus sikat gigi Pepsodent yang mahal itu, ada tulisan Pininfarina-nya di bungkusnya. Pininfarina itu apa sih?

Ya, Pininfarina adalah sebuah rumah desain asal Italia yang terkenal dengan desainnya yang keren-keren (entah Hyundai Matrix masuk kategori keren atau tidak), tapi sekarang nasib Pininfarina sedang terombang-ambing tidak karuan. Selama beberapa tahun terakhir, mereka mengalami kerugian hingga sebesar 52,7 juta Euro (768,7 M Rupiah). Akan tetapi, membusuknya pizza Italia ini mulai terselamatkan oleh nasi biryani dari India.

mahindra-xuv500-front

Ya, merek mobil Mahindra dari India tertarik untuk membeli aset-aset Pininfarina, dan penyerahan kepemilikan sedang berlangsung sejak kemarin-kemarin. Negosiasi antara bank kreditur Pininfarina, pemegang saham utama Pininfarina yakni Pincar dan Mahindra sudah mencapai sebuah kesepakatan bersama, yang meliputi penjualan saham Pincar dan reorganisasi utang perusahaan.

Tidak ada rincian tentang rencana Mahindra setelah akuisisi ini, tapi Pininfarina sekarang memiliki nilai jual sekitar 149 juta Euro (2,17 T Rupiah). Harapannya tentu saja setelah ini nadi utama Pininfarina bisa kembali berdenyut dan bekerja kembali dalam mendesain mobil-mobil keren, utamanya untuk Ferrari.

Ferrari-488-GTB-Turbo

Itu juga untuk memastikan bahwa pendirinya, Sergio Pininfarina yang meninggal tahun 2012 kemarin bisa melihat dari surga sana dengan senyum lebar karena “rumah” yang ia dirikan masih bisa berdiri meski sudah ia tinggalkan. Hebat ya India, sudah Jaguar dan Land Rover dibeli Tata Motors, Wiesmann dibeli investor India, sekarang Pininfarina dibeli Mahindra. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Ronny Rasdyantoro

    what happen in INDIA?????!!!! xD

  • dsainbar

    Mungkin karena di India Korupsi dan Badut badut politiknya lebih sedikit jd negaranya bisa lebih produktif drpd di negara autopilot itu tuh..

  • dressarosda

    indonesia sayang kepemilikan saham mayoritas lambo dijual TS tahun 1997 gara gara krismon dan intervensi IMF, IMHO